286. BELANDA – HIDUP SEHAT DAN MENYENANGKAN DIUDARA BEBAS

Penulis : ROSALIA YULIM
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Negeri Belanda, sangat terkenal dengan inovasi nya yang membuat negara-negara lain iri dan mecoba mengikutinya. Belanda atau Netherlands adalah salah satu negara yang termasuk negara yang ramah akan kehidupannya, masyarakatnya sangat menghargai sekali lingkungan yang bersih dan sehat, belanda terus berkembang dalam akhir-akhir ini, dengan membuat berbagai inovosi dari berbagai elemen tanah, air, udara dan api yang membuat negara ini menjadi sorotan banyak kalangan negara lain.

Negeri yang beribukota Amsterdam ini memiliki keunggulan tersendiri untuk udara yang dimilikinya untuk dinikmati, contohnya saja salah satu sebuah desa Giethoorn, dikenal sebagai “Venesia dari Utara” atau “Venesia dari Belanda”,provinsi Overijssel Belanda.

Desa Vanesia Belanda
image001
(http://www.berani.co.id/news/22/1008154/wisata-kanal-venesia-ada-di-belanda)

Tampak begitu sejuknya udara di pedesaan ini yang dapat menjadi salah satu upaya menjernihkan udara dari polusi. Komponen seperti tumbuhan pun ikut menyaring udara seimbang dengan air yang menyejukkan. Transportasi yang menggunakan perahu dapat meningkatkan upaya dalam pengurangan polusi udara. Desa ini pun menjadi salah satu tujuan para turis yang datang kesana langsung untuk melihat keindahan yang ada disana.

Mengapa masyarakat di Belanda sangat nyaman tinggal disana dan udara nya juga sangat sejuk untuk dihirup?Tentu saja bagaimana tidak mungkin di Belanda sangat jarang sekali terjadi kemacetan masyarakatnya jarang menggunakan mobil, motor maupun kendaraan yang menghasilkan polusi yang membuat keadaan lingkungan menjadi buruk, tentu disana ada kendaraan namun jarang sekali masyarakat sana menggunakannya merek lebih menyukai berjalan kaki dan mengendarai sepeda.Tingkat kesadaran mereka yang cukup tinggi terhadap pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Pengguna Sepeda Masyarakat Belanda
image002
(http://www.media-release.info/industri/hebat-indonesia-ekspor-sepeda-ke-belanda/)

Sebutan lain yang populer untuk negeri Belanda adalah negeri sepeda. Sebutan ini amat lekat sebab hanya Belanda yang mempunyai jumlah sepeda terbanyak di dunia. Dibandingkan dengan penduduknya yang hanya berjumlah 16,6 juta jiwa, populasi sepeda di negeri belanda mencapai 22 juta unit. Artinya, sejumlah warga mempunyai lebih dari satu sepeda.

Demikian besarnya populasi sepeda di Belanda, membuat kendaraan kayuh tanpa bahan bakar ini benar-benar menjadi raja jalanan. Semua kalangan bersepeda, dari menteri, warga darah biru, walikota, usahawan, pegawai negeri sipil, sopir bus, sampai penyapu jalanan.

Selain belanda juga memiliki kendaraan unik yaitu sejenis becak yang biasanya dipakai untuk mengantarkan anak ke sekolah. Masyarakat disana justru senang menggunakan kendaraan tradisional seperti itu. Untuk memperhatikan masyarakat yang lebih menggunakan sepeda dalam kegiatan sehari-hari, maka pemerintah Belanda pun membuatkan mereka area khusus bagi pengguna sepeda untuk bersepeda, dengan begitu para pengguna sepeda disana tidak mengganggu lalu lintas pengguna kendaraan lainnya.

Ini adalah area khusus bagi pengguna sepeda yang ada di Belanda, seperti;

Jalur Pengguna Sepda di (Cycle Lane)
image004
(http://sleepgiant.blogspot.com/2013/11/mengapa-belanda-dijuluki-surga-pesepeda.html)

Jalur Pengguna Sepeda (Cycle Path)
image006
(http://sleepgiant.blogspot.com/2013/11/mengapa-belanda-dijuluki-surga-pesepeda.html)

Jalur Pengguna Sepedadi Pedesaan Belanda
image008
(http://sleepgiant.blogspot.com/2013/11/mengapa-belanda-dijuluki-surga-pesepeda.html)

Pemerintah belanda juga membuat jalur untuk pengguna sepeda yaitu Hovenring adalah bundaran ditangguhkan luar biasa dikonsep dan dirancang oleh IPV Delft khusus untuk pengendara sepeda untuk aman membuat jalan mereka di lalu lintas padat dengan bepergian overhead. Terletak antara Eindhoven dan Veldhoven di Belanda, di atas persimpangan Heerbaan / Meerenakkerweg, jembatan baja melingkar menawarkan rute alternatif untuk pengendara sepeda serta landmark estetis menyenangkan bagi penduduk setempat dan pengunjung, ini dapat menjadi salah satu cara pemerintah belanda tetap menjaga lingkungan yang sehat dan nyaman terhindar dari kemacetan, polusi dan lain-lain. Bayangkan berjalan atau berkeliling diatas jembatan ini dengan udara yang sejuk dan kendaraan yang ramah lingkungan, lingkungan yang bersih pasti sangat menyenangkan apalagi saat kita sedang berjalan dengan teman-teman, keluarga atau sahabat..

