256. Water Helps Solve Global Issue

Penulis : Arifin Musthafa
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Perhatian –perhatian dilarang buang sampah dikarenakan sampah menjadi salah satu penyebab banjir. Nah loh, tapi lain halnya kalau banjir di Belanda karena disebabkan oleh wilayah daratan yang berada di bawah permukaan laut. Beda halnya dengan pulau-pulau di Indonesia yang berada di atas permukaan laut.

Dulu sekitar abad ke-20 tepatnya tahun 1953 terjadi banjir Laut Utara yang menyebabkan kematian 8.361 dan membanjiri 9% dari lahan pertanian di Belanda. Sejak kejadian tersebut, masyarakat Belanda tidak terus pesimis, akan tetapi mereka optimis untuk menanggulangi banjir.

Sehingga berkat ketekunan dan kreativitas bangsa Belanda, mereka membuat sebuah proyek pembangunan 13 bendungan yang bernama Delta Works Technology yang termasuk diantaranya hambatan, pintu air, kunci, serta tanggul. Sehingga struktur perlindungan banjir dapat mengurangi ukuran garis pantai dan melindungi daerah disekitar delta Rhine-Meuse-Scheldt dari banjir Laut Utara. Karena teknologi yang sangat mutakhir ini dapat mengurangi risiko banjir 1:4000 tahun. Dengan demikian Delta Works diakui sebagai salah satu dari tujuh Keajaiban Dunia Modern oleh American Society of Civil Engineers.

image002
Delta Works Flood Protection

Banyak manfaat dari system banjir Belanda Delta Works diantaranya membantu dalam mengurangi garis pantai dan berdampak pemakaian tanggul berkurang. Proses ini juga membantu pengeringan daerah rendah yang banjir secara teratur dan mengatur aliran air dari laut, serta system tersebut menyediakan air minum dan air bersih untuk irigasi. Selain itu manfaatnya juga dapat meningkatkan lalu lintas jalur darat sebagai jembatan perhubungan antar kota terutama antara Rotterdam dan Antwerpen. Wahhh luar biasa ya dampak dari teknologi hebat yang satu ini. Sungguh masyarakat Belanda ketika memiliki ide mereka tidak tanggung-tanggung untuk mengaplikasikannya. Dan hal ini yang menjadikan pelajaran untuk bangsa Indonesia untuk maju.

image003
Water & Delta Technology

Nah sekarang kita masuk sejarah bendungan pertama yang dibangun. Bendungan “The Hollandse Ijssle Storm Barrier” adalah struktur pertama Delta Works yang mulai beroperasi pada tahun 1958. Bendungan ini untuk menjaga keamanan daerah Randstad di bagian barat Belanda, yang merupakan daerah rendah dan daerah paling padat penduduk di Belanda.

Selanjutnya bendungan Haringvliet Dam yang selesai pada tahun 1971 terdiri dari 17 pintu air yang mengatur aliran air dari Rhine dan Maas ke laut utara dan melindungi sungai-sungai dari banjir Laut Utara. Fungsi bendungan salah satunya untuk melindungi perairan sungai selama musim dingin dan mengontrol masukya air asin dari laut ke sungai.

image005
The Hollandse Ijssle storm barrier

Nah, demi memberikan bukti nyata terhadap kepedulian antar sesame terhadap lingkungan sekitar, Belanda mencoba menangani kasus di atas, dan sangat terkenal dengan sebutan Water & Delta Technology. Kesuksesan dari teknologi ini tidak hanya untuk menanggulangi banjir semata. Akan tetapi, system ini juga dapat dijadikan penahan air asin yang masuk ke sungai sehingga ekosistem dalam air tawa di sungai dapat lebih terjaga dengan baik.

Selain itu keberhasilan bangsa Belanda tidak lepas dari factor kebudayaan setempat yaitu masayarakat dapat dengan mudah berkreasi dan inovasi yang didukung oleh pemerintah. Meskipun bangsa Belanda telah berkembang pesat dalam kecanggihan teknologi, tapi mereka memiliki sifat tidak cepat puas dengan apa yag sudah dikerjakan. Moto mereka ialah terus berkarya dan menjadi pelopor bangsa-bangsa lain.

Referensi:
1. http://www.fotovlieger.nl/project/201007_stormvloedkering_hollandse_ijssel
2. http://www.westholland.nl/water-delta-technology
3. http://www.westholland.nl/water-delta-technology
4. http://www.hollandtrade.com/sector-information/water/water-technologies/?bstnum=4887