285. Aliran air di Netherland

Penulis : MUHAMMAD MUFARRIJ FUAD ULFI
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Air merupakan unsur kehidupan yang sangat dibutuhkan makhluk hidup di bumi ini khususnya bagi kehidupan manusia, tumbuhan dan hewan. Sejak awal kehidupan, mahluk hidup terutama manusia telah memanfaatkan air untuk kelangsungan hidupnya, bahkan mutlak dibutuhkan manusia. Seiring dengan pertambahan penduduk dan perkembangan industri, kebutuhan manusia akan air cenderung meningkat. Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidup, manusia berupaya mengadakan air yang cukup bagi dirinya sendiri. Kualitas air yang baik sangatlah diperlukan untuk kebutuhan hidup manusia, hewan dan tumbuhan. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan antara air yang tercemar dan air tidak tercemar. Bisa kita bayangkan jika air yang kita konsumsi sehari-hari tercemar, banyak penyakit yang timbul dan bahkan mengakibatkan kematian yang dapat mengganggu rantai makanan.

Bila kita membicarakan air dan Belanda, maka hal yang terlintas pertama kali pastinya adalah fakta bahwa sebagian besar wilayah Belanda berada di bawah permukaan air laut. Fakta tersebut menjadikan kehidupan warga Belanda sangat dekat dengan air. Hal ini juga didukung kegiatan reklamasi laut dan sungai yang mereka lakukan selama ini. Sayangnya, banyak orang yang berpikir teknologi air yang difokuskan Belanda hanyalah reklamasi dan bendungannya saja. Padahal hal tersebut hanya sebagian dari keseluruhan teknologi air yang mereka miliki. Salah satu yang sangat penting adalah teknologi remediasi air mereka yang telah menjadi wajah perekonomian dan perindustrian di Belanda.

Banyak instansi terkait yang fokus dengan masalah remediasi air. Salah satu contoh inovasi remediasi air yang mereka miliki adalah The Nereda™technology. Teknologi ini merupakan contoh inovasi sukses yang dimiliki Belanda. The Nereda™technology merupakan teknologi pengolahan limbah menggunakan metode bioremediasi menggunakan bakteri aerobik yang dikembangkan secara komprehensif, karena dikembangkan oleh tiga pihak penting, perusahaan terkait, pemerintah dan universitas di Belanda. Contoh lainnya adalah teknologi SHARON-ANAMMOX® yang merupakan teknologi murah dan berkelanjutan untuk menghilangkan kandungan amonium dari air limbah. Proses biologis dua langkah ini juga menggunakan bakteri yang mampu mengubah amonia menjadi gas nitrogen dengan cara yang sangat efisien energi. Hasilnya sangat mengagumkan, menggunakan 60% energi lebih sedikit dibandingkan metode penghilangan nitrogen secara konvensional. Selain itu, teknologi SHARON-ANAMMOX® dapat meminimalkan limbah yang dihasilakan dan tidak membutuhkan bahan kimia lainnya. Teknologi pengolahan air SHARON-ANAMMOX® membutuhkan peralatan yang lebih sedikit, sehingga biaya pun lebih murah. SHARON-ANAMMOX® dikembangkan bersama oleh perusahaan teknologi, konsultan dan dua universitas di Belanda.

Perusahaan Belanda lainnya yang mengembangkan inovasi teknologi dalam hal remediasi air yang sangat fenomenal adalah Norit NV. Norit bergerak dalam hal pengolahan air dan hebatnya mereka tidak hanya membersihkan air agar tidak berbahaya bagi lingkungan, tapi membuat air limbah yang berbahaya kembali menjadi air yang layak minum dengan teknologi yang sangat cemerlang. Hal ini sudah terbukti, setiap harinya perusahaan ini bisa menyediakan air bersih layak minum sebanyak 336.000 liter dengan menggunakan seven advanced Perfector-E compact water treatment system mereka. Benar-benar jumlah yang luar biasa. Mereka sering menjadi penyedia air dalam kasus-kasus bencana alam seperti pada bencana tsunami Aceh dan gempa di Haiti. Bahkan, saat ini Norit telah menjadi pemimpin pasar internasional dalam hal waste management, yang sebagian besar didasari oleh teknologi membran yang sangat inovatif.

image002

image001

Satu lagi perusahaan Belanda yang mengembangkan teknologi inovatif untuk remediasi air adalah Paques. Paques merupakan perusahaan remediasi air yang telah aktif di ranah internasional. Hampir sama dengan The Nereda™technology, Paques memiliki keahlian pengolahan air berbasis solusi rekayasa biologis. Teknologi yang dikembangkan salah satu perusahaan Belanda dinamakan BIOPAQ©, yaitu menggunakan bakteri anaerobik untuk mengubah limbah organik di air menjadi biogas yang dapat digunakan sebagai energi hijau yang ramah lingkungan. Jadi, teknologi BIOPAQ© memiliki dua fungsi dalam satu aksi, benar-benar efektif. Hebatnya, saat ini sudah ada lebih dari 750 unit produksi teknologi BIOPAQ© di seluruh penjuru dunia yang dapat memenuhi kebutuhan gas alam untuk 1,4 juta rumah tangga di seluruh Belanda. Teknologi ini juga berperan langsung dalam pengurangan 5,5 megaton emisi CO2 tahunan di bumi. Sudah banyak perusahaan yang memakai jasa teknologi dari Belanda ini, salah satunya adalah raksasa kertas dari China, Nine Dragon.

image004

image003

Nah, sangat jelas bagaimana orang Belanda mengendalikan badan-badan air yang mereka miliki. Dapat kita lihat bahwa orang Belanda sangatlah serius dalam hal ini. Tidak hanya perusahaan-perusahaan terkait yang mengembangkannya, tapi juga pemerintah dan universitas di Belanda. Bahkan pemerintah Belanda sudah menetapkan bahwa teknologi air harus menjadi salah satu investasi negara yang harus dikembangkan dan ini telah didukung penuh oleh menteri perekonomian mereka. Uniknya lagi, Crown Prince Willem-Alexander sendiri telah membentuk Wetsus Center of Excellence for Sustainable Water Technology di ibukota provinsi Friesland, Leeuwarden. Lembaga ini didedikasikan untuk mengembangkan teknologi air mereka dengan melibatkan lebih dari 80 perusahaan dan 13 universitas dari seluruh Eropa. Waw, bahkan orang kerajaannya saja terjun langsung dalam kegiatan penelitian, dan dari data terakhir juga diketahui bahwa Crown Prince Willem-Alexander ternyata seorang spesialis pengolahan air.

Intinya adalah bahwa Belanda benar-benar memiliki komitmen yang teramat tinggi untuk melakukan inovasi teknologi di bidang yang sangat dekat dengan kehidupan mereka, khususnya dalam remediasi air. Dengan teknologi ini, negara Belanda bisa memberikan manfaat yang besar, bukan hanya bagi negara Belanda, tapi juga bagi negara-negara lainnya, dalam proses pengolahan air limbah dan penyediaan air bersih. Bahkan bumi pun bisa merasakan manfaatnya.

Sumber:
Lingkungan Hidup & Kelestariannya [text book] by: Prof. Dr. H, Imam Supardi, dr. Sp.Mk.

http://en.paques.nl/

http://www.cabotcorp.com/

http://www.waterland.net/

http://www.nederlandwerktmetwater.nl