221. Sistem Polder dan Delta Works Belanda : Air Bukan Penghancur, Melainkan Penunjang Kehidupan

Penulis : Yulio Victory
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Manusia dan Air
Bumi, planet dimana manusia hidup dan berkembang di atas permukaannya. Permukaan bumi terdiri dari dua komponen, perairan dan darat. Perairan mendominasi, 2/3 luas permukaan bumi merupakan perairan, sisanya adalah daratan. Manusia ditakdirkan selalu berada di daratan, untuk berjalan dan berlari. Bahkan manusia tidak dianugrahi kemampuan berenang ‘otomatis’ seperti mamalia berkaki empat lainnya. Beruntung, manusia memiliki kemampuan berpikir yang membuat mereka bisa belajar dan melatih anggota tubuh mereka dengan gerakan-gerakan tertentu yang memungkinkan manusia berenang dengan sepasang tangan dan kakinya. Sebagai makhluk darat, air bisa menjadi keberadaan yang menimbulkan bencana bagi manusia. Air dalam jumlah besar mampu menenggelamkan daratan beserat manusia di atasnya.

Di sisi lain, manusia tidak bisa hidup tanpa air. Selain mendominasi permukaan bumi, air juga dominan dalam komponen penyusun tubuh manusia. Kira-kira 70% tubuh manusia disusun atas air, ketiadaan air akan membuat kehidupan manusia terancam. Tidak hanya manusia, makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan juga tidak bisa hidup tanpa air. Air adalah sebuah anomali bagi keberlangsungan hidup, ketiadaan dan kelebihan air sama-sama memberi ancaman. Untuk itu, manusia dengan inovasi dan kreativitas yang dimilikinya harus bisa melakukan manajemen air agar keberadaan air selalu dalam jumlah dan kondisi yang sesuai untuk menunjang kehidupan manusia.

Inovasi Sistem Polder oleh Belanda

Belanda, negara yang terletak di Eropa Barat, telah lama hidup berdampingan dengan air. Negara ini telah melahirkan beberapa inovasi manajemen air yang sangat baik. Salah satu yang terkenal adalah sistem polder. Sistem polder adalah sebuah sistem tata kelola air yang bersifat tertutup, terdiri atas unit-unti pembentuk berupa tanggul, pompa, saluran air, kolam retensi, pengaturan lansekap lahan, dan instalasi air kotor terpisah. Belanda telah mulai membangun sistem ini sejak abad 12 dan terus diperbaharui hingga sekarang. Belanda berada di dataran rendah dan memiliki potensi banjir yang cukup besar sehingga polder merupakan inovasi Belanda untuk menaklukan air dalam jumlah besar. Selain itu, polder dapat digunakan untuk memperluas wilayah daratan melalui proses reklamasi, hal ini juga telah dimanfaatkan oleh Belanda untuk memperluas wilayah daratannya.

image002
Gambar 1 Sistem Polder

Program Delta Works
Beberapa tahun belakangan, Belanda juga mengembangkan sebuah proyek yang diberi nama Delta Works. Delta Works merupakan sebuah bendungan yang melindungi Belanda dari bahaya banjir dan untuk menjaga ketersediaan air bersih. Delta Works merupakan salah satu dari 7 keajaiban teknologi modern. Belanda adalah negara yang 55% wilayahnya berada di bawah permukaan laut, bagian terendah berada 7 meter di bawah permukaan laut. Hal yang sangat menakjubkan bagaimana negara ini mampu bertahan pada kondisi geografis seperti itu.

Ada Beberapa program yang menjadi bagian dari Delta Works. Pertama Room for Ther River, sebuah proyek yang mengembalikan sungai ke bentuk alamiah yang pernah dimilikinya. Kedua, The Sand Engine, merupakan sebuah proyek yang dilakukan di daerah selatan Belanda, lebih tepatnya Ter Heijde. Sand Engine merupakan pembangunan bibir pantar dengan menggunakan pasir yang sangat banyak. Proyek ini bertujuan untuk membuat pantai menjadi lebih lebar sehingga resiko banjir berkurang. Ketiga adalah Storm Surge Berriers, merupakan penahan banjir dan badai yang berasal dari laut.

image003
Gambar 2 Salah satu program Delta Works

Masa Depan antara Manusia dan Air
Banjir saat ini jauh lebih berbahaya jika dibandingkan dengan masa lalu. Bahaya banjir akan terus meningkat seiring bertambahnya waktu. Dampak banjir secara langsung adalah kepada manusia, secara tidak langsung pada roda perekonomian suatu negara. Karena jumlah penduduk dunia semakin meningkat, maka dampak banjir juga semakin meningkat. Kepadatan penduduk akan membuat banjir menjadi lebih berbahaya.

Pemanasan global juga menjadi momok yang menakutkan bagi bumi dan manusia. Pemanasan global membuat temperatur menjadi naik sehingga membuat es di kutub utara dan selatan mencair. Imbasnya adalah permukaan air laut menjadi naik. Kita tidak tahu sampai kapan proses pemanasan global ini akan terus berlangsung. Kemungkinan terburuk proses ini mampu mencairkan semua es yang ada di kutub, ini akan membuat beberapa pulau menjadi tenggelam.

Secara umum, masa depan hubungan manusia dan air menjadi masalah global yang harus dipecahkan bersama. Belanda telah menunjukan diri sebagai negara yang memiliki manajemen air yang sangat baik. Bahkan pada dasarnya, Maladewa adalah negara yang harus sangat peduli dengan kenaikan air laut karena riset menunjukkan bahwa Maladewa adalah negara pertama yang akan tenggelam jika permukaan air laut terus menerus mengalami kenaikan. Belanda, sebagai negara yang sadar dan fokus pada pembenahan manajemen air, dapat memainkan peran dalam mensosialisasikan pentingnya menjaga dan memelihara air kepada negara-negara lain di dunia, yang pada dasarnya punya potensi ancaman yang sama jika tidak mampu mengelola perairan dengan baik.

Sistem Polder dan Delta Works akan menjadi sangat penting di masa depan. Ketika manusia dihadapkan pada jumlah populasi yang terus bertambah, abrasi, dan kenaikan permukaan air laut, maka sistem polder merupakan solusi untuk menjaga wilayah daratan untuk tidak terus berkurang. Program Delta Works, akan sangat membantu dalam manajemen sungai dan laut, menjadikan air kembali ke fungsi asalnya sebagai penunjang kehidupan, bukan penghancur kehidupan.

Referensi

https://www.pu.go.id/uploads/services/infopublik20130218020920.pdf

http://www.government.nl/issues/delta-programme

http://waterandthedutch.com/delta/

https://lenidisini.wordpress.com/2010/04/07/belanda-banjir-dan-delta-works/

Referensi Gambar
Gambar 1 : http://www.iamexpat.nl/app/webroot/upload/files/Topics/Expat-page/Survival-kit/polder_2.png
Gambar 2 : http://static.progressivemediagroup.com/uploads/imagelibrary/Delta_Works_Netherlands_Water.jpg