250. Si Kembar dari Belanda yang Terlupakan

Penulis : Sara Gabriella
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

“Strijd tegen het water”

Kalimat ini mempunyai makna “perjuangan melawan air”. Menarik sekali bukan? Sebuah kalimat yang secara tidak langsung menyatakan betapa kerasnya orang-orang Belanda mempertahankan keberadaan negara mereka. Sebenarnya hal-hal apa aja sih yang mereka buat untuk melindungi tanah mereka?

Jika seseorang mendengar kata “Belanda” yang terlintas di dalam pikirannya adalah keju, bunga Tulip, kincir angin. Van Gogh, Amsterdam, dan Dam. Dam adalah identitas negara Belanda di mata dunia. Dam bertujuan untuk mencegah masuknya air laut ke negeri kincir angin tersebut. Tetapi upaya untuk menahan air tersebut tidak hanya dengan bantuan dam saja. Dijk dan Duin adalah bantuan bagi Belanda tidak hanya buatan manusia tetapi juga dari alam.

Kata ‘Belanda’ dan ‘Air’ memiliki suatu hubungan spesial yang terbentuk sejak dahulu. Dimanakah orang Belanda tinggal? Sebanyak 27 % penduduk Belanda tinggal di bawah permukaan laut. Letak negara tersebut mengharuskan warganya untuk bekerja sama dengan alam. Dijk dan Duin adalah perpaduan dari hasil kerjasama antara manusia dengan alam sekitar. Kembar ini memiliki satu peran yang sama, yang penting, dan yang tak akan pernah tergantikan yaitu melindungi Belanda dari laut lepas yang mengelilinginya. Bisa dikatakan bahwa tanpa kedua penopang air tersebut, setengah Belanda akan hilang tenggelam dan berada di bawah garis permukaan air.

image002

Apa sih perbedaan Dijk, Duin, dan Dam?

image008
Dijk

image010
Duin

image014
Dam

Secara singkat sebenarnya hal ini sederhana saja. 3D (Dijk, Duin, dan Dam) mempunyai satu peran yang sama-sama penting. Dijk sendiri dibuat oleh manusia, tetapi duin bisa dibilang “dibuat” oleh alam. Dijk dan Duin hanya bersinggungan dengan air pada satu sisi tertentu, tetapi dam bersentuhan dengan air di kedua sisinya.

Dijk berfungsi sebagai tanggul untuk menutupi celah pada duin. Dalam kamus Belanda-Indonesia karya Susi Moeimam dan Hein Steinhauer, dijk memiliki arti tanggul atau bendungan. Dijk dibangun pada wilayah atau bagian Belanda yang tidak terdapat duin. Dijk banyak terdapat di Zeeland. Sekitar lebih dari beberapa ratus tahun lalu, dijk pertama dibuat oleh para penduduk Belanda. Seperti yang sudah dikatakan bahwa dijk dibuat oleh manusia. Dijk tertua di Belanda salah satunya ada di daerah Friesland dengan umur lebih dari 1000 tahun. Pada saat itu tingginya masih sangat rendah hanya sekitar setengah sampai dengan satu setengah meter. Beberapa banjir besar terjadi di negeri kincir angin tersebut menyebabkan beribu-ribu nyawa tertelan oleh amukan ombak yang telah berhasil menembus pertahanan negara Belanda. Untuk mencegah hal tersebut kembali terjadi, mereka memutuskan untuk membuat dijk yang lebih tinggi. Dalam upaya membuat dijk yang lebih kuat, orang Belanda tidak hanya menggunakan pasir tetapi batu dan juga tanah liat. Seiring berjalannya waktu, luas negeri penghasil keju ini semakin besar. Semakin besar wilayah Belanda maka harus semakin tinggi pula dijk yang dibangun.

Sedangkan Duin adalah bukit-bukit pasir yang terbentuk secara alamiah. Dalam kamus Belanda-Indonesia karya Susi Moeimam dan Hein Steinhauer, duin memiliki arti bukit pasir.

Apa sih maksudnya alamiah?

Bagaimana bisa?

Jawabannya adalah angin. Pasir-pasir yang terbawa oleh angin membentuk sebuah gunung pasir kecil yang lama kelamaan semakin besar dan tinggi. Para penduduk menanam pepohonan dan rerumputan diatasnya agar duin tidak tenggelam atau rusak oleh ombak. Walaupun angin yang membawa pasir-pasir membentuk duin, angin juga lah yang merusaknya. Duin terletak di bagian Utara dan Barat Belanda. Jika kamu mengunjungi Belanda dan ingin berjalan di atas duin, kamu harus berjalan di atas jalan setapak yang sudah disediakan. Kenapa? Karena jika kamu menginjak rumput yang ditanam atau tanaman-tanaman lain disekitarnya maka hal itu akan membuat mereka mati.

Tanpa dijk dan duin, tanpa tanggul dan bukit pasir ini beberapa bagian wilayah di Belanda akan tenggelam. Dengan adanya dijk yang merupakan buatan manusia, alam pun membantu orang Belanda melindungi negaranya dengan angin yang membentuk duin. Jika alam sudah turut membantu, hal apa yang bisa kita simpulkan? Hanya satu. Apa itu? Pengakuan bahwa negara Belanda adalah penguasa air. Peran besar dijk dan duin mempertahankan Belanda di atas permukaan laut dan menjadikan Belanda sebagai Atlantis yang tidak pernah tenggelam.

Referensi:

http://www.dijkgraaf.org/glossary.php?woord=Dijk%20of%20Dam

http://www.bsdepiramide.nl/documenten/1415groep5bzaakvakken/meander3.pdf

http://www.watersnoodmuseum.nl/upload/file/BO%20module1.pdf

http://www.voorwegschool.nl/huiswerk/files/2011/09/Blok-6-Samenvatting.pdf

http://www.waddenzee.nl/fileadmin/content/Dossiers/Veiligheid/pdf/Hoogwaterbeschermingsprogramma_brochure.pdf

http://www.juliana-school.nl/starnet/media/Huiswerk/2013-2014/6b/begrijpend_lezen/Aan_de_kust.pdf

http://kbbi.web.id

Kraal, Astrid dkk. 1998. Thema’s met toekomst. Amsterdam: Meulenhoff Educatief.
Moeimam, Susi dan Hein Steinhauer. 2008. Kamus Belanda-Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Referensi gambar:
www.google.com
Kraal, Astrid dkk. 1998. Thema’s met toekomst. Amsterdam: Meulenhoff Educatief.