280. Cara menghargai alam ala Belanda

Penulis : Amelia Salina Gustini
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

image003

Hola HOLLAND! Siapa sih yang ga kenal dengan negeri tulip dan seribu kincir angin ini. Negara Belanda ini tentu sangat familiar bagi seluruh dunia terutama Negara Indonesia. Konon katanya, orang asli Belanda dapat berbahasa Indonesia. Jadi untuk yang berminat bersekolah atau bahkan pindah ke negara Belanda jangan takut terkendala oleh bahasa karena penduduk sana selain fasih berbahasa inggris, mungkin kita dapat berkomunikasi dengan bahasa indonesia . Negara Belanda merupakan salah satu negara yang sangat maju di bidang industri dan teknologi. Jadi, tidaklah heran apabila negeri ini juga disebut dengan negeri sejuta inovasi. Namun dengan berkembangnya industri, tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan bertambahnya emisi gas karbondioksida atau polusi udara. Pemerintah dan penduduk Belanda tidak hanya berpangku tangan dalam menyelesaikan masalah tersebut. Berbagai macam solusi dibuat dan langsung di praktekkan oleh penduduk negeri tulip ini. Adapun contoh dari beberapa solusi yang dilakukan dalam mengatasi masalah polusi, yaitu sebagai berikut:

I want to ride my bicycle

image006

Di Belanda, sepeda tidak hanya untuk sekedar olahraga atau digunakan saat waktu luang. Budaya bike to work sudah tidak asing lagi di negeri ini. Jadi jangan heran kalau kita berkunjung ke Belanda sering melihat orang berbaju rapi sedang mengayuh sepeda. Selain dapat membuat tubuh sehat, mengganti transportasi bermotor menjadi sepeda dapat mengurangi polusi udara. Di Belanda sendiri pemerintah menyediakan sepeda dengan shelternya sebagai transportasi publik. Bersepeda juga merupakan transportasi yang murah dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia. Selain itu, wisatawan asing juga dapat menikmati transportasi ramah lingkungan ini, tentunya dengan mematuhi tata cara peminjaman dan peraturan bersepeda di Belanda.

Smog-eating paving blocks

image008

Makanan asap? Bukan. Makan asap? Tentu saja bukan. Smog-eating paving block merupakan penemuan baru yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Teknologi Eindhoven untuk mengurangi polusi udara di negara Belanda. Sistem kerja smog-eating paving block yaitu dengan menyemprotkan titanium oksida di trotoar. Titanium oksida ini memiliki kemampuan untuk mengubah polusi di udara menjadi bahan kimia yang sedikit berbahaya. Trotoar dikota Hengelo, Belanda adalah salah satu kota yang digunakan untuk percobaan penemuan ini. Setelah pengukuran selama satu tahun peneliti menemukan bahwa smog-eating paving block dapat mengurangi nitrogen oksida hingga 45% dalam cuaca yang normal dan 19% per hari nya. Mengingat semakin majunya industri kendaraan bermotor, tentu saja penemuan ini dapat menjadi solusi yang baik dalam mengurangi polusi udara.

Giethoorn the floating village

image010

Tidak hanya teknologi dan budaya nya saja yang unik. Giethroon adalah salah satu desa wisata unik yang berada di Belanda. Desa ini berada sekitar 1,5 jam dari kota Amsterdam. Lalu dimana uniknya? Keunikannya desa ini tidak memiliki jalan raya sedikit pun. Baik pengunjung maupun penghuni aslinya menggunakan perahu sebagai alat transportasi. Perahu yang digunakan di desa ini adalah perahu jenis wishper boat yang terkenal dengan mesinnya yang halus, sehingga meskipun banyak kapal keadaan di desa tersebut jauh dari kebisingan. Suasana yang asri dan minim kendaraan bermotor menjadikan kawasan ini sebagai kawasan minim polutan atau bahkan tidak ada polusi udara.

Ketiga hal diatas merupakan beberapa inovasi yang dilakukan oleh negara Belanda dalam mengurangi polusi udara. Semua dilakukan dari hal yang kecil dan sederhana. Tidak ada yang tidak mungkin untuk mengubah suatu hal yang kecil menjadi suatu hal yang besar. Mari kita bersama-sama mencontoh hal yang baik dari negeri tulip ini. Kalau bukan kita siapa lagi?

Referensi :

http://geovisions.org/program/au-pair-netherlands/

http://articles.latimes.com/2013/jul/05/science/la-sci-sn-smog-eating-street-20130705

http://travelblog.ticktab.com/2014/12/30/giethoorn-desa-unik-yang-menawan-tanpa-jalan-raya-di-belanda/

http://www.nationsencyclopedia.com/Europe/Netherlands-ENVIRONMENT.html

http://www.ibar.ba/giethoorn-venecija-nizozemske-foto/

http://en.nederlandfietsland.nl/en