223. Karena Api Adalah Seni

Penulis : Ahmad Anwar
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Apa yang dilakukan orang ketika kedinginan di rumah? Tentu saja ia akan berusaha menghangatkan diri. Itulah mengapa tungku perapian diciptakan, terutama di negara-negara yang dekat dengan kutub. Namun, berurusan dengan api sebagai penghangat ruangan kadang terasa ribet dan berbahaya. Lain ceritanya bagi Belanda. Dengan kreativitas di bidang teknologi, bangsa ini telah mengembangkan perapian untuk kebutuhan keindahan interior rumah. Tanpa mengabaikan segi fungsi, keamanan dan kenyamanan, api telah dikemas menjadi sesuatu yang bernilai seni tinggi.

image001
Perapian di ruang keluarga

Faber, sebuah merek produk dari Belanda telah mengembangkan beberapa perapian yang modern dan berkualitas. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1844 ini menawarkan perapian dengan pola api yang beragam nan indah. Dibandingkan dengan berbagai produk lain, seni menjadi nilai lebih yang ditawarkan oleh Faber. Selain menyediakan berbagai model perapian dari klasik sampai modern yang elegan, api yang dihasilkan memiliki beberapa pola yang sangat artistik.

Setidaknya ada empat pola api yang telah dipatenkan sebagai berikut. Pertama adalah Log Burner. Jenis api ini mempunyai pola api yang mengumpul di tengah seperti api unggun kecil.

image008
Log Burner

Kedua yaitu Flat Burner dengan nyala api yang merata ke seluruh lebar perapian dan menawarkan output api yang besar.

image007
Flat Burner

Ketiga yaitu Emberded Burner yang mempunyai bentuk api melengkung dan elegan di seluruh lebar perapian.

Dan yang keempat yaitu Step Burner. Pola api ini merupakan bentuk yang paling revolusioner di pasaran. Nyala api jenis ini dapat disesuaikan dengan cara yang unik. Dengan Step Burner, besar kecil api dapat diatur menurut empat tingkat. Untuk pola api yang satu ini, api kecil nan cantik dapat dinyalakan tanpa menghasilkan panas yang berarti. Sehingga meski musim panas tiba, ruangan tetap indah dengan suhu yang nyaman.

image012
Step Burner

Beberapa pola api seperti di atas mungkin tidak ditawarkan oleh produk lain. Seni merupakan kelebihan Faber. Tidak heran jika untuk mengembangkan keindahan pola api saja, perusahaan tersebut melakukan investasi dan penelitian yang cukup serius.

Lalu bagaimana dengan segi keamanan? Kita tahu api sangat berbahaya. Jika tidak berhati-hati, kebakaran dapat terjadi. Apa lagi perapian bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Asap yang dihasilkan dapat menyebabkan beberapa penyakit gangguan pernafasan. Untuk itu, sejak tahun 1996, Faber telah menjadi pelopor dalam pengembangan teknologi pembakaran tertutup (Closed Combustion Technology). Kelebihan teknik ini di antaranya tidak berbau/asap, tahan lama, serta aman dalam menghasilkan lebih banyak panas dengan energi yang lebih hemat. Teknik ini kemudian diadopsi oleh berbagai produsen lain. Selain itu, Faber juga terus mengupayakan kontrol kualitas dan uji laboratorium berstandard internasional untuk menjamin keamanan produk.

image006
Faber: perapian aman dan nyaman

Faber memadukan teknologi dan nilai estetika untuk menghasilkan perapian modern yang artistik. Selain kayu, pilihan bahan bakar yang digunakan adalah gas dan listrik, tergantung masing-masing jenis produk. Untuk memberikan kesan realistik pada produk yang menggunakan bahan bakar gas atau listrik, Faber menggunakan kerikil dan kayu/ranting tiruan sebagai pemanis.

image014
Selain kayu tiruan, kerikil juga digunakan sebagai dekorasi

Perapian Faber juga memiliki kemudahan dalam pemasangan maupun pemakaian. dalam kehidupan sehari-hari, pemasangan tungku perapian memerlukan ketersediaan cerobong asap dalam struktur rumah. Padahal tidak semua rumah memiliki sistem pembuangan asap serupa. Hal ini menjadi kendala bagi mereka yang ingin memasang perapian namun juga tidak ingin repot menggunakan kayu di dalam rumah. Untuk itu, Faber dirancang agar mudah dipasang tanpa memerlukan cerobong asap. Produk ini juga menawarkan layanan sesuai kebutuhan. Dengan adanya ahli instalasi, produk yang diinginkan dapat dipasang menurut spesifikasi suatu rumah atau ruangan.

Pemasangan hanya membutuhkan satu hari. Kehangatan langsung bisa dinikmati cukup dengan sebuah tombol power. Bahkan beberapa produk telah dilengkapi dengan remote-control. Tidak hanya itu, Faber menyediakan aplikasi bagi pengguna smartphone dan komputer untuk menghitung daya yang telah terpakai serta juga berfungsi sebagaimana remote-control. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengatur nyala api yang dihasilkan. Dengan demikian keamanan dan kenyamanan lebih terjamin.

image009
Remote-control dan Aplikasi pintar

Inovasi produk yang ramah bagi kesehatan, mudah, serta mampu menghadirkan nilai seni yang tinggi merupakan langkah brilian. Api yang merupakan unsur yang berbahaya mampu disulap dengan aman menjadi bagian dari keindahan rumah. Dengan adanya garansi dan kredibilitasnya yang tinggi, Faber mampu berkembang tidak hanya di Belanda tetapi juga negara lain seperti Belgia, Jerman, Inggris dan negara-negara Eropa lainnya. Itulah mengapa Faber berhasil menjadi Market-leader dalam pemasaran produk perapian di benua tersebut. Sebuah prestasi yang membanggakan. Hal tersebut layak ditiru oleh bangsa kita. Bisakah inovasi Indonesia merajai Asia layaknya Belanda di Eropa? Dengan sumber daya alam yang melimpah harusnya bisa.

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=7_t9u3u1nb0 diakses 22 April 2015.
http://www.dimpco.ie/brands/faber diakses 21 April 2015.
http://www.faber.nl/site/default.asp?land=uk diakses 20 April 2015.
http://www.fireplacecity.co.za/fireplaces/closed-combustion-fireplaces.php diakses 22 April 2015.
http://www.grateexpectations.com/faber_fires.html diakses 21 April 2015.
http://www.heatsafeinstallations.co.uk/faberfireplaces.html diakses 22 April 2015.
http://www.thefireplaceroom.co.uk/perch/resources/faber-brochure-update-v1-2.pdf diakses 20 April 2015.
Judith T. Zelikoff, Lung Chi Chen, Mitchell D. Cohen, Richard B. Schlesinger, The Toxicology of Inhaled Woodsmoke. Journal of Toxicology & Environmental Health, Part B, 5:269-282. diakses dari http://ehsdiv.sph.berkeley.edu/krsmith/CRA/tb/Zelikoff_2002.pdf pada 21 April 2015.
https://www.youtube.com/watch?v=NWouCmtp_vM diakses 23 April 2015.