245. Giethoorn, Kota Tanpa Jalan Raya di Belanda

Penulis : NUGROHO SYAHPUTRA
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Kota diatas air? Pasti serempak orang orang akan menjawab Venesia. Yap, salah satu kota tua eksotik terindah di dunia di Italia yang dikeliling dengan kanal kanal diantara bangunan dan gedung. Coba geser sedikit arah peta kita dan liriklah Belanda. Pernah mendengar Giethoorn? Yakinlah, pasti hanya sedikit orang yang mengenal kota ini yang dijuluki sebagai kota ‘Dutch Venice’

image002

Pernah terbayangkan seperti apa rasanya tinggal di kota tanpa jalan raya? Waaauuu.. Di Belanda juga ada kota yang dipenuhi kanal. Perahu menjadi alat transportasi utama. Udara dijamin bersih, tidak ada kendaraan bermotor. Ini adalah destinasi yang wajib dikunjungi saat ke Belanda nanti. Kota yang letaknya di 88 km sebelah timur laut Amsterdam adalah Giethoorn. Kota ini mempunyai 180 jembatan yang membentang antar kanal di seluruh kota. Huffington Post, Senin (3/3/2014), tak heran kota ini dijuluki sebagai ‘Dutch Venice’ karena mirip dengan Venesia, Italia. Pada tahun 2010, prestasi Belanda bertambah dengan terdaftarnya kanal-kanal Amsterdam sebagai World Heritage UNESCO.

Siapa yang menyangka, banjir St. Elisabeth yang melanda kota ini yang terjadi pada tahun 1170 membawa keajaiban tersendiri untuk kotanya. Kota banjir tersebut ditata sedemikian rupa pada tahun 1230 oleh para imigran dari Mediterania yang dilakukan dengan membuat kali – kali kecil untuk menyingkirkan tanah gambut di daerah tersebut. Alhasil, akibat penggalian kali – kali tersebut terbentuklah dataran – dataran tinggi yang kemudian membentuk pulau – pulau kecil di sekitarnya. Para imigran pun memanfaatkan pulau – pulau tersebut untuk membangun rumah sebagai tempat tinggal diatasnya. Sebagai penghubung antara satu pulau dengan pulau yang lain maka dibangunlah jembatan kecil yang dapat menghubungkan antarpulau.

image004

Amsterdam membangun kanal-kanal yang terkenal pada abad 17 dengan tiga kanal utama, Herengracht, Prinsengracht, dan Keizersgracht yang dikenal sebagai Grachtengordel. Tempat ini menjadi tempat yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan asing. Jika dilihat dari udara, kanal-kanal Amsterdam membentuk setengah lingkaran di tengah kota. Kanal-kanal ini dimanfaatkan untuk memanjakan wisatawan menyusuri keindahan kota menggunakan waterbus (perahu). Selain itu juga ada 1500 jembatan yang melintasi kanal-kanal di Amsterdam.

image006

Iya, kan? Pantas saja kota tersebut bebas polusi dan merupakan salah satu destinasi tujuan wisata favorit untuk kita yang memang menginginkan udara sejuk tanpa kericuhan lalu lintasnya. Giethoorn sendiri juga menjadi kota pilihan kalau kita ingin suasana liburan khas Belanda tapi bosan dengan gemerlapnya kota Amsterdam ataupun Rotterdam.
Belanda mampu membuktikan bahwa bencana apapun yang terjadi di negara tersebut, pasti ada berkah tersendiri yang tercipta jika diolah dengan baik. Salah satunya adalah Giethoorn, kota indah bebas polusi yang sangat sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Belanda.

image007

Sumber Referensi:

http://global.liputan6.com/read/2146609/glethoorn-kota-kecil-tanpa-jalan-raya-di-belanda

http://travelblog.ticktab.com/2014/12/30/giethoorn-desa-unik-yang-menawan-tanpa-jalan-raya-di-belanda/

http://travel.detik.com/read/2014/03/03/084846/2513036/1520/kota-paling-cantik-di-belanda-kanal-mengganti-jalan-raya

http://en.wikipedia.org/wiki/Giethoorn

http://giethoorntourism.com/

http://lydia-rosmaretta.blogspot.com/2013/07/giethoorn-desa-seindah-khayalan.html

http://travel.detik.com/read/2012/03/28/161100/1879020/1025/1/giethoorn-desa-apung-unik-di-belanda

http://travelling.perempuan.com/desa-terapung-di-negeri-belanda/

http://debagpacker.com/2013/05/06/giethoorn-venezia-nya-belanda/

http://zoera-tourtravel.blogspot.com/2014/10/jalan-jalan-ke-giethoorn.html

http://www.beritaunik.net/unik-aneh/giethoorn-desa-terapung-di-belanda.html