220. Dari Indonesia Terbang Menuju Belanda dengan Kecepatan 460 km/Jam

Penulis : Arifin Musthafa
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Belanda.. Menurut anda apa yang terlintas dalam pikiran anda mengenai Negara yang satu ini. Kincir Angin atau Bunga Tulip? Yah tepat sekali, Negara van Oranje ini sangat terkenal dengan inovasi-inovasi kreatifnya.

Pasti dibenak kita pada bertanya apa sih yang membuat masyarakat Belanda memiliki inovasi yang kreatif. Jika dilihat dari sejarah maka hal ini ada hubungannya, yakni warna Oranje yang menjadi simbol Negara tersebut yang berasal dari nama pusat kerajaan Belanda yaitu House of Orange Nassau. Bila kita melihat dari berbagai sumber mengenai arti warna, orange merupakan warna yang mewakili sifat antusias, stimulasi, dan juga kreativitas. Sehingga tentu mainset dari sebuah warna juga akan mempengaruhi karakteristik seseorang.

Di Negara Eropa termasuk Belanda memiliki wilayah lau yang sangat luas, bahkan daratannya berada di atas permukaan laut. Dan ini yang menjadi cikal bakal karakter masyarakatnya menjadi kreatif dan inovatif. Dan yang menjadi topik saat ini ialah kreativitas dalam bidang penerbangan yang akan menerbangkan penulis dari Indonesia menuju Negeri van Oranje. Banyak hal yang dapat dilihat inovasi-inovasi baru di Negara yang sangat maju dan tidak kalah dengan amerika yaitu membuat Pesawat Tanpa Suara dengan Kecepatan Tinggi. Tapi sebelum itu kita pelajari sejarah pesawat di negeri ini.

image001
Logo Penerbangan Fokker

Yang pertama, Perusahaan Penerbangan Dunia Fokker (1912 – 1996) yang memiliki kantor pusat di Amsterdam, Belanda. Walaupun perusahaan ini telah tutup, tapi yang sangat menarik ialah perusahaan ini didirikan oleh seorang keturunan Belanda yaitu Anthony Fokker, dan yang sangat luar biasa, dia merupakan warga Negara Indonesia yang dilahirkan di Blitar, Jawa Timur. Wahhh amazing… orang Indonesia membuat pesawat sekaligus perusahaan penerbangan Internasional di Belanda. Dia sanggup kenapa kita tidak sanggup, PASTI BISA!!! Yahh minimal terbang dari Indonesia ke Belanda.

image003
Logo Penerbangan KLM

Yang kedua, Perusahaan penerbangan KLM ( Koninklijke Luchtvaart Maatschappij) merupakan maskapai penerbangan utama Belanda dan beroperasi dari Bandara Schiphol, dekat Amsterdam. Sampai saat ini KLM masih beroperasi, bahkan maskapai penerbangan KLM sedang mengembangkan bahan bakar kerosin yang terbuat dari ganggang/alga yang dapat mengurangi GreenHouse Effect yang dihasil dari pembakaran mesin pesawat. Saat ini planning Belanda pada Tahun 2040 Bandara Schiphol harus memiliki “IKLIM NETRAL” yang artinya zat asam arang harus dikurangi.

image004
Desain Pesawat KLM Terbaru dengan Kecepatan 460 km/jam

Bentuk pesawat terbang model baru yang ramah lingkungan ini sudah bisa dilihat dari rancangan kertasnya. Oktober 2009 lalu dilakukan uji terbang pertama pesawat tersebut. Walau begitu, Ronald van Gent sempat ragu. Tapi akhirnya bangga juga. Peneliti Universitas Teknik Delft mengambil sebuah kardus di belakang standnya pada pekan raya penerbangan Le Bourget, dekat Paris. Dari kardus dikeluarkannya pesawat terbang kecil terbuat dari kertas.

“Ini sebenarnya print tiga dimensi”, ujarnya kepada koresponden Frank Renout. “Dirancang pada komputer dan dibuat dengan mesin printer khusus tiga dimensi. Terbuat dari kertas, itu betul. Kami sebenarnya ingin memperkenalkan rancangan ini kalau sudah rampung.”Di tangannya, Van Gent memegang pesawat miniatur terbuat dari kertas, berbentuk kotak-kotak, sayapnya ganda dan mesin elektronya empat. “Kami berusaha membangun pesawat yang bisa terbang tanpa suara, tanpa mengeluarkan gas rumah kaca dan pada waktu yang sama bisa terbang sangat cepat. Pesawat ini akhirnya harus bisa terbang 250 mil, yakni sekitar 460 kilometer per jam.”

Referensi:
1. http://www.ramadoni.com/5-fakta-inovatif-dari-si-oranye-belanda/
2. http://informasitips.com/apa-arti-warna-orange
3. http://www.id.indonesia.nl/content/view/291/76/
4. http://id.wikipedia.org/wiki/KLM
5. http://id.wikipedia.org/wiki/Fokker