271. GOWES FOR FRESH AIR ALWAYS, ORANG BELANDA MANIAK SEPEDA

Penulis : RAHMAT SUBARKAH
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Kalau kamu lagi jalan jalan ke Eropa, lalu kamu lihat sekeliling kamu dimana-mana ada orang yang lagi mengendarai sepedanya, kemungkinan besar kamu sudah sampai di Belanda.Yup, orang Belanda memang boleh di bilang “gila” bersepeda.Mau Tua atau muda, anak-anak atau kakek-kakek, semua gemar ngegowes.Kendaraan yang memiliki nama asli Velocipede (diserap ke Bahasa Indonesia menjadi sepeda) bahkan telah menjadi kendaraan untuk seluruh anggota keluarga seperti foto dibawah ini.

image001
Pemandangan yang tidak akan asing ditemui di Belanda

“haha, orang Belanda kere-kere ya sampai nggak bisa beli mobil atau motor”

oops, You must be kidding right?Belanda itu salah satu Negara yang masuk kategori negara maju di dunia.Nilai produk Domestik Brutonya aja setara sama Indonesia.Bayangin Guys, negara yang cuma seluas Jawa Timur punya nilai transaksi produk yang sama kayak Indonesia secara keseluruhan.Belum lagi pendapatan perkapita negeri Raja Willem-Aleksander itu yang mencapai 39.000 USD per tahun sehingga berhak menempati posisi kesepuluh secara global.So, kenapa harus naik sepeda?

Banyak jalan menuju Roma, Banyak Alasan naik sepeda.Mungkin itu yang ada di pikiran orang Belanda.Dulu, revolusi bersepeda di Belanda lahir karena banyaknya insiden kecelakaan mobil yang banyak menewaskan anak-anak.Kini, tantangan perubahan iklim membuat sepeda tetap di hati masyarakat Belanda.Nggak cuma lip Service loh, buktinya dari 2007 sampai 2010 aja Pemerintah Belanda menggelontorkan 70 juta Euro (duit semua loh) buat meningkatkan penggunaan sepeda di Amsterdam saja.Wow.

image002

image003
Investasi untuk sepeda terbukti bermanfaat

Nggak perlu menunggu lama buat memetik hasil dari investasi tersebut.Kalau sebelumnya ada 42 hari kalender dalam setahun dimana polusi partikel yang tergolong PM10 melampaui batas aman, sekarang tinggal 3 hari saja dalam setahun.Sepeda memang kendaraan yang ramah lingkungan.Polusi udara yang dihasilkan oleh sepeda nol alias kosong.Sudah begitu sepeda juga irit banget karena nggak butuh bensin, Cuma butuh air putih sama roti aja.

Terus, apasih enaknya naik sepeda di Belanda?jawabannya Cuma satu, BANYAK.

Pengguna sepeda disana tuh dimanjaain banget, bahkan ada istilah Bike is right.Kalau di Indonesia Pesepeda masih minoritas sehingga pesepeda seakan nggak punya hak di jalanan.Disana mobil akan berhenti mengutamakan pesepeda atau pejalan kaki yang mau menyeberang.Ya iyalah Sob, soalnya 27% perjalanan di Belanda dilakukan dengan sepeda dan 25 % orang Belanda ke kantor naik sepeda.Bahkan populasi sepeda di Belanda lebih tinggi loh dari jumlah penduduknya sendiri.Kok bisa ya?apa orang belanda bisa naik dua sepeda sekaligus.haha

Negara yang telah melahirkan banyak Ilmuwan dan belasan peraih Nobel ini memang terkenal inovatif.Tahun lalu Belanda menempati posisi 5 negara paling inovatif di dunia, satu tingkat diatas Amerika Serikat.Makanya, nggak sedikit inovasi yang dikembangkan, termasuk untuk meningkatkan minat penggunaan sepeda supaya udara disana semakin bersih dan ramah buat manusia.Berikut diantaranya.

Panjang jalan khusus sepeda di Belanda itu lebih dari 19.000 Km, salah satu yang terpanjang di dunia.Nah, buat kamu para pecinta seni terutama lukisan, tau dong lukisan Starry night karya maestro lukis Belanda Van Gogh.Lukisan itu sekarang menjadi lebih hidup karena ada jalan khusus sepeda yang bisa berubah jadi lukisan legendaris itu dikala malam hari.SolaRoad, jalanan sepeda di Krommenie ini resmi dibuka akhir 2014 lalu.Konsepnya adalah sama seperti solar cell dimana kalau siang hari jalan ini mengisi energinya dari sinar matahari namun tetap aman untuk dilalui, lalu pada malam harinya energi tersebut digunakan untuk menghidupkan lampu-lampu yang tertanam di jalanan membuatnya bak kanvas yang telah dilukis Vincent van Gogh.

image004
SolaRoad di siang hari (kiri) dan SolaRoad dimalam hari (kanan)

Kalau kita naik sepeda, apa sih yang paling kita takutin?ya, salah satunya kita pasti takut terserempet mobil atau motor karena berebutan jalan.Hal kayak gitu hampir pasti nggak bakal terjadi deh di Belanda.Apalagi di bundaran(Roundabout) Hovenring di Eindhoven yang satu ini.

image006
Penampakan Hovenring

Di jalan ini pesepeda punya jalur khusus berupa jalan melingkar yang melayang disangga kawat suspender yang gede banget.Jadi pesepeda dapat berkendara seakan melayang diatas lalu lintas
kendaraan bermotor.Keren ya!

“tapi kan kalau naik sepeda itu lelet banget, bisa-bisa telat terus kalo ke sekolah”.
Nggak usah khawatir Sob.Belanda memang kreatifitasnya jempolan deh.Pada 2013 lalu, mahasiswa dari universitas top di Belanda yaitu TU Delft berhasil memecahkan rekor dunia dengan inovasi sepeda yang super aerodinamis bernama VeloX3.Kecepatan saat itu mencapai 133,7 Km/jam.Wuuush, nggak sampai sejam Jakarta dari selatan ke utara bisa ditempuh.

image007
VeloX3

image008
Begini cara mengendarai VeloX3

Kesimpulannya, Selain Belanda itu inovatif dan pinter-pinter orangnya.Belanda itu juga peduli banget sama yang namanya lingkungan.Jadi, kalau kamu main-main ke Belanda, jangan deh sok gengsi gak mau naik sepeda.Kalau di Belanda, nggak gowes gak keren.
“I want to ride my bicycle.I want to ride my bike
I want to ride my bicycle.I want to ride it where I like”
-Bicycle Race- Queen

Referensi

http://wwf.panda.org/?204376/Amsterdam-cycling

exploringangobservingcities.files.wordpress.com
www.bbc.com
www.wikipedia.org

http://www.fietsberaad.nl/library/repository/bestanden/CyclingintheNetherlands2009.pdf

https://www.mindtalk.com/channel/sepedah/post/belanda-negara-yang-gila-sepeda-510407490098488181.html

http://www.npr.org/blogs/thetwo-way/2014/11/10/363023227/solar-bike-path-opens-this-week-in-the-netherlands

www.roadswerenotbuiltforcars.com/netherlands/
Sumber gambar
Gambar I : www.bbc.com
Gambar II : clipartpanda.com
Gambar III : solaroad.nl
Gambar IV : inhabitat.com
Gambar V : huffingtonpost.ca
Gambar VI : darkerside.org
Gambar VII : btt.com.ar