267. Hue : Smartlight ala Holland

Penulis : Ledi Anggara
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Bosan dengan lampu kamar Anda yang hanya bisa dihidup-matikan?

Jengkel karena harus menekan-nekan sakelar untuk mematikan atau menghidupkannya?

Tenang aja, sekarang ada inovasi baru dari lampu sebagai pencahayaan ruangan. Di tangan para pemikir Belanda, teknologi pintar yang selama ini hanya diaplikasikan pada gadget sekarang di kombinasikan dengan lampu. Hue merupakan produk besutan perusahaan Belanda, Royal Dutch Philips Electronics Ltd., atau yang lebih kita kenal sebagai perusahaan Philips. Besutan baru Philips ini mengusung konsep smartlight, diman lampu LED yang berada diruangan kita bisa dikoneksikan dengan smartphone dengan menggunaakan gelombang wi-fi yang dihubungkan oleh perangkat yang dinamakan The Bridge. Satu buah The Bridge bisa menghubungkan 50 lampu dengan smartphone lo.

image001 (2)
Hue Philips.
Source : meethue.com

Adapun OS smarthphone yang mendukung piranti tambahan berupa smartlight ini antara lain iOS 6.0 yaitu iPhone (3GS, 4, 4S, 5) , iPad (2nd, 3rd, 4th generation),iPad Mini, iPod (touch 3rd, 4th, 5th generation) dan juga sudah di coba untuk android 2.3 dan diatasnya (Galaxy S2, S3, Note, Note 2, Galaxy tablet 8.9″, 10.1″, Galaxy Ace 2, Google Nexus 7, Sony Xperia S, HTC One X). Sedaangkan penggunaannya bisa digunakan pada temperature antara 0 hingga 40 derajat celsius, dengan kelembaban antara 0 hingga 80 persen.

Nah, dengan smarlight ini, kita bisa mengatur pencahayaan sesuai dengan yang kita inginkan. Smartlight ini memiliki beberapa pengaturan, antara lain Energizing, Concentrate, Reading, Sleep. Mode energizing bisa kita gunakan setelah berolahraga untuk meningkatkan energi kita yang sudah terbuang. Mode conccentrae bisa kita gunakan pada saat belajar, dengan pencahayaan pada mode ini, konsentrasi kita akan lebih tinggi karna efek pencahayaan yang diberikan. Sedangkan mode reading bisa kita gunakan saat kita sedang membaca santai di ruangan atau kamar kita, dan mode sleep tentunya bisa kita gunakan pada saat kita terlelap. Selain itu, kita juga bisa mengatur pencahayaan ruaangan seolah-olah kita beradaa di pantai dengan sunset romantisnya, dan kita bisa mengatur suasana dinner yang romantis tentunya.

image003
Pilihan Mode Hue Smartlight
Source : meethue.com

image004
Pengaturan Pencahayaan untuk Dinner Source : meethue.com

Selain banyaknya mode yang dapat kita gunakan, smartlight ini juga memungkinkan kita untuk mengatur alarm. Pada saat pagi hari, alarm yang sudah kita setting akan membangunkan kita dengan pencahayaan serupa dengan sunrise yang sangat indah, atau kita bisa mengaturnya dengan pencahayaan yang berbeda. Atau kita bisa mengetahui notifikasi berupa pesan atau panggilan pada smartphone kita hanya dengan kedipan atau perubahan pencahayaan di ruangan kita.

image003
Pengaturan Alarm
Source : http://meethue.com

Yang terakhir, selain menawarkan permaainan pencahayaan pada ruangan kita, smartlight ini bisa mebingkatkan keamanan rumah kita pada saat kita berada di luar. Kiat bisa menghidup-matikan lampu dari manapun dan kapanpun dengan smartphone kiat seolah-olah ita berada di dalam rumah.

Nah, keren nggak?. yang bikin tambah keren ialah, Hue memenangkan beberapa penghargaan bergengsi di bidang gadget, diantaranya Stuff Gadget Awards 2013 sebagai Home Gadget of the Year, Platinum Award pada Singapore Good Design Mark Award 2012, dan Hue juga menjadi finalist di beberapa ajang penghargaan bergengsi lainnya.

Source :

http://www2.meethue.com/en-gb/what-hue-does/health-and-wellbeing/

http://www.newscenter.philips.com/sg_en/standard/news/press/2014/20140314-platinum-award.wpd#.VTsZ6JPp9WF

http://www.slashgear.com/philips-hue-lightstrips-and-bloom-review-09293300/

http://www2.meethue.com/en-gb/what-is-hue/the-system/

http://www.stuff.tv/features/stuff-gadget-awards-2013-philips-hue-ambilight-our-home-gadget-year