289. Kenyamanan belajar di Kota Pelajar Utrecht

Penulis : Yudi Rahmatullah
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Ketika membaca hadiah lomba menulis yang diselenggarakan oleh nesso nuffic Indonesia bahwa pemenang pertama akan mendapatkan Summer Course di Utrecht, pikiran saya langsung tertuju kepada kota tersebut. Hal menarik dan penting apakah yang ada di kota Utrecht? Apa yang menjadi daya tarik kota Utrecht? Apa yang menjadikan kota Utrecht berbeda dari kota lain di Belanda dalam hal pendidikan? Apa yang akan menjadi alasan bagi kita untuk melanjutkan