272. Panel Surya dalam Sebuah Jalan

Penulis : Riza Nurul Afsari
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Ketika kita mendengar kata “jalan”, sudah pasti ada hubungannya dengan kendaraan. Ketika mendengar kata “kendaraan”, sudah pasti ada hubungannya dengan polusi. Ketika mendengar kata “polusi”, sudah pasti kita jenuh dengan kondisi ini. Betul kan??

image001
Menghirup Udara Segar (Sumber:https://ulfahpoetry.blogspot.com)

Nah, sepertinya dengan kondisi ini masyarakat mulai sadar dengan lingkungan. Manusia sebagai pengguna oksigen pasti mengharapkan udara yang bersih dari polusi. Salah satu negara yang sadar akan hal ini adalah Belanda. Buktinya, Belanda menduduki peringkat pertama sebagai negara pengguna sepeda terbanyak di dunia. Bayangkan saja negara dengan jumlah penduduk 16.652.800 jiwa ini mempunyai jumlah sepeda sebanyak 16.500.000 unit dengan jumlah pengendara lebih dari 99,1%. Maka dari itu sangat besar kemungkinan pemerintah dalam meningkatkan kualitas jalan dan memperpanjang jalur sepeda. Jalur sepeda yang ada di Belanda saat ini terbentang sepanjang 35.000 km sehingga menunjang lebih banyak pengguna sepeda.

Belanda merupakan negara yang erat kaitannya dengan beragam inovasi. Sebagai negara yang hanya memiliki wilayah kecil, Belanda tidak ada hentinya untuk memanfaatkan teknologi dan sumber daya yang dimilikinya walaupun sifatnya terbatas, baik itu sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Pantas saja negara ini sudah termasuk ke dalam kategori negara maju. Banyak inovasi teknologi di Belanda yang besar manfaatnya untuk penghematan energi yang ramah lingkungan. Inovasi ini tidak akan terwujud dan hanya jadi wacana jika tidak didukung pemerintah dan warga negaranya. Namun, pada kenyataannya di negara kincir angin tersebut sudah banyak terwujud inovasi yang terbarukan. Hal ini mengindikasikan bahwa pemerintah sangat mendukung semua yang berhubungan dengan inovasi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya yang bebas dari polusi sehingga bisa hidup sehat.

image002
Rancangan Pembangunan Jalan (Sumber:http://www.grotescheur.nl)

Kontur daratan di negeri van oranje itu bersifat datar, tidak seperti di Indonesia yang memiliki banyak pegunungan sehingga bentuk jalannya berkelok-kelok. Dengan kondisi seperti itu, Belanda bisa membangun jalan raya dengan lebih mudah. Siapa sangka ternyata dengan berkembangnya zaman, jalan raya pun tidak lagi berbahan dasar aspal. Saat ini panel surya yang kita ketahui hanya bisa dipasang di atap bangunan ternyata bisa juga dipasang di daratan sebagai jalan.

Hebat kan, guys??, coba saja kalau di negara tropis kita juga dibuat seperti itu yaa… Pasti akan menyerap energi yang lebih besar dari panasnya sinar matahari.

“SolaRoad”. Itulah nama inovasi yang dibahas di artikel ini. SolaRoad merupakan cara pemanfaatan jalan raya untuk menyimpan energi matahari yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. Namun, kualitas tenaga surya SolaRoad 30% lebih rendah daripada yang ditangkap panel surya di atap rumah. Hal ini dikarenakan biaya instalasi dan pemeliharaan yang masih mahal. SolaRoad yang dibuat ini merupakan panel surya berlapis kaca tebal yang tahan akan tekanan beban berat. Selain itu juga dilapisi plastik transparan anti licin untuk keamanan pengguna jalan agar tidak tergelincir.

image003
Struktur Lapisan SolaRoad (sumber: http://www.grotescheur.nl)

Untuk tahap awal pembuatan SolaRoad akan dilakukan pada jalur sepeda di kota kecil bernama “Krommenie”. Setiap meter persegi SolaRoad bisa menghasilkan 50-70 kwh energi per tahun. Uji coba pembuatan jalur SolaRoad 70 meter akan diperpanjang jadi 100 meter (tahun 2016 mendatang).

image004
Pemanfaatan Energi SolaRoad pada Malam Hari (Sumber:http://www.engineeringnet.nl)

Pada malam hari SolaRoad akan menyumbang energi listrik yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena listrik lebih banyak digunakan pada malam hari. Panas matahari yang disimpan pada siang hari akan mengalirkan energi listrik ke lampu penerangan jalan dan rumah-rumah penduduk sehingga lampu dapat menyala. Pembuatan SolaRoad ini selain berguna untuk menyumbang energi listrik, juga berguna untuk penghematan pengeluaran ekonomi masyarakat. Untuk rencana kedepannya, jalur semacam ini bisa digunakan untuk mengisi ulang daya baterai pada kendaraan bertenaga listrik. Dengan adanya SolaRoad, maka gairah masyarakat untuk memanfaatkan jalan akan lebih tinggi dan secara tidak langsung menarik minat penduduk untuk bersepeda, sehingga akan mengurangi polusi udara dan pencemaran suara dari kendaraan bermotor. Selain itu dengan semakin sedikitnya pengguna kendaraan bermotor maka akan mengurangi konsumsi bahan bakar minyak negara. Hal ini secara tidak langsung akan mengurangi eksploitasi minyak sehingga dapat memperpanjang masa penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Polusi udara sebagai penyebab kerusakan bumi yang sudah kita rasakan memang harus segera ditangani. Suhu udara sekarang meningkat lebih panas dan cuaca menjadi ekstrem serta mudah berubah tidak sesuai dengan musimnya. Gas dari kendaraan bermotor, penggunaan AC, asap rokok, asap dari kebakaran hutan, pembakaran sampah dan lain-lain menimbulkan rusaknya lapisan ozon sehingga membuat pelindung lapisan bumi itu terkikis. Tentunya tidak ada manusia yang mau menanggung bencana akibat itu semua. Maka dari itu mari kita mulai gaya hidup sehat seperti yang dilakukan oleh penduduk Belanda. Kesadaran untuk menyelamatkan bumi ini harus digencarkan. Perubahan gaya hidup dan inovasi teknologi yang ramah lingkungan seperti yang dilakukan di negara Belanda tersebut patut kita contoh sebagai gebrakan untuk hidup yang lebih baik.

Let’s save our future!

Sumber:
http://www.mediaindonesia.com/mipagi/read/5960/Jalur-Sepeda-Sumber-Energi-Terbarukan/2014/11/14 diunduh 18 April 2015 pukul 21:39
http://teknologi.inilah.com/read/detail/2156875/solaroad-jalur-sepeda-penghasil-tenaga-listrik diunduh 21 April 2015 pukul 06:47
http://bobo.kidnesia.com/Bobo/Info-Bobo/Bobo-File/10-Negara-Paling-Banyak-Sepeda diunduh 20 April 2015 pukul 19:28
http://id.wikipedia.org/wiki/Negara_maju diunduh 21 April 2015 pukul 19:02