240. Bersiaplah untuk Tantangan Air!

Penulis : PALUPI PURNAMA SARI
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Air merupakan sumber daya yang paling dibutuhkan nomor dua setelah udara oleh makhluk hidup terutama umat manusia. Hampir seluruh kegiatan manusia ditopang oleh air, baik untuk keperluan makan, minum, mandi, mencuci bahkan sampai kegiatan perekonomian. Oleh karena itu, sumber daya air haruslah dilindungi demi keberlangsungan makhluk hidup saat ini dan generasi yang akan datang. Tapi masalah air bersih, kini menjadi topik yang paling hangat dibicarakan di abad ke-21. Karena tak hanya satu atau dua negara saja yang mengalami krisis air bersih, namun hampir semua negara pernah mengalaminya, baik negara maju maupun berkembang. Berbagai negara mulai berlomba dan saling berbagi informasi mengenai solusi terbaik untuk mengatasi masalah krisis air. Salah satu negara yang berhasil mengatasi masalah ini adalah Belanda.

Belanda merupakan negara terbaik dalam memanajemen kualitas air di negaranya, hingga ia dijuluki sebagai “World Water Leader”. Dalam memanajemen kualitas air, Belanda memang tak main-main. Berbagai ilmu pengetahuan, inovasi produk dan proyek manajemen kualitas air pun diciptakan dan terus dikembangkan. Tak hanya di negerinya saja, Belanda juga menyelenggarakan proyek percontohan penelitian manajemen kualitas air yang dilakukan di berbagai negara. Nah, salah satu produk inovasi manajemen kualitas air dari negeri Kincir ini adalah WISP (Water Insight Spectrometer).

image002

Produk WISP diciptakan dari dua ide cemerlang Steef Peters dan Marnix Laanen pada tahun 2005. Ini berawal saat mereka mendirikan perusahaan sebagai spin-off dari The Institute for Environmental Studies (IVM), VU Amsterdam University. Saat itu, Steef Peters dan Marnix Laanen bekerja pada bidang informasi spektral yang berhubungan dengan keadaan permukaan air dalam bentuk data satelit. Mereka harus menggunakan metode pengukuran praktis dan perhitungan yang kompleks untuk memvalidasi data satelit menggunakan spektrometer. Hal ini membuat mereka frustrasi. Oleh karena itu, mereka berpikir pastilah ada cara yang lebih mudah, akurat dan praktis dalam menggunakan spektrometer untuk memvalidasi data pada memanajemen kualitas air. Akhirnya, Steef Peters dan Marnix Laanen menciptakan suatu alat yang bernama Water Insight Spectrometer (WISP).

WISP ini adalah produk alat genggam inovatif yang sederhana, efektif dan mudah digunakan. Didukung oleh teknologi optik pengukuran in situ dan penginderaan jauh yang canggih, akan memberikan efisiensi, efektivitas dan juga hemat biaya dalam mengumpulkan resolusi hasil kualitas air yang tinggi dan konsentrasi suatu unsur, baik temporal maupun spektral dari energi yang ditangkap oleh WISP. Tak mengherankan kalau WISP terpilih menjadi pemenang dalam penghargaan Partners for Water Awards pada tahun 2012

image004

image006

WISP terdiri dari tiga spektrum, sehingga alat ini disebut juga sebagai Water Insight Spectrometer-3 (WISP-3). Spektrometer pertama berguna untuk mengukur jumlah cahaya yang terefleksi oleh air pada sudut 42 derajat. Spektrometer kedua, berguna untuk mengukur jumlah cahaya pada sudut yang sama. Sedangkan, spektrometer ketiga berguna sebagai sensor pengukur total pengaruh cahaya.

