279. Kucinta Wakawaka Belanda

Penulis : Gendis Septiana Putri
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Ungkapan “God created the earth but the Dutch created Holland” memang sangat pas untuk menggambarkan Belanda beserta orang-orangnya.

Dua pria belanda bernama Camile Van Gestel dan Kim van der Leew telah menciptakan sebuah inovasi yang cocok buat kalian yang sibuk seharian kerja diluar, harus telpon orang kesana kesini, apalagi buat para remaja yang ingin selalu tampil “hits” di sosial media. Coba bayangin punya janji meeting sama relasi tiba-tiba handphone lowbatt, atau lagi asik selfie pas hangout, belum sempet update tapi hp udah keburu mati……:(

Don’t be panic! Powerbank wakawaka adalah solusinya:)

image001

Weeee…. jangan salah, powerbank ini bukan sembarang powerbank. Benda ajaib ini bisa tetap hidup tanpa harus dicharger lhooo.

Karena kita tidak selalu berada ditempat yang menyediakan “colokan” disudut ruangan. Belum lagi jika kita berada ditempat umum dan harus bergantian “nge cash” dengan orang lain. Waw sebel dong, padahal butuh waktu lumayan lama untuk membuat baterai handphone terisi penuh.

Cukup letakkan powerbank wakawaka ditempat yang terkena sinar matahari, lalu sambungkan kabel handphone dengan powerbank wakawaka, maka baterai akan terisi dengan sendirinya dan yang lebih menarik, daya baterai bisa bertahan lebih lama daripada sekedar “nge cash di colokan” hehehe

Lalu apasih wakawaka itu?

Wakawaka adalah lampu bertenaga surya yang berfungsi sebagai penambah daya. Dilengkapi dengan chip berteknologi yang dapat meningkatkan efisiensi sel surya hingga 200% meskipun dengan intensitas cahaya rendah. Chip inilah yang akan menangkap energy surya dari sinar matahari dan menyimpannya kedalam baterai. Dengan temuan baru ini, baterai bisa bertahan lebih lama.
Inovasi wakawaka ini memiliki banyak keuntungan. dari segi financial, kita bisa menghemat pengeluaran untuk biaya listrik. Kita juga tidak perlu membeli baterai cadangan. Jika “dijemur”seharian, wakawaka bisa digunakan selama 16 jam.
Waw so amazing!

image003

Powerbank wakawaka juga sangat mudah dibawa kemana-mana dan tidak membutuhkan banyak tempat untuk menyimpannya.

Tidak hanya powerbank, wakawaka juga dapat berfungsi sebagai pengganti lampu minyak. Seperti yang kita tahu, lebih dari 1,5 miliar orang di dunia bergantung pada minyak, dengan menggunakan inovasi ini, kita bisa menghemat minyak dan mengurangi efek dari karbon berbahaya yang timbul akibat penggunaan minyak berlebih pada kehidupan kita sehari-hari.
Inovator dari wakawaka ini telah berpartisipasi dalam mengurangi kemiskinan dengan memberi kemudahan penerangan (terlebih di pelosok daerah yang minim pencahayaan) dengan begitu mereka bisa belajar di malam hari dan bebas melakukan aktivitas malam hari lainnya.

image004

Di daerah-daerah terpencil biasanya menggunakan botol sebagai media untuk mendapat pencahayaan dari wakawaka. Cukup kaitkan wakawaka pada tutup botol, lalu letakan dibawah paparan sinar matahari pada siang hari. Sejak gebrakan merubah “air menjadi tanah”, kincir angin, bendungan dam yang telah sukses menyelesaikan masalah-masalah besar di negaranya, Belanda terus melahirkan inovasi untuk memberikan solusi terhadap permasalahan dan tingkat kebutuhan manusia yang semakin kompleks.

Produk ini sangat “marketable”, dapat diterima hampir di semua kalangan dan menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan .Hingga saat ini, wakawaka telah digunakan hampir 50 negara di dunia, dan pasti akan berkembang seiring bertambahnya populasi “gadget mania” di muka bumi ini.

Meskipun Belanda merupakan negara maju dengan sejuta inovasi namun tidak sedikitpun meninggalkan kultur budayanya. Hal tersebut dibuktikan dengan mempertahankan bangunan-bangunan yang memukau, tanaman keukonhof yang indah, serta ritme kehidupan yang dinamis. Itulah yang membuat banyak orang jatuh cinta dan ingin berkunjung ke Belanda, begitu juga dengan saya :)

Referensi:

http://www.digitaltrends.com/cool-tech/kickstarter-in-depth-qa-wakawaka-solar-led-light/

http://portal.cbn.net.id/cbprtl/cybertech/detail.aspx?x=Tech+Info&y=cybertech|0|0|2|13312

http://media.gopego.com/media/uploads/2011/11/8f30b620b00e1590b190934a6b87d0b9.jpg

http://us.images.detik.com/content/2013/01/03/398/wakawakapower460.jpg

http://media.gopego.com/media/old/images/WakaWaka_11.jpg