239. Negeri Van Oranje – Enlightment of Innovation

Penulis : Ari Khusuma
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

“Apa yang orang Indonesia pertama kali dengar atau pikirkan apabila kita menyebut kata Belanda ? “
Yap, jelas sekali di memori kebangsaan kita bahwa Belanda pernah menguasai negara kita untuk waktu yang cukup lama. Selain menguasai berbagai wilayah dan berbagai sektor kehidupan di negeri ini . Tentunya Belanda juga banyak mengaplikasikan berbagai teknologi-teknologi yang berkembang di negaranya untuk digunakan di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari berbagai peninggalan penjajahan Belanda yang tersisa di Indonesia.

Belanda merupakan negara maju dengan jumlah penduduk terpadat di Eropa dengan luas wilayah ‘hanya’ 41.000 km2. Oleh karena itu, masyarakat Belanda dihadapkan pada kondisi yang mengharuskan mereka untuk berkreasi serta menghasilkan inovasi agar bisa bertahan hidup dengan keadaan lingkungan mereka.

Bukan hal yang baru jika kita menyebut Belanda sebagai Negara paling “Ahli” dalam mengelola berbagai sumber daya alam. Bahkan dalam sektor pengelolaan air di negaranya, Belanda telah menciptakan karya yang luar biasa salah satunya adalah Proyek The Delta sebagai proyek penanggulangan banjir terbesar di dunia.

Proyek The Delta ini diprakarsai sejak adanya banjir besar yang menggenangi sebagian wilayah Belanda pada tahun1953. The Delta dibangun untuk melindungi Belanda dengan kekuatan penuh dari serangan banjir. Pemerintah Belanda berupaya untuk memanfaatkan kondisi alam mereka seefektif mungkin, sehingga segala kemungkinan bencana dapat dihindari.

Menilik lebih jauh perkembangan inovasi dan kemajuan teknologi yang dilakukan Belanda, Penulis akan membahas sedikit dari rangkaian inovasi yang dilakukan oleh Belanda terkait dengan sumber daya alam, dengan unsur elemen Api.

Kecanggihan Berbalut Keindahan

image004
(Sumber: http://assets.inhabitat.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2011/05/LIAG-Architecten-NBHW-Fire-Station-6.jpg)

Bangunan futuristik dan gaya yang minimalis menjadi ciri khas bangunan ini. Didesain oleh perusahaan LIAG yang berbasis di Alkmaar, Belanda. Kamu tidak akan pernah mengira bahwa bangunan cantik ini adalah sebuah stasiun pemadam kebakaran.

Berdampingan dengan gedung dewan kota di wilayah Kanal bagian utara Belanda, Brandweer istilah untuk pemadam kebakaran di negeri kincir angin ini memiliki kelengkapan layaknya sebuah stasiun pemadam kebakaran. Dibangun dengan tema artistic yang disesuaikan dengan rancangan kota, desain bangunan juga terlihat ramping dengan banyak ruang multifungsi. Brandweer memiliki ketinggian 20 meter, terlihat mencolok dan digunakan sebagai akses pintu masuk ke pusat kota.

Brandweer memiliki gedung parkir inovatif di bagian atap (rooftop) sangat multifungsi, tidak hanya digunakan untuk parkir kendaraan, tetapi juga digunakan untuk mengumpulkan energi matahari dengan sistem penyimpanan energi panas yang nantinya akan digunakan untuk meminimalkan penggunaan listrik. Cat hijau pada lantai parkir digunakan untuk menghindari terjadinya overheating.

Panas yang di dapatkan dari energi matahari ini kemudian ini ditransfer ke penyimpanan bawah tanah atau underground thermal energy storage (UTES) yang nantinya menyediakan 80% energi untuk berbagai fasilitas termasuk kantor dewan kota disebelahnya. Belum cukup sampai disitu, sebuah instalasi seni Nothern Light, oleh Paul Baartmans, mengubah Brandweer menjadi semakin cantik pada malam hari dengan menambahkan lampu LED warna warni pada bangunan ini sehingga menghasilkan efek yang indah ketika malam hari

image006
(Sumber : http://assets.inhabitat.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2011/05/LIAG-Architecten-NBHW-Fire-Station.)

image008
(sumber : http://assets.inhabitat.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2011/05/LIAG-Architecten-NBHW-Fire-Station)

Pada bulan maret 2011, Bradweer menerima penghargaan sebagai bangunan dengan konsep energi yang inovatif pada Maret 2011, bangunan menerima penghargaan terhormat dari the European Architecture Award 2011 Architecture + Energy

Sungguh suatu kecanggihan berbalut dengan keindahan yang menawan !

CantiknyaLangit Malam di Atas Tanah
Belum habis rasa kagum kita terhadap suatu gebrakan inovasi dari negeri oranje ini, kita sudah disuguhkan inovasi lain yang tidak kalah hebatnya dengan sebelumnya. Salah satunya adalah Twinkling Solar Bike Path atau Jalur sepeda yang berkelap kelip.

image010
( Sumber : http://assets.inhabitat.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2014/11/Studio-Roosegaarde-Van-Gogh-Bike-Path-3. )

Berlokasi di Nuenen, Belanda, proyek ini merupakan proyek awal untuk pengembangan penelitan untuk solar road yang telah berhasil dilakukan. Tentu saja proyek ini sangat bermanfaat untuk mengganti atau meminimalisir penggunaan lampu jalan untuk penghemaatan energi.

image012

image014
(Sumber : http://assets.inhabitat.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2014/11/Studio-Roosegaarde-Van-Gogh-Bike-Path- 4-6)

Selain karena pengguna sepeda di Belanda cukup tinggi, Studio Roosegaarde selaku pelaksana proyek ini terinspirasi oleh Vincent Van Gogh yang merupakan maestro pelukis yang tinggal di Nuenen, Belanda tahun1883-1890. Twinking Solar Bike Path menggunakan jalur sepeda yang diterangi oleh lampu LED bertenaga surya dan memanfaatkan cat luminescent untuk mengumpulkan cahaya matahari sehingga memancarkan cahaya yang cantik ketika malam hari. Proyek ini merupakan proyek besar Roosegaarde’s Smart Road dalam upaya untuk menciptakan jalur berkendarayang lebih aman, lebih efisien dan juga indah. Sekaligus menerapkan teknologi baru untuk fasiltas kendaraan bertenaga surya. AMAZING!

REFERENSI

http://yangkiimade.blogspot.com/2010/04/rotterdam-kota-yang-seharusnya.html

http://www.minbuza.nl/binaries/content/assets/minbuza/en/import/en/you_and_the_neterlands/bz-holland-brochure_engels.pdf

http://inhabitat.com/high-tech-dutch-fire-station-relies-on-innovative-solar-collecting-rooftop-parking-lot/liag-architecten-nbhw-fire-station-5/?extend=1

http://www.dezeen.com/2014/11/12/daan-roosegaarde-van-gogh-bicycle-path-glowing-patterns-nuenen-netherlands/

http://www.thisiscolossal.com/2014/11/van-gogh-bike-path/

.