249. BELANDA NEGERI AJAIB!!

Penulis : Tyas Suartika
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Bukan rahasia lagi, jika Belanda memang negeri yang ajaib. Bagaimana tidak, sebagian besar wilayah Belanda berada di bawah permukaan laut. Bagaimana mereka bisa tinggal dibawah laut jika tidak terus berinovasi? Tahukah anda, keagungan dari keajaiban inovasi yang dilakukan oleh Belanda justru memanfaatkan sumber daya alamnya yang secara umum terbagi dalam empat elemen yaitu tanah, air, api dan udara. Tidak diragukan lagi akan pesatnya perkembangan tehnologi Belanda yang tidak terkira jumlahnya, namun kali ini saya akan mengeksplor lebih jauh tentang inovasi yang dilakukan Belanda guna membangun sektor pariwisata yang menakjubkan dan tersohor di seluruh dunia. Pemerintah Belanda berhasil meramu empat elemen tersebut menjadi tempat wisata yang menawan di Belanda hingga berhasil mendatangkan ribuan turis internasional setiap tahunnya. Mari kita kupas lebih jauh tentang inovasi yang diciptakan Belanda dengan memanfaatkan empat elemen alam.
Elemen pertama adalah air. Belanda terkenal akan pemanfaatan kanal bagi berbagai kebutuhan, salah satunya pariwisata. Pada setiap sudut kota di Belanda, kita dapat dengan mudah menemukan wisatawan yang menaiki perahu sambil melihat sekeliling kota. Dari sekian banyak wisata kanal di Belanda, surga wisata kanal di Belanda yang sangat popular berada di kota Delft yang berada di South Holland. Kanal air di pinggir sungai dan jembatan-jembatan kecil yang khas serta arsitektur bangunan klasik merupakan daya tarik dari kota ini.

image002

Kini Belanda kembali mengeluarkan inovasi baru dengan membangun semenanjung baru di Belanda, yang berlokasi di Nijmegen yang berupa kawasan wisata air terpadu bernama Nijmegen Peninsula. Gedung ini dapat menggabungkan wisata rekreasi air, ekologi sungai, penahan banjir, sekaligus dapat dikembangkan guna pembangunan infrastruktur berkelanjutan.

image004

Elemen kedua adalah api. Api juga digunakan untuk berbagai festival yang ada di Belanda, seperti kembang api dan balon udara. Festifal balon udara musim panas di Belanda merupakan even yang menarik bagi wisatawan. Event Ballon Fiesta yang diselenggarakan oleh Pemerintah kota Barneveld merupakan parade balon udara terbesar dan termeriah di Belanda.

image006

image008

Elemen ketiga adalah tanah. Belanda memiliki tanah yang subur dan cocok bagi bermacam jenis tumbuh tumbuhan. Tata kota Belanda juga terawat dengan rapi dan asri. Taman dengan mudah kita temukan sejauh mata memandang. Berbicara soal taman, di Belanda ada sebuah taman yang merupakan ikon dari Negara tersebut sekaligus taman Bunga terbesar di eropa (The Garden of Europe), yaitu taman Keukenhof di kota Lisse. Keukenhof dibuka setiap tahun di musim semi. Keukenhof merupakan perwujudan dari keberhasilan Belanda dalam menciptakan perpaduan dari penataan ruang, flora serta pemanfaatan tanah.

image009

image010

Elemen yang keempat adalah udara. Udara merupakan elemen yang sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat Belanda. Letak geografis Belanda telah mendorong para ilmuwan Belanda untuk terus melakukan konsentrasi inovasi pada elemen ini. Karena dengan pengaturan ‘udara’ yang baik, dapat menjamin keamanan wilayah ini dari luapan air laut ke daratan di Belanda. Jika berbicara tentang udara-angin-Belanda, pikiran kita akan langsung menuju pada satu hal “Kincir angin”.

Negeri kincir angin, juga merupakan ‘julukan’ dari negeri ini. Julukan tersebut diberikan bukanlah tanpa alasan. Kincir angin banyak tersebar di seluruh wilayah Belanda, sehingga tidaklah sulit untuk menemukan kincir angin bagi wisatawan yang berkunjung ke Belanda. Kincir angin merupakan ‘harga mati’ bagi Belanda. Menurut fungsinya, kincir angin dibagi menjadi dua macam, yakni untuk kebutuhan industri dan untuk kebutuhan penyaluran air. Kincir angin memiliki banyak kegunaan, antara lain menggiling biji-bijian, pembangkit Tenaga listrik, irigasi, mengasah kayu, memproduksi kertas, dan yang paling penting, kincir angin berfungsi sebagai pendorong air ke lautan guna membentuk daratan baru, mengingat wilayahnya berada di bawah permukaan laut. kincir angin tidak hanya merupakan sumber tenaga terbarukan yang ramah lingkungan karena tidak mengandung polusi maupun sampah lainnya, namun juga inovasi yang murah dan hemat biaya. Dari seluruh inovasi Belanda yang dijelaskan sebelumnya, kincir angin merupakan suatu ‘mahakarya’ inovasi yang paling istimewa dari Belanda, karena kita bisa melihat keseimbangan antara elemen tanah, air sekaligus udara dalam pemanfaatanya.

image013

image015

Tidak diragukan lagi kreativitas dalam semua inovasi yang dilakukan Belanda di empat elemen, yaitu tanah, air, udara dan api yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakatnya, namun dapat dieksplorasi secara optimal di bidang pariwisata. Segala kerja keras pemerintah beserta seluruh masyarakat Belanda kini berbuah manis, dengan keindahan negeri ‘kincir angin, tulip, keju, sepatu kayu’ kini berhasil menarik ribuan wisatawan seluruh dunia untuk mengunjungi Belanda dan menikmati keindahan alamnya. Sehingga selain memperkenalkan kebudayaan lokal, juga mendatangkan devisa bagi negara.

Referensi Tulisan:
1. http://debagpacker.com/2013/08/29/balloon-fiesta-barneveld/
2. http://www.beritasatu.com/destinasi/72128-kawasan-wisata-air-terpadu-di-belanda.html
3. http://www.nesoindonesia.or.id/tinggal-di-belanda/geografi
4. http://www.berkuliah.com/2014/07/9-objek-wisata-terbaik-di-belanda.html

Referensi Gambar:
1. http://debagpacker.com/2013/08/29/balloon-fiesta-barneveld/
2. http://energitoday.com/2015/02/13/hasil-survey-terdapat-5-6-titik-potensi-tenaga-angin-untuk-pltb-di-ntt/
3. http://www.bonjourbag.com/blog/tempat-wisata-di-belanda/