Hovering Netherlands
image010
(http://lmdiary.blogspot.com/2013/10/amazing-hovering-roundabout-for.html)

Hovering Netherlands
image012
(http://lmdiary.blogspot.com/2013/10/amazing-hovering-roundabout-for.html)

Dan itu juga, Negara Belanda pun membuat suatu jalur bagi pengguna sepeda yang sangat indah dan kreatif dengan memadukan unsur seni dan teknologi.

The Starry Night
image014
(http://pedalku.com/baca/2014/11/16/lajur-sepeda-starry-night-yang-memukau/)

The Starry Night
image016
(http://intisari-online.com/read/wow-ada-jalur-sepeda-yang-bersinar-dalam-gelap-di-belanda)

Sebuah lukisan berjudul “The Starry Night”, karya pelukis terkenal Vincent Van Gogh, telah menginspirasi seniman Daan Roosegaarde untuk menciptakan jalur sepeda yang bersinar di dalam gelap. Jalur sepeda ini dinamakan Van Gogh-Roosegaarde Bicycle Path atau Jalur Sepeda Van Gogh-Roosegaarde. Roosegaarde membuat jalur sepeda ini dengan menggunakan batu terang yang dapat bersinar di malam hari. Batu tersebut diatur diatur dalam pola yang sama seperti bintang-bintang dari lukisan “The Starry Night” abad ke-19.

Proses pengerjaan karya seni dan teknologi ini memakan waktu delapan bulan untuk desain, dan sekitar 10 hari untuk proses konstruksi oleh Heijimans, sebuah perusahaan bangunan di Belanda. Batu-batu itu dilapisi dengan pelapis yang cerdas. Di mana pada siang hari ia akan menyerap cahaya dan bersinar pada malam hari selama delapan jam. Sebuah panel surya juga digunakan untuk menyimpan cahaya pada saat hari tak begitu cerah. Batu-batu itu awalnya ditempatkan dalam semen basah. Setelah itu, batu dan semen dipoles hingga rata, membentuk jalanan yang nyaman dilalui para pengguna sepeda.

Jalur sepeda yang bersinar di dalam gelap ini merupakan bagian dari Smart Highway, yakni proyek kolaborasi antara Roosegaarde dan Heijimans untuk membuat jalan dan jalan raya di masa mendatang yang mengandung unsure seni dan teknologi.

Ini adalah jalur sepeda yang sangat menarik, kreatif dan luar biasa, selain untuk membuat jalur sepeda namun juga membut para pengguna sepeda semakin nyaman dan senang.

Belanda juga tidak hanya memiliki sepeda saja yang merupakan kendaraan yang sudah pasti ramah lingkungan..namun belanda juga mempunyai kendaraan seperti di Indonesia yaitu Bajaj.

(Kendaraan Bajaj di Belanda)
image017
(http://ardisfamily.blogspot.com/2013/11/bajaj-belanda.html)

Yang berbeda bila dibandingkan dengan Bajaj yang ada di Indonesia, di Belanda Bajajnya cukup canggih. Tidak berisik, tidak ada asap keluar dari knalpot karena mesinnya berbahan bakar CNG (Compresed Natural Gas). Dan terlebih lagi lolos uji emisi dan mendapatkan sertifikat EURO-4. Bajaj Bajaj ini sangat ramah lingkungan, ini adalah salah satu inovasi negeri Belanda ini, betapa peduli nya masyarakat terhadap lingkungan mereka yang bersih dan sehat.

Sangat menyenangkan bukan hidup di Negara seperti ini, hidup sehat dan menyenangkan di udara yang bebas seperti ini?tidak hanya udara yang sehat dan sejuk namun banyak hal yang menyenangkan di Negara beribukotakan Amsterdam ini. Selain itu masyarakat di Negara ini sangat menghargai lingkungan nya yang jauh dari sampah, polusi dan lainnya, tidak diherankan lagi jika Negara ini begitu indah dan membuat masyarakat yang tinggal disana sangat merasa nyaman.

Sumber :

http://tunashijau.org/2011/09/06/transportasi-ramah-lingkungan-di-belanda/

http://ardisfamily.blogspot.com/2013/11/bajaj-belanda.html

http://sleepgiant.blogspot.com/2013/11/mengapa-belanda-dijuluki-surga-pesepeda.html

http://pedalku.com/baca/2014/11/16/lajur-sepeda-starry-night-yang-memukau/

http://intisari-online.com/read/wow-ada-jalur-sepeda-yang-bersinar-dalam-gelap-di-belanda

http://lmdiary.blogspot.com/2013/10/amazing-hovering-roundabout-for.html

http://www.berani.co.id/news/22/1008154/wisata-kanal-venesia-ada-di-belanda

https://ada2ja.wordpress.com/fakta-unik-negara-belandasambungan/

http://www.media-release.info/industri/hebat-indonesia-ekspor-sepeda-ke-belanda/