248. Gurun Pasir di Bibir Pantai

Penulis : Yeni Yusuf Tonglolangi
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Ada satu tempat yang memberikan aku inspirasi untuk turut serta dalam Holland Writing Competition 2015 setelah mengunjungi beberapa tempat di Belanda.
Saat aku menyusuri jalan kecil menuju Pantai Camperduin, dari kejauhan tampak seperti padang pasir yang luas, namun samar-samar terdengar deru ombak sehingga membuatku penasaran untuk mencapai bukit-bukit pasir tersebut.

image001
Jalan menuju Pantai Camperduin

image002
Gurun Pasir di Tepi Pantai

Semakin jauh, pasir yang aku pijak terasa semakin basah dan deru ombak semakin jelas terdengar. Akhirnya sampailah aku di tepi Pantai Camperduin. Sungguh sebuah kejutan, di balik bukit-bukit pasir, terhampar pantai yang airnya tenang, bersih dan aku serasa ingin terbang bersama burung-burung yang juga bisa berenang.

image004

image003

Pantai Camperduin ini terletak di wilayah Holland Utara. Hampir seluruh wilayah Holland Utara berada di bawah permukaan laut. Di antara bukit-bukit pasir di pantai Camperduin terdapat tanggul Hondsbossche dan tanggul Pettemer yang telah dibangun berabad-abad lamanya. Tanggul-tanggul ini telah beberapa kali direnovasi (dibuat lebih tinggi). Tanggul Hondsbossche terakhir direnovasi antara tahun 1977 dan 1980 dan sekarang tingginya 11.50 meter di atas permukaan laut. Tahun 1994, tanggul Pettemer yang terletak di sebelah utara dibuat lebih curam dan lebih tinggi, yaitu 12,58 meter di atas permukaan laut.

Selain kedua tanggul tersebut juga terdapat beberapa tanggul lain yang dibangun oleh beberapa perusahaan konstruksi yang berbeda-beda tetapi dengan desain yang sama. Dinding tanggul yang sebelumnya hanya ditanami rumput, kini digantikan oleh basalton atau blok beton sehingga dinding tanggul menjadi lebih kuat untuk melindungi wilayah tersebut dari serangan banjir.

Sekilas pantai ini terlihat tidak jauh berbeda dengan suasana pantai pada umumnya di Indonesia. Diantara bebatuan yang ada di pantai ini juga dapat ditemui kerang, kepiting kecil, ganggang dan jamur. Namun ada sesuatu yang mereka buat di pantai ini. Dari situ aku mulai mengumpulkan beberapa informasi mengenai pantai Camperduin. Dengan berbekal kamera saku, aku mengambil foto-foto pamphlet yang aku temui di pinggiran pantai. Aku juga bertanya kepada orang yang aku temui di pantai dengan modal bahasa Inggris dan bahasa Belanda yang pas-pasan, selanjutnya aku juga mencaritahu informasi tentang pantai Camperduin dari internet.

image005

Dari hasil wawancara dengan beberapa orang yang aku temui di pantai tersebut menceritakan bahwa tepian pantai ini sebelumnya dapat dicapai hanya beberapa langkah saja dari jalan raya, tetapi saat ini pemerintah sedang melakukan proyek renovasi pantai dengan menyemprotkan pasir ke pesisir pantai untuk membuat daratan yang baru yang lebih luas. Tujuannya, selain untuk membuat daratan pantai menjadi lebih luas untuk tempat rekreasi, flora dan fauna, juga tujuannya utamanya adalah untuk menjaga keamanan wilayah Nord-Holland dari ancaman serangan air laut yang bisa saja sewaktu-waktu menenggelamkan wilayah tersebut karena posisi daratan yang rendah. Berbeda dengan renovasi sebelumnya. Pada proyek ini, mereka tidak lagi membuat tanggul air menjadi lebih tinggi tetapi kali ini, mereka menimbun air laut dengan pasir sehingga mendapatkan daratan yang lebih luas dengan memperhitungkan apabila air laut sewaktu-waktu naik, akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai batas daratan tempat pemukiman penduduk. Batas pantai juga dibuat lebih kuat dengan menggunakan basalton sehingga pasir tidak mudah terkikis oleh air laut.

image006

Proyek ini telah dimulai sejak pertengahan tahun 2012 dan direncanakan dapat selesai akhir tahun 2015, diberi nama Zand tegen Zee (kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia, artinya Pasir melawan Laut). Proyek ini bertujuan untuk membuat garis pantai yang aman dan indah dengan anggaran biaya sebesar 250 juta Euro atau senilai ±3,5 triliun Rupiah. Diperkirakan pasir yang dibutuhkan untuk proyek pelebaran pantai ini sebanyak ±35 juta meter kubik. Diprediksikan proyek ini dapat menjamin keamanan wilayah ini, khususnya Nord-Holland dalam 50 tahun ke depan dari serangan air laut. Air yang adalah musuh terbesar orang Belanda ternyata dapat memberikan motivasi bagi mereka untuk selalu kreatif.

Referensi:
1. http://www.newdeep.nl/kustverdediging-petten.html
2. http://www.rijksoverheid.nl/nieuws/2012/06/13/laatste-zwakke-schakels-langs-de-kust-krijgen-versterking.html
3. https://nl-nl.facebook.com/pettenproject
4. https://www.youtube.com/watch?v=FgUtXqmq1Do
5. http://www.dichtbij.nl/groot-alkmaar/regio/artikel/2369187/zeewering-onder-zand.aspx?sml=true
6. http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda
7. http://www.mijnalbum.nl/Album-NGO7DA8Z#LAUQX3ZM
8. http://www.mijnalbum.nl/Album-4CM4LDKM-Foto%27s-van-Nieuws.html
9. http://www.mijnalbum.nl/Album-MZVZFG6A-Foto%27s-van-Vrachtauto-Vervoersmiddelen.html
10. http://www.mijnalbum.nl/Album-IVF6DCGO-Foto%27s-van-Autosport-Sport.html
11. http://www.kustopkracht.nl/over-kust-op-kracht/
12. http://www.kustopkracht.nl/