275. Belanda Sang Negeri Avatar

Penulis : Durrotul Firdaus
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Siapa yang tidak kenal dengan sosok multidimensi Aang yang jadi pemeran utama dalam kisah “Avatar” ?

image001

Ya, mungkin karena tanda panah paten di keningnya itulah yang membuat kita refleks memanggilnya Avatar sang pengendali 4 elemen dengan kekuatan utamanya Angin atau Udara. Lalu dimanakah Avatar lahir? Apa jangan-jangan di Belanda? upss…

Terkadang otak ini suka berkhayal kalau Belanda ialah tempat dimana Avatar dilahirkan. Bukan tanpa sebab, karena negara yang memiliki armada kincir angin yang luar biasa sehingga menjadi salah satu label negara ini selain karena keindahan bunga tulipnya itu sekilas menggambarkan betapa besar kekuatan pengendali udara yang dimiliki Belanda, layaknya negeri Avatar..

“Bumi Kupijak, Inovasi Tiada Usai” mungkin ini memang pepatah yang pas memanggil negeri satu ini. Betapa tidak, generasi per generasinya menciptakan berbagai inovasi dalam membangun negaranya sendiri. Bahkan Belanda ialah negara yang pertama kali menciptakan daratannya sendiri. Pantas saja jika Belanda atau dengan nama lain Netherlands tersebut dapat menyabet gelar sebagai Most Innovative EU Country (urutan 5), dan menempati urutan ke 6 negara terinovatif berdasarkan Global Innovative Index (GII) di tahun 2012. Karya-karyanya mencuat sebagai kekuatan baru di berbagai sektor yang ada di dunia.

Namun kali ini bukan untuk membahas soal teknologi kincir angin, yang sudah biasa kita dengar. Jika kita menonton serial Avatar, kita pasti mengenal Appa seekor lembu raksasa yang dikendarai oleh Aang yang dapat terbang di udara maupun berjalan di darat dan air. Wah hebat bukan? Iya hebat seperti hal nya teknologi yang diciptakan oleh Negara Tulip Belanda. Sebut saja Mobil Terbang Spark dan Pal-V Europe NV yang sebentar lagi akan berhasil mewujudkan mimpi-mimpi akan adanya mobil terbang di dunia ini.

image002

Pal-V, mobil terbang ciptaan Spark dan Pal-V Europe NV ini merupakan kendaraan yang dapat dikemudikan baik di jalan maupun di udara. Kendaraan ini juga dapat berubah dengan mudah dan cepat dari mode drive ke mode terang (fly). Bersama 25 desainer serta kreator yang berpengalaman, dipimpin oleh Robert Barnhoorn, MSc dan Maarten Wilming MSc, Spark membuat sebuah prototype PAL-V yang dapat dikemudikan di jalan maupun di udara yang saat ini sedang diuji secara berkala. Kendaraan ini didesain hanya memiliki roda tiga dengan maksud agar pengendara dapat memiringkan motor semudah mengendarai sepeda motor, namun seaman dan senyaman mengendarai mobil. Tidak hanya itu, PAL-V ternyata memenuhi persyaratan sertifikasi yang paling ketat dari RDW en ILT (formerly IVW), kendaraan menggunakan atmosfer yang lebih rendah (di bawah 1200 meter), di bawah jalur penerbangan sibuk, dapat diterbangkan dalam kondisi VFR.

image003

Selain bentuknya yang mungil, mobil terbang ini juga dilengkapi sistem kontrol rotor untuk melipat sayap dan baling-baling. Mobil terbang ini sangat cocok untuk digunakan sebagai kendaraan ambulans, polisi, tim sar, angkatan militer, maupun orang-orang bisnis dan tentunya sangat cocok untuk digunakan di daerah dengan infrastruktur transportasi yang kurang memadai. Yang terpenting adalah terhindar dari kemacetan dan dapat mencapai daerah yang jauh dalam waktu yang singkat. Beberapa waktu lalu sekitar tahun 2012-2013 otomotif ini mulai dipasarkan. Untuk mendapatkan Pal-V One, konsumen harus mengucurkan dana cukup banyak, yakni US$295.000 atau sekitar Rp3,5 miliar.

image004

http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2012/05/04/mobil-terbang-harry-potter-berhasil-dibuat-di-belanda-460520.html

Hebat kan inovasi dari Belanda? Hmmm, bayangkan saja bila mobil terbang ini ada di Indonesia, penanganan bencana dan macetnya ibu kota pasti teratasi Semoga inovasi-inovasi kreatif dari Belanda tersebut dapat memotivasi kita, rakyat Indonesia untuk lebih kreatif menciptakan inovasi baru.

Sumber referensi:
Vivanews.com

http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2012/05/04/mobil-terbang-harry-potter-berhasil-dibuat-di-belanda-460520.html