282. Belanda dan Keajaiban Inovasi Deltawerken

Penulis : Firsti Khalisatin Nisa
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Air adalah sahabat bagi seluruh mahluk hidup di dunia ini. Air juga merupakan sumber kehidupan yang tidak dapat di tolak bagi kita semua. Akan tetapi, disaat yang sama Negara Belanda juga berjuang menaklukan air layaknya menghalau musuh menggambarkan bagaimana orang Belanda mengeringkan daratan yang digenangi air agar dapat menjadi permukiman yang layak didiami. Hal ini dikarenakan Belanda atau yang dikenal dengan sebuatan Netherland, yang berarti daratan yang lebih rendah dari permukaan laut, yang berarti hidup di bawah permukaan laut. Permukaan daratan tertinggi di Belanda hanya 321 meter di atas permukaan laut, sedangkan yang terendah adalah 6.76 meter di bawah permukaan laut. Keadaan inilah yang membuat Belanda adalah negara dengan keadaan alam yang sungguh unik. Hal ini tentu memaksa pemerintah Belanda untuk dapat terus melakukan inovasi agar negerinya tidak tenggelam ditelan laut. Tapi ternyata tidak semua tanah yang ada di Belanda ini rendah dan di bawah permukaan air laut. Daerah yang terletak di bawah permukaan air laut hanya di pesisir pantai Belgia sampai dengan Utara provinsi Groningen dan Friesland. Biasanya disebut dengan istilah ‘Lage Landen’ oleh Netherlander.

image001
Gambar Peta Belanda

http://www.infoplease.com/atlas/country/netherlands.html

Secara sekilas, terdengar tak masuk akal bagi kita. Namun, hal ini benar kenyataannya. Luas daratan Negara kincir angin ini tak lebih besar dari luas pulau jawa. Secara topografi memang Belanda kurang beruntung. Namun, karena ketidak beruntungan tersebut menjadikan Negara ini belajar untuk berinovasi dalam merubah ketidak beruntungan tersebut. Dan dengan Inovasi yang mereka kembangkan mereka mampu memperluas wilayah mereka dengan mengeringkan laut. Bahkan membuat daratan mereka lebih rendah dari laut. Belanda merupakan salah satu surga bagi ilmu pengetahuan dan pendidikan yang memiliki sebuah peradaban yang dibangun atas dasar perjuangan dan semangat yang tak ada habisnya untuk kemajuan dan kesejahteraan hidup.

Apakah yang membuat Belanda mampu untuk berjuang mengatasi kesulitan? Dorongan apa yang membuat bangsa Belanda mampu menciptakan dan berinovasi dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan? Selama ribuan tahun, tanah Belanda yang sebagian besar lebih rendah dari permukaan laut membuat bangsa Belanda selalu mencari cara untuk mengatasi banjir dari laut utara yang ganas yang sewaktu-waktu dapat memporakporandakan negeri itu.

Negara Belanda merupakan Negara yang tak pernah berhenti berupaya melahirkan inovasi. Perjuangan melawan banjir telah dilakukan Belanda hampir selama satu milenium. Lebih dari seratus bencana banjir pernah menyerang Belanda dalam kurun waktu tersebut. Tahun 1953 merupakan kenangan menyedihkan bagi Belanda. Pasalnya, di tahun tersebut Belanda dilanda banjir bandang yang merugikan banyak pihak dan banyak korban jiwa yang berjatuhan.

image002
Gambar Banjir Tahun 1953 di Belanda

http://enosrudy-enru.blogspot.com/2012/05/delta-werken-inovasi-belanda-melawan.html

Keadaan ini membuat pemerintah Belanda sangat terpukul dan menimbulkan reaksi preventif. Sehingga, pada tahun yang sama Belanda mencoba bangkit dari keterpurukan dan membangun sebuah infrastruktur polder strategis untuk bertahan terhadap bencana banjir besar yaitu dengan membangun proyek raksasa yang disebut proyek delta atau DeltaWorks, yang sekarang lebih dikenal dengan nama Deltawerken. Proyek pembangunan ini selesai selama kurun waktu selama 44 tahun dan memakan biaya 8 miliiar dolar untuk membangun bendungan yang diklaim mampu menahan badai besar yang hanya muncul sekali dalam 10.000 tahun, dengan tinggi 13 meter diatas permukaan laut dan dengan panjang 30 km.

