233. Kincir Angin Keren di Pulau Johnny Cay, Columbia

Penulis : SYIFA SILFIYANA S
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Berbicara tentang inovasi teknologi air, Belanda adalah salah satu pakarnya. Negara yang beribukota Amestredam ini secara geografis merupakan negara berpermukaan rendah, hampir separuh dari negara Belanda ini berada kurang 1 meter di bawah permukaan laut dan 21% populasinya berada di bawah permukaan laut. Kenyataan yang unik ini terabadikan dalam namanya, yaitu Netherland (dalam bahasa Belanda) yang artinya adalah negeri-negeri berdaratan rendah. Dengan letak geografis seperti itu menjadikan Belanda sangat concern tentang masalah air, banyak teknologi yang telah diciptakan guna mendapatkan air yang berkualitas pun atau dalam pemanfaatan air untuk berbagai sektor.

Baru-baru ini sebuah perusahaan air asal Belanda, Solteq Energi, sedang menciptakan inovasi baru untuk menyediakan air yang berkualitas untuk sebuah pulau di Columbia, yaitu pulau Johnny Cay. Pulau Johnny Cay ini terletak di dekat sebuah pulau San Andreas dan pulau ini didatangi oleh sekitar 350.000 pelancong setiap harinya per tahun. Air harus diangkut ke pulau dalam botol-botol dan untuk mendinginkan ikan di restoran-restoran es blok harus dibawa ke pulau setiap harinya. Hal ini dilakukan karena di pulau ini tidak ada air tawar atau pun listrik. Kayanya repot banget ya?

image001
Pulau Johnny Cay

Makanya untuk mengatasi kerepotan-kerepotan itu, Solteq Energi mengumumkan bahwa akan membangun kincir angin jenis baru di Pulau Johnny Cay tersebut untuk menyediakan energi dalam hal ini adalah energi listrik dan air tawar yang berkualitas.

Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Kincir angin yang dikembangkan oleh Solteq Enerqy ini adalah jenis kincir angin baru yang mengkonversikan energi angin ke dalam bentuk tekanan tinggi. Gaya angin akan diteruskan dengan loss yang mendekati nol dengan bantuan System Solteq Hydro Drive yang baru dan telah dipatenkan. Dengan kekuatan Hydro-Drive ini, kekuatan angin dapat digunakan secara langsung untuk menghasilkan tekanan tinggi, yang mana tekanan tinggi ini digunakan untuk menggerakkan unit desalinasi (desalinasi adalah proses menghilangkan garam dan mineral lainnya dari air laut untuk mendapatkan air tawar) dengan menggunakan sistem reverse osmosis untuk memproduksi air tawar atau air jernih. Reverse osmosis itu sendiri adalah suatu metode penyaringan yang dapat menyaring berbagai molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan melebihi tekanan osmosis pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran (lapisan penyaring). Sebenarnya metode ini telah ada sejak sekitar tahun 1970-an dan memang digunakan untuk mengolah air laut agar menghasilkan air tawar.

Dari sistem pengolahan air laut menjadi air tawar sebenarnya tidak ada perbedaan dengan sistem-sistem yang telah ada. Namun, perbedaan yang paling mendasar adalah tidak adanya penggunaan gigi atau generator, pompa listrik dan tidak memerlukan bahan bakar serta tidak ada energi listrik yang dibutuhkan pada kincir angin ini. Hanya menggunakan angin. IYA HANYA DENGAN ANGIN. Dengan efektivitas sampai 98% lho.

image009
Sistem Solteq Energi dan cara kerjanya.

Seperti diketahui bahwa energi angin yang didapat tidak akan selalu sama setiap harinya, bukan? Sehingga kelebihan energi yang diperoleh akan digunakan untuk menghasilkan listrik.
a. Features
- 100% dapat digunakan secara berkelanjutan
- Hemat biaya karena tidak memerlukan bahan bakar dan energi listrik.
- Dapat digunakan untuk berbagai jenis air untuk menghasilkan air jernih. Diantaranya air laut, air payau dan air limbah.

b. Lokasi
Kincir angin ini sangat cocok digunakan pada tempat-tempat yang membutuhkan air jernih dengan angin yang cukup tentunya dan tempat yang tidak memiliki sumber air minum. Seperti: pulau, resort wisata, daerah pesisir dan lain-lain.

c. Kapasitas
Kapasitas air jernih yang dihasilkan akan sangat bergantung pada kondisi angin tetapi secara garis besar dapat menghasilkan sekitar 400m3 – 1000 m3 air per hari dengan kondisi angin yang hampir berkelanjutan sepanjang harinya. Sedangkan untuk angin yang berkecepatan tinggi dapat menghasilkan 0 – 40 kW listrik. Keren banget ga tuh .

Menurut sumber yang ditulis disini sekitar akhir tahun 2014, konsep ini akan coba di-install pada sekitar awal tahun depan (ya, berarti mungkin sekarang sedang on progress kali ya..) di kota Leeuwarden, Netherlands, yang merupakan area khusus yang disediakan untuk inovasi teknologi air. Projek ini merupakan kerjasama antara beberapa organisasi besar diantaranya, Lenntech yang merupakan organisasi spesialis dalam teknologi air, Hydroton spesialis dalam solusi hydrolik, Hoekstra-Suwald spesialis dalam pembangunan dan pemasangan kincir angin. Selain itu ada juga Technical University of Delft, departemen sipil, sub departemen teknologi air yang juga mendukung projek ini, mereka berpengalaman selama 5 tahun studi dalam kombinasi air dan surya yang mendapat menghasilkan air. Beneran keren kan ini projek.

Well, semoga inovasi ini berhasil ya jadi ga usah cape angkut-angkut air jernih ke pulau Johnny Cay, biar liburannya tambah asoy… 

Refferensi:
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda
2. http://www.energienieuws.info/2014/11/solteq-energy-levert-nieuwe-duurzame.html
3. http://www.dutchwatersector.com/news-events/news/12204-solteq-to-build-wind-ro-desalination-plant-on-johnny-cay-island-colombia.html
4. http://perssupport.nl/apssite/persberichten/full/2014/11/06/Solteq+Energy+levert+nieuwe+duurzame+water+technologie+voor+Colombia
5. http://id.wikipedia.org/wiki/Osmosis_terbalik