215. Ngecharge handphone pakai baju di Belanda? Emang bisa? (FINALIST)

Penulis : Lili Hennia
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Kebanyakan orang pasti akan kesal, bosan, bahkan mati gaya kalau gadget kesayangan nya low-batt atau mulai habis daya baterainya. Banyak yang rela duduk dipojokkan hanya demi ngecharge handphone miliknya, ada juga yang rela beli powerbank dengan daya isi tinggi dengan harapan semakin besar daya nya semakin lama gadgetnya bertahan hidup. Padahal nyatanya powerbank juga butuh mengisi daya nya dan waktu yang dibutuhkan tidak sebentar. Butuh waktu lebih dari satu jam untuk mengisi daya powerbank sampai benar-benar penuh. Cara ini memang kurang efektif tapi sampai sejauh ini mengisi daya dengan powerbank masih digandrungi terutama di Indonesia. Beda halnya dengan Belanda, mereka sudah tidak lagi membutuhkan powerbank karena sudah ada inovasi baru yang unik untuk mengisi daya baterai gadget tiap orang.

image001

Inovasi ini berupa baju. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa! Baju unik ini dinamakan solar shirt yang dibuat oleh seorang fashion designer asal Belanda bernama Pauline Van Dongen yang memang spesialis dibidang pakaian berteknologi. Lulusan ArtEZ Academy dibidang seni di Arnhem, Belanda ini mulai mengembangkan label pakaian wanitanya sendiri pada tahun 2010. Pauline terpesona dengan teknologi baru dan bagaimana teknologi tersebut digabungkan dengan teknik konvensional, sehingga lahir sebuah inovasi dalam cara pengerjaan suatu karya.

Dalam karyanya yang diberi nama Machine-Washable Solar Shirt ini, Pauline berkolaborasi dengan TNO dan Holst Centre, yang merupakan dua organisasi penting di Belanda khusus menangani inovasi dibidang teknologi dan hal-hal yang bersangkutan dengan masyarakat global juga kesehatan. Untuk menciptakan baju ajaib ini, Pauline belajar dan bereksperimen dengan material berteknologi tinggi. Dia mempelajari interaksi yang terjadi pada tubuh manusia dengan ruang yang bertekstur. Pauline mengatakan “Sampai saat ini, semua upaya untuk menggabungkan energi panas matahari dan fashion difokuskan pada desain haute couture (Adibusana). Dengan teknologi Holst’s Centre, kami mampu mengintegrasikan dengan mulus teknologi dan desain- memajukan konsep dan nilai fashion. Kami telah membawa solar fashion dari panggung catwalk ke jalanan dengan pakaian menarik namun praktis dan bisa dipakai sehari-hari.”

Lalu seperti apa sebenarnya Solar Shirt ini? Apakah bajunya dipenuhi kabel-kabel? Atau mungkin bentuknya seperti baju astronot? Tentu saja tidak! Selain karena fungsinya yang menarik perhatian, model baju buatan Pauline ini juga sangat modis. Tidak kalah dengan merk-merk baju terkenal seperti Zara atau H&M. Itulah kenapa Pauline mengatakan jika baju buatannya ini bisa dipakai sehari-hari. Untuk menjawab rasa penasaran, dibawah ini ada beberapa foto dari model yang mengenakan Solar Shirt.

image006

image007

Jika dilihat sekilas, solar shirt ini terlihat seperti baju biasa seperti umumnya. Model baju yang futuristik tapi tetap bisa dipakai untuk sehari-hari sama seperti yang dikatakan Pauline. Tapi jika kita lihat lebih detail, terdapat solar cell atau sel surya yang disematkan diatas kain baju tersebut. Ini yang membuat keajaiban pada solar shirt. Lalu apa yang membuat solar shirt beda dari yang lain? Dan bagaimana pembuatannya?

image008

image009

Pakaian spesial ini ditanami 120 film solar cell yang super tipis. Sel-sel surya inilah yang mampu menghasilkan 1 watt daya listrik dibawah sinar matahari dengan kata lain sel surya ini menyerap energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik seperti yang dijelaskan gambar nomer 7. Jika seseorang berada dalam keadaan darurat atau sibuk, daya ini mampu untuk mengisi ulang daya baterai gadgetnya. Dan yang lebih hebatnya lagi, solar shirt ini bisa dicuci, sama seperti baju biasanya. Ini adalah hasil dari teknologi yang ditemukan oleh salah satu organisasi dibelanda yang turut membantu Pauline dengan baju uniknya, yaitu Holst Centre. Pauline mengatakan “Teknologi kami membuat benda elektronik (sel surya) yang super kecil,mudah merenggang,fleksibel dan bisa dicuci ini bisa disatukan dengan kain menggunakan teknik bervolume tinggi standar yang sudah diketahui di industri tekstil. Kematangan teknologi berarti produsen tekstil mampu membawa kain yang fungsional ke pasar dalam hitungan bulan menggunakan fasilitas produksi yang ada”.
Solar shirt ini menjadi perwakilan dari pakaian yang memiliki fungsi, sebuah trend yang sedang berkembang dalam teknologi yang dapat dipakai berbentuk pakaian. Berhembus kabar jika solar shirt ini akan diproduksi secara massal, ini artinya siapapun bisa memakai solar shirt kapanpun dan dimanapun. Jika hal ini terjadi, apa kalian masih mau menggunakan powerbank?

Referensi

http://inventorspot.com/articles/embedded-electronicsmachine-washable-solar-shirt-charges-mobile-&ei=bJn2mp_7&lc=en-ID&s=1

http://www.ecouterre.com/pauline-van-dongens-solar-shirt-is-a-chic-phone-charger-you-wear/pauline-van-dongen-solar-shirt-1/?extend=1

Gambar
1. http://www.wearablefutures.co/wp-content/uploads/2013/11/Pauline-van-Dongen_by-JW-Kaldenbach1.jpg
2. http://www.damngeeky.com/wp-content/uploads/2015/03/Solar-Shirt-by-Pauline-Van-Dongen.jpg
3. http://cdn.psfk.com/wp-content/uploads/2015/03/solar-shirt.jpg
4. https://www.elektrotechniek365.nl/images/article/large/55099875a227a.jpg
5. http://thewildmagazine.com/wp-content/uploads/2015/04/2.jpg
6. http://thewildmagazine.com/wp-content/uploads/2015/04/solar-shirt-process02.jpg
7. http://www.siteadvisor.com/restricted.html?domain=http:%2F%2Ftechgeneric.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2014%2F12%2Fwpid-how_solar_panels_work.jpg&originalURL=1457739362&pip=false&premium=false&client_uid=286896439&client_ver=3.7.2.194&client_type=IEPlugin&suite=true&aff_id=662-173&locale=en_us&ui=1&os_ver=6.3.0.0