image003
Gambar Konstruksi Sistem Polder

http://raisamelia.blogspot.com/2013/05/belanda-berhasil-taklukkan-banjir.html

Belanda menerapkan sistem polder yang kompleks untuk mempertahankan wilayah Belanda dari ancaman banjir dan air pasang. Sistem ini dimulai di Belanda pada abad ke-11 yang kemudian disempurnakan dengan adanya penggunaan kincir angin pada abad ke-13. Polder adalah dataran rendah yang membentuk daerah yang dikelilingi oleh tanggul. Pada daerah ini air buangan seperti air kotor dan air hujan dikumpulkan di suatu badan air (sungai, kanal) lalu dipompakan ke badan air yang lebih tinggi posisinya, hingga pada akhirnya dipompakan ke sungai atau kanal yang bermuara ke laut. Sistem polder banyak diterapkan pada reklamasi laut atau muara sungai, juga pada manajemen air buangan (air kotor dan drainase hujan) di daerah yang lebih rendah dari permukaan laut dan sungai. Air dalam sistem dikendalikan sedemikian rupa sehingga jika terdapat kelebihan air yang dapat menyebabkan banjir, maka kelebihan air itu dipompa keluar sistem polder.

image004
Gambar DeltaWerken

http://www.dutchagrofood.com/english/dutch-agro-food/water-for-food/

DeltaWerken merupakan sebagian kecil dari inovasi Belanda. Tujuan pembangunan ini cukup jelas, yaitu pengeringan dan perlindungan daerah langganan banjir dan perlindungan daerah supaya tidak menjadi daerah payau. Maka dimulailah proyek jangka panjang berbagai macam konstruksi seperti bendungan, kanal, pintu air, dan modifikasi aliran sungai. Megaproyek ini juga sangat memperhitungkan perencanaan urban dan ekologi serta keterlibatan para pemangku kepentingan. Proyek mega power ini merupakan bukti nyata kesungguhan dan kreatifitas Belanda dalam memperbaiki diri. Belanda belajar dari pengalaman dan menjadikannya sebagai landasan awal be rkreasi demi masa depan yang lebih baik. Dengan proyek Delta work ini, hingga saat ini Belanda terhindar dari ancaman banjir, bahkan amukan laut. Keberhasilan tersebut tak membuat Belanda puas, merka terus berinovasi delam mengembangkan proyek tersebut. Mengingat isu global, pemanasan global maka belanda terus melakukan riset untuk mencegah datangnya ancaman global tersebut.

Proyek Delta dikonstruksi hampir selama 5 dekade dan menjadi salah satu upaya pembangunan terbesar dalam sejarah peradaban manusia. American Society of Civil Engineers pun menetapkannya sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern. Terkait dengan pencapaian tersebut, dapat dirasakan bahwa semangat membangun dan berinovasi Belanda sangat tinggi. Inovasi adalah instrumen utama dalam pembangunan Belanda menjadi sebuah bangsa yang sejahtera secara ekonomi, kaya akan budaya dan memiliki reputasi tinggi dalam bertoleransi. Ekonomi pengetahuan (knowledge economy) telah menjadi pijakan bagi Belanda melejitkan diri dan mengambil posisi penting dalam percaturan global.

Hasil dari kerja keras Belanda ini adalah Negara Belanda aman dari ancaman banjir bahkan banjir bandang sekalipun. Selain itu, negara belanda juga dapat memperluas wilayahnya dengan proses pengeringan air laut. Akibat proyek ini, keseimbangan ikan dan tumbuhan di laut terganggu. Tetapi, sekarang sudah muncul spesies ikan dan tumbuhan yang baru. Deltawerken kini diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia modern olehAmerican Society of Civil Engineers

Refference :

http://enosrudy-enru.blogspot.com/2012/05/delta-werken-inovasi-belanda-melawan.html

http://dhilahgirl.blogspot.com/2015/03/belanda-kehidupan-di-atas-dan-di-bawah.html

https://kompetiblog2013.wordpress.com/2013/04/16/021-progress-in-perfection/

http://raisamelia.blogspot.com/2013/05/belanda-berhasil-taklukkan-banjir.html