230. WHAT DISASTER? SAID THE DUTCH.

Penulis : Rida Sartika Djasmine
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Semua orang mungkin tahu bahwa air merupakan musuh terbesar Belanda. Bagaimana tidak ? Negara ini terletak dibawah permukaan air laut. Bahkan nama mereka pun, Nederland ( Neder yakni rendah dan land berarti tanah) sudah cukup menggambarkan keadaan geografis mereka.

Dulu, di tahun 1953, Belanda mengalami bencana banjir yang cukup parah . Saat itu terjadi badai besar yang menyebabkan naiknya air laut , yang dalam beberapa jam saja sudah mengalir melewati barisan bendungan yang mereka buat. Disaat itu pula bendungan tersebut jebol, dan dapat diperkirakan 1800 orang tewas tenggelam di tiga provinsi akibat bencana mengerikan tersebut.

image001

Namun, bukan bangsa Belanda namanya jika mereka berhenti disitu. Attack is the best form of defence. Which is, bencana besar tersebut malah memancing lahirnya sebuah inovasi besar. Proyek Delta namanya. Apakah itu Proyek Delta? Proyek Delta yaitu semacam bendungan, system pertahanan yang melindungi Belanda dari tingginya air laut. Mega proyek ini diberi nama Deltaworks kemudian. Mencakup proyek kontruksi dalam pembuatan bendungan, tanggul, pintu air di bagian Barat Daya Belanda. Sebenarnya, mereka sudah merencanakan proyek pembangunan bendungan berabad abad sebelum Deltaworks ini. Bagaimanapun juga, Deltaworks is a huge success. Mengapa ? Hari ini kita bisa melihat 13 bendungan raksasa , dimana bendungan pertama yakni, Stormvloedkering Hollandse Ijssel yang selesai pada tahun 1958 dan bendungan terakhir Maeslantkering yang selesai di tahun 1997 memiliki system buka- tutup otomatis yang sudah di komputerisasi . Luar biasanya, bendungan hebat ini bisa mengurangi banjir hingga 4000 tahun!

image003

image002

Hebatnya lagi, Maeslantkering akan menutup secara otomatis ketika tingkat air diperkirakan naik sekitar tiga meter di atas normal. Berdasarkan deteksi para ahli air di Belanda , hal seperti ini diperkirakan akan terjadi setiap 10 tahun sekali dan setelah tahun 2050 akan terjadi setiap lima tahun sekali. Maeslantkering ini berupa sepasang pintu/penghalang berbentuk busur dengan struktur lengan berupa rangka baja dengan ukuran tinggi 22 meter dan panjang 210 meter. Lebar sungai Maas di lokasi gerbang adalah 360 meter. Maeslantkering ini adalah penghalang badai dengan dua lengan bergerak, ketika lengan terbuka perairan Sungai Maas tetap bekerja sebagai jalur pelayaran penting . Namun ketika lengan menutup, fungsinya beralih menjadi penghalang badai untuk kota Rotterdam. Proses menutupnya pintu Maeslantkering sepenuhnya otomatis dilakukan tanpa intervensi manusia. Thanks to the awesomeness of technology.

Deltaworks ini merupakan titik balik lahirnya teknologi pengelolaan air di Belanda yang tentu saja dikenal luar biasa hebat. Deltaworks juga ternyata termasuk kedalam salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Modern. Dalam pembuatannya pun, Deltaworks ini menghabiskan banyak dana. Konon katanya proyek ini menghabiskan dana sekitar 450ribu Euro.

But totally worth it !

Proyek rumit dan mahal ini, terbukti menyelamatkan Belanda dari banjir dan malah mencetak prestasi baru untuk mereka. Pengelolaan air mereka menjadi terbaik sedunia! Dan kerennya lagi, Deltaworks pun akhirnya menciptakan Belanda itu sendiri. Disinilah istilah favorit saya bisa digunakan, yakni “ Manusia kalo kepepet pasti bisa “.The Dutch are really not scared of disaster. Don’t you think so ?

http://m.kompasiana.com/post/read/712027/3/belanda-hancur-karena-air-bangkit-juga-karenanya.html

http://edukasi.kompas.com/read/2015/03/05/02461531/Perlu.Belajar.dari.Belanda.Negara.yang.Tak.Ada.Apa-apanya.

https://cybermujahidah.wordpress.com/2010/04/26/belandanegara-bawah-permukaan-air-laut/

http://rifqi-taufiqurr.blogspot.com/2013/02/belandaternyata-negara-terendah-di-dunia.html

http://www.google.co.id/imgres?imgurl=https://kompetiblog2013.files.wordpress.com/2013/05/703ba-banjir-1953

http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://davidmixner.typepad.com/.a/6a00d8341c90b153ef017ee4e632f1970dA6VZaOIsS1mAWxp4DoBg&tbm=isch&ved=0CCQQMygJMAk

http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://miramarsellia.files.wordpress.com/2013/05/maeslantkering-rotterdam-the-netherlands.jpg