262. Belanda: Hemat Energi Tak Berarti Minim Inovasi

Penulis : Yoanita Indira
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Sektor energi memberikan kontribusi besar bagi pendapatan nasional Belanda. Sebagian besar struktur perekonomiannya pun berkutat di ranah energi. Gas yang dikonsumsi Eropa, 15-20% dihasilkan oleh negeri kincir angin ini. Untuk memastikan ketersediaan energi di masa depan, Belanda pun harus berinovasi menciptakan energi yang efisien dan dapat diperbarui agar kelak anak cucu masih dapat menikmati.

Theodore Roosevelt pernah berkata, “We should not forget that it will be just as important to our descendants to be prosperous in their time as it is to us to be prosperous in our time.” Belanda juga menerapkan prinsip yang sama. Beragam cara diupayakan supaya di masa depan warganya tidak perlu takut kekurangan sumber energi. Didirikannya Energy Innovation Park, menjadi salah satu langkah keseriusan pemerintah dalam rangka penghematan energi. Berlokasi di Alkmaar, provinsi Noord-Holland, ‘taman’ ini nantinya akan menjadi pusat inkubasi bagi perkembangan teknologi energi yang semakin meningkat kebutuhannya.

image002
Sumber: http://www.energypark.nl/

Namun tidak sedikit orang yang berpikir bahwa isu-isu tentang penghematan energi sangatlah membosankan dan tidak menarik. Apa sih untungnya? Oleh karena itu Michel Smit bersama rekan-rekannya mendirikan Energy Floor, sebuah perusahaan yang fokus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap energi. Produk dari Energy Floor adalah Sustainable Dance Club, lantai dansa yang bisa digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Cara kerjanya simpel, semakin banyak orang yang menari dan berdansa maka semakin banyak pula listrik yang dihasilkan. Jika setiap orang yang berdansa rata-rata menghasilkan energi sebesar 20 W, maka dengan 2 orang saja dapat menyalakan sebuah lampu! Bayangkan, berapa banyak biaya yang bisa dihemat dengan mengaplikasikan teknologi ini, bukan?

image006

image004
Sumber: http://www.sustainabledanceclub.com/

Pemerintah Belanda juga berupaya membuat setiap rumah dan bangunan (perkantoran, pertokoan, dan sekolah) menjadi lebih ramah lingkungan dan hemat energi. Salah satu kebijakan yang dibuat adalah dengan membatasi penggunaan alat pendingin dan pemanas ruangan, masing-masing di angka 12 dan 20 kW. Apabila melebihi batas, akan dilakukan inspeksi. Menanggapi kebijakan tersebut, sebuah produk pemanas ruangan bernama Nerdalize hadir menjawab kebutuhan akan efisiensi energi. Boaz Leupe yang berasal dari YES!Delft menciptakan pemanas ruangan dengan menempatkan server komputer di rumah-rumah tangga agar panas yang dihasilkan oleh server dapat mengalir ke setiap sudut ruangan. Selain menjadi win-win solution bagi industri dan perumahan, Nerdalize juga mampu menghemat biaya pemanas hingga 50% lho!

image008
Kiri-kanan: Mathijs de Meijer, Boaz Leupe, Florian Schneider
Sumber: http://www.yesdelft.nl/

image010
Sumber: http://www.nerdalize.com/

Dengan banyaknya inovasi yang dilakukan, rasanya tidak berlebihan apabila pemerintah Belanda menargetkan pada 2050 seluruh wilayahnya memiliki sistem energi yang sustainable, reliable, dan affordable. Belanda sudah memulai penghematan energinya sejak dini untuk menciptakan sumber energi yang tak terbatas di masa depan. Hal itu menjadi wajar karena generasi muda Belanda selalu mau memacu diri untuk menjawab tantangan di negaranya. Seperti kata Perdana Menteri Mark Rutte, “Never waste a crisis.”

Sumber:
http://www.yesdelft.nl/DetailsCompany/companyid/108 diakses pada 22 April 2015
http://www.nerdalize.com/ diakses pada 22 April 2015
http://www.solarteameindhoven.nl/stella/ diakses pada 22 April 2015
http://www.hollandtrade.com/sector-information/energy/?bstnum=4913 diakses pada 24 April 2015
http://www.nytimes.com/2008/10/24/world/europe/24rotterdam.html?_r=4 diakses pada 24 April 2015
http://www.sustainabledanceclub.com/ diakses pada 24 April 2015
http://www.government.nl/issues/entrepreneurship-and-innovation/investing-in-top-sectors/energy diakses pada 24 April 2015
http://www.government.nl/issues/energy-policy/saving-energy diakses pada 24 April 2015
http://www.energypark.nl/ diakses pada 24 April 2015