261. Tidak Hanya Memfilter Udara, Baju Masa Depan ini pun Dilengkapi Wifi dan GPS

Penulis : Lufthi Noorfitriyani
Tema : Air
=========================================================================================================================================================
image002

Pada event Beijing Design Week tahun 2014 yang lalu dipamerkan sebuah baju yang didaulat sebagai baju masa depan. Baju tersebut menarik perhatian banyak orang karena fungsinya yang Maha Keren, selain bisa membersihkan udara di sekitar pemakai, baju ini dilengkapi juga dengan wifi dan gps. Adalah Desainer Borre Akkersdijk dari ByBorre dan Eva de laat, Martijn ten Bhomer dari Universitas Teknik Eindhoven, Daan Spangenberg, StudioFriso dan Majalah WANT yang berkolaborasi menciptakan baju High Tech bernama BB. Suits 0.2 ini. Orang-orang dari Belanda ini menunjukkan kepiawaiannya dalam inovasi yang menggabungkan teknologi dan ilmu pengetahuan dengan seni dan fashion. Ide pembuatan baju ini muncul dari pertanyaan “Bagaimana kita memelihara kesehatan dari orang-orang yang tinggal di lingkungan kota yang penuh polusi, contohnya kota metropolis di China?” maka lahirnya BB.Suits 0.2 ini merupakah jawaban dari kompleksnya masalah mengenai polusi di berbagai belahan dunia, selain itu baju ini juga memperlihatkan proses produksi yang inovatif dan mengenalkan bahan berteknologi tinggi yang wearable.

image004
Material yang digunakan dalam pembuatan BB.Suits 0.2 (sumber : www.dezeen.com)

BB.Suits 0.2 ini merupakan produk yang mengintegrasikan sensor dan benang elektrik, benang elektrik tersebut ditenun dan dijadikan bahan untuk membuat baju pada bagian badan dari bahu sampai lutut, sedangkan untuk bagian lengan dan tudung menggunakan kain standar. Fungsi utama dari baju ini adalah memfilter atau membersihkan udara di sekitar pemakainya, menggunakan teknologi yang mampu memisahkan oksigen dan molekul-molekul biasa menjadi radikal bebas yang reaktifnya yang tinggi terhadap bakteria, virus, gas beracun, jamur, dan partikel debu. Teknologi muktakhir tersebut adalah Teknologi cold plasma yang dikembangkan oleh Squair, teknologi ini memungkinkan untuk menyaring udara dan mengubahnya menjadi udara bersih, beginilai cara BB.Suits 0.2 membersihkan udara tersebut

image006

image008
Metode filter pada BB. Suits 0.2 (Sumber www.want.nl)

Sulit dipercaya di dalam lapisan kain BB. Suits 0.2 yang lebih tipis daripada lapisan burger ini terdapat teknologi canggih berupa lapisan-lapisan filter untuk membersihkan udara. Ditambah lagi baju ini dilengkapi sensor yang mengukur kualitas udara seperti tingkat gas karbon monoksida, methanol, debu dan konsentrasi LPG. Sensor ini dipasang di sekitar dada dan terhubung ke chip komputer tersembunyi yang melacak dan mengirim data tentang tingkat polutan dari sensor tersebut. Data tersebut kemudian dikumpulkan lalu diinformasikan agar masyarakat bisa menghindari daerah dengan tingkat polutan yang tinggi juga bisa dimanfaatkan pemerintah dalam mengatur emisi kendaraan dan dalam memberikan treatment.

image010

Keunggulan lain dari BB. Suits 0.2 ini adalah dari cara pembuatannya yang menggunakan jahitan tanpa kelim sehingga tidak ada material kain yang terlipat dan menjadi mubazir. Sayangnya walaupun baju ini berfungsi dengan baik dan aman, para penciptanya belum menargetkan baju ini sebagai produk untuk dijual di pasaran, mereka menggunakan BB. Suits 0.2 ini sebagai langkah awal atau platform untuk menciptakan teknologi lain yang lebih keren dan wearable oleh orang banyak. Kalau begitu mari kita tunggu inovasi mengejutkan di masa depan dari para kreator BB.Suits 0.2 ini.

Sumber :

http://www.dezeen.com/2014/09/28/bb-suit-air-purifying-garment-byborre-eva-de-laat/

http://www.want.nl/by-borre-bb-suit-0-2-wearable-clean-air/

http://irenebrination.typepad.com/irenebrination_notes_on_a/2014/12/bbsuit-02.html