278. Yuk Ke Belanda Naik Zandmotor

Penulis : DURROTUL FIRDAUS
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Ratusan mungkin hingga ribuan orang kini sedang berebut mengirim tulisan terbaiknya dalam Holland Writing Competition 2015 ini, sampai-sampai mungkin saja inbox emailnya sudah tidak cukup menampung antusias peserta yang berjilbun mengikuti kompetisi yang hampir 2 tahun ini baru diadakan kembali setelah tahun 2013 lalu. Aspirasi yang besar ini dilatar belakangi karena adanya harapan besar bisa menginjakkan kaki di Negeri Van Orange tersebut.

Harapan besar itu tidak mungkin sekedar harapan yang seketika muncul. Harapan itu terlahir karena adanya rasa kagum dan penasaran kepada negara yang memiliki berbagai gelar dan penghargaan karena inovasi tiada usainya, salah satunya pada tahun 2014, kapabilitas dan hasil inovasi Belanda menempatkan negara ini di peringkat kelima setelah Swiss, Inggris, Swedia dan Finlandia pada Global Innovation Index, yang dipublikasikan oleh Cornell University, INSEAD dan World Intellectual Property Organization.

Kalau “Belanda si Negeri Kincir Angin” sepertinya itu sudah biasa kita dengar, mungkin semua warga dunia sudah tahu. Namun tahu gak sih kalau di negara tersebut memiliki teknologi motor penggerak. Hey, tapi jangan kira itu motor yang biasa kita gunakan untuk jalan-jalan ke pasar ya, bukan.
Sebut saja “Zandmotor” atau Motor Pasir. Apa sih itu?

image001

Inovasi yang diciptakan dengan prinsip ramah lingkungan tersebut dicetuskan oleh otoritas Provinsi Zuid-Holland bersama Rijkswaterstaat, dalam menyikapi agenda lima tahunan yang biasa mengisi ulang kekurangan pasir dan menambah deposit pasir di daerah lepas pantai. Cara kerjanya cukup sederhana. Cukup dengan membangun semenanjung berbentuk kait dan mendepositkan sejumlah besar pasir, teknologi ini memungkinkan alam yang bekerja untuk membawa pasir ke tempat yang tepat. Hal ini tentu saja menjadi solusi penghematan biaya pertanahan. Selain itu, Zandmotor menjadi jawaban bagi keamanan wilayah pesisir dan menciptakan ruang alam tambahan untuk berekreasi.

Sebagai percobaan pertama dalam jenisnya, teknik ini terus menerus dipantau oleh para ilmuwan untuk memastikan Zandmotor bekerja sesuai harapan. Penempatan pasir pertama kali dilakukan pada Januari 2011. Hanya dalam waktu sembilan bulan, perkembangan luar biasa terjadi. Teknologi ini sudah menciptakan semenanjung dengan luas 100 hektar, atau sekitar 200 kali lapangan sepak bola. Harapannya, dalam sepuluh atau dua puluh tahun mendatang, negara ini dapat menghasilkan 35 hingga 40 hektar pantai dan bukit pasir baru. Perluasan ini memang sangat dibutuhkan, apalagi bagi daerah konurbasi Randstad yang wilayah alaminya banyak terkorbankan untuk pembangunan perumahan dan aktivitas pertanian. Bukan tidak mungkin, jika teknik ini berhasil, inovasi luar biasa negeri Belanda ini dapat diterapkan negera-negara di dunia.

Referensi:

http://www.government.nl/issues/water-management/water-innovations/sand-motor

http://www.dezandmotor.nl/uploads/2012/06/factsheet-zandmotor-deltaduin-en-juni-2012.pdf

http://www.aquatecmaxcon.com.au/newsarchive/1-2012/244-european-inventor-award-nomination-for-neredar-water-purification-technology

http://hollandsludgetechnology.com/woudenberg.html

http://innovationsfromholland.com/about/