218. STELLA: Si Cantik, Sayang Keluarga, Cinta Lingkungan dari Belanda (FINALIST)

Penulis : Yamuna Jiwaningrat M.
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Anda Tahu si STELLA??
Anda tahu betapa cantiknya Dia??
Selain itu, Tahukah Anda bahwa ia sangat Sayang Keluarga dan lingkungannya?
Sampai-Sampai Rela Panas-Panasan mencari Matahari untuk Kehidupan.

STELLA merupakan salah satu terobosan teknologi yang di kembangkan di Belanda, yaitu mobil keluarga yang bertenaga surya yang sangat cantik dan ramah lingkungan. Mau tahu seperti apa dia Lets Cek this Out!!.

image001
(Sumber: http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2385976/Stella-solar-powered-family-car-travels-420-miles-sunny-energy-positive.htm)

Belanda Merupakan salah satu pelopor dalam penggunaan energi baru dan terbaharukan di Dunia, banyak hal yang sudah dilakukan belanda mulai dari penggunaan biomass, gas, energi angin di laut, energi air laut dan sungai, sampai penggunaan energi Matahari. Hal tersebut dikarenakan, sektor energi di Belanda merupakan salah satu penyumbang pendapatan nasional Negara ini, baik kegiatan eksport maupun ketenagakerjaan. Pemerintah Belanda mengembangkan kebijakan industri modern kaitannya dengan pengembagan Green and Grey Energy yang bertujuan untuk membuka peluang ekonomi yang lebih baik dibidang energi. Hal tersebut di lakukan oleh Belanda untuk menyongsong target kawasan eropa yang berbasis energi baru atau terbarukan di tahun 2020, dan Belanda sudah berada pada garis depan untuk kepentingan itu.

image003
(sumber: http://cleantechnica.com/2012/12/31/top-10-solar-power-stories-of-2012/)

Energi matahari merupakan salahsatu alternatif energi yang dikembangkan Negara Belanda sebagai pemenuhan energi bagi Masyarakatnya.Selain ekonomis energi surya sangat ramah lingkungan, yang merupakan”Cleanest Energy” karena tidak sama sekali mengeluarkan emisi CO2. Belanda memiliki pengetahuan yang sangat baik terkait dengan enrgi matahari ini. Beberapa Industri, akademisi, dan pemerintah di Belanda saat ini berlomba-lomba untuk mendesain dan memimplementasikan pemakaian energi surya dengan skala besar. Salah satunya adah pengembangan mobil bertenaga surya yang bernama STELLA.

image005
(Sumber: http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2385976/Stella-solar-powered-family-car-travels-420-miles-sunny-energy-positive.htm)

STELLA merupakan mobil keluarga bertenaga surya pertama di Dunia. STELLA sangatlah bersih karena menggunakan tenaga surya dan sangatlah nyaman untuk digunakan, dan dipercaya akan menjadi masa depan yang baik bagi dunia otomotif di Dunia. STELLA dikembangkan oleh 21 mahasiswa Belanda yang bergabung dalam Solar Team Eindhoven, yang berasal dari Technical University of Eindhoven. Mahasiswa tersebut menggunakan waktu satu setengah tahun untuk membuat mobil keluarga bertenaga surya ini, dan sekaligus berkontribusi dalam pengembangan tenaga surya di Negara Belanda. Antusiasme dalam mengembangkan masa depan yang “Sustainable” merupakan hal yang ingin ditunjukan mahasiswa ke masyarakat luas.

image007
(Sumber: http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2385976/Stella-solar-powered-family-car-travels-420-miles-sunny-energy-positive.htm)

Tahun 2015 tim Pengembang STELLA mengikuti beberapa ajang kompetisi Dunia terkait penggunaan tenaga surya. Terakhir STELLA mengikuti World Solar Chalanges yaitu lomba balapan jarak jauh yang menempuh jarak sekitar 3000 km dari Darwin menuju Adelaide dan melewati gurun di Australia. Kriteria penilaian juri untuk kompetisi adalah Kecepatan, Kenyamanan, Penggunaa, dan Kemampuan untuk ter-realisasikan yang semuanya di miliki oleh STELLA. Alhasil Solar Team Eindhoven dengan STELLA berhasil mendapatkan juara di kompetisi tersebut dan ditasbihkan menjadi The Worlds First Solar-Powered Family Car.

image009

image011
(Sumber: 1) http://solarteameindhoven.nl/wp-content/uploads/2014/08/ , 2) http://www.dezeen.com/2013/10/13/solar-powered-family-car-wins-race-across-australia/)

Selain juara di World Solar Chalanges, STELLA telah mengikuti beberapa ajang lain seperti: The Big Apple Pay, The Blockhain (Bitcoin), SpaceX lateral Booster dan Rosetta Comet Landing serta tidak ketinggalan The Crunchies atau “Oscar for Technology” yang diadakan setiap tahunnya. STELLA dengan kecantikan dan kebersihannya mampu mendapatkan kemenangan pada ajang-ajang tersebut, salah satu yang sangat dibanggakan yaitu STELLA memenangkan “Oscar for Technology” yang membuat pengembang STELLA terkejut.

Para Pengembang STELLA pun sadar bahwa pembuatan mobil dengan empat kursi ini memakan biaya yang besar akan tetapi para mahasiswa ini selalu berusaha untuk mengembangkan STELLA menjadi lebih baik. Pengembang STELLA berusaha bekerja sama dengan beberapa perusahaan-perusahaan yang tertarik dengan STELLA. STELLA pun pernah dibawa jauh ke Amerika untuk menjajal jalan-jalan untuk menarik para pengusaha di Amerika Serikat.

Semangat dan inovasi yang pantang menyerah ditunjukan para mahasiswa/pelajar di Belanda untuk menghasilkan produk-produk masa depan yang berkualitas tinggi. Hal tersebut perlu diteladani bagi pelajar di Indonesia untuk terus terpacu dalam mengembangkan inovasi seperti teman-teman di Belanda. Perihal pengembangan dan pemanfaatan tenaga surya sendiri Indonesia masih sangat jarang walaupun kita ketahui keuntungan berada di zona tropis yang selalu mendapatkan supali matahari yang lebih dari cukup di bandingkan di Belanda. Maka dari itu, semangat berinovasi harus terus digalangkan bagi pemuda-pemuda indonesia agar dapat menggembangakan teknologi surya yang lebih cantik dari STELLA.
Go Solar Energy!!!, Go Indonesia!!.

Referensi:

http://www.solarteameindhoven.nl/

http://cleantechnica.com/2013/10/17/stella-takes-first-world-solar-challenge-worlds-first-solar-powered-family-car-wins-michelin-cruiser-class/

http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2385976/Stella-solar-powered-family-car-travels-420-miles-sunny-energy-positive.html

http://www.hollandtrade.com/sector-information/energy/?bstnum=4913

http://www.cleantechholland.com/solar-energy/150/

http://solarteameindhoven.nl/wp-content/uploads/2014/08/

http://www.dezeen.com/2013/10/13/solar-powered-family-car-wins-race-across-australia/

sumber: http://cleantechnica.com/2012/12/31/top-10-solar-power-stories-of-2012/