Dari refleksi spektrum tertinggi sampai terendah, nantinya akan dijadikan satu model dan informasi yang akan menunjukkan konsentrasi suatu unsur tertentu, misalnya jumlah klorofil-a, padatan tersuspensi, bahan organik terlarut berwarna (materi kuning/ yellow matter), jumlah Phycocyanin dan Cyanobacteria. Dari hasil pengukuran tersebut akan disimpan pada SD Card dan dapat dipindahkan ke komputer untuk dianalisis. Selanjutnya, hasil analisis tersebut dapat mendeteksi dan memonitoring adanya blooming fitoplankton (pertumbuhan pesat fitoplankton) yang memengaruhi keamanan air minum, status ekologi / pelestarian lingkungan, dan keamanan air kolam (Swimming water).

image008
(a)

image010
(b)

Keterangan : (a) Peta perkembangan blooming fitoplankton, (b) Peta perkembangan Cyanobacteria

WISP juga dapat memprediksi cuaca, banjir dan kekeringan, serta temperatur permukaan air dengan mengukur ketebaan optik aerosol, ozon dan uap air. Selain itu, dapat ditentukan kedalaman Sekki (Secchi Disk), mengukur transparansi air, serta mengukur arus downwelling, dan semua hal tersebut dilakukan oleh WISP tanpa perlu memerlukan analisis laboratorium. Kemudian, data tersebut dikonversikan dalam bentuk peta yang menggambarkan keadaan permukaan air, seperti gambar berikut:

image012
Peta evaporasi dan transpirasi (deteksi banjir dan kekeringan)

Dalam pengembangan dan ekspansi WISP, Steef Peters dan Marnix Laanen menggandeng dan bekerja sama dengan berbagai instansi di pemerintahan dan perusahaan yang bergerak dalam bidang manajemen peningkatan kualitas air di Belanda. Perusahaan milik Steef Peters dan Marnix Laanen ini, telah banyak mengaplikasikan Teknologi WISP ke berbagai proyek berskala nasional dan internasional. Salah satu lokasi proyek internasional pemerintah Belanda yang bekerja sama dengan Water Insight adalah Sungai Mekong, Vietnam. Sungai Mekong memiliki peranan peting dalam kehidupan masyarakat di sepanjang daerah aliran sungai, baik untuk kebutuhan pribadi maupun untuk kegiatan perekonomian. Sehingga, proyek ini bertujuan untuk mendeteksi masalah darurat di permukaan air Sungai Mekong dengan biaya rendah dan dengan hasil informasi yang akurat, agar dapat menentukan manajemen kualitas air terbaik untuk keberlangsungan kehidupan di daerah tersebut.

Keberhasilan Water Insight sangat merefleksikan betapa besar dedikasi Belanda dalam mengambil tindakan, membangun dan memberikan solusi dalam memanajemen kualitas air. Bekerja sama dengan berbagai pihak tanpa merugikan salah satu pihak, demi kemajuan bangsanya, teknologi dan keberlangsungan air bagi kehidupan adalah hal yang patut di contoh oleh kita sebagai Bangsa Indonesia, bangsa yang besar dan masih penuh dengan segudang masalah dalam memanajemen kualitas air. Kini, sudah siapkah kita dengan tantangan air?

Referensi esai :

http://www.waterinsight.nl/

http://www.dutchwatersector.com/news-events/news/4664-estonia-tartu-observatory-buys-awarded-wisp-3-portable-spectrometer-for-monitoring-surface-water-quality.html

http://www.hollandtrade.com/media/news/news-archive/?bstnum=5457&PageIndex=1

http://bluelegmonitor.com/en/technology/

http://bluelegmonitor.com/en/water-insight-wins-the-partners-for-water-award-2012/

http://www.dutchwatersector.com/solutions/projects/259-simple-and-cost-effective-monitoring-of-water-quality-in-vietnam.html

http://www.wral.com/mekong-delta-sets-sustainable-living-example/13613476/

Referensi gambar:

http://www.dutchphotonics.nl/company-guide/water-insight-2/

http://en.wikipedia.org/wiki/File:Wisp3radiometer.jpg

http://www.waterinsight.nl/flood-and-drought-predictions

http://www.waterinsight.nl/harmful-algae-service

http://www.waterinsight.nl/cyanobacteria-monitoring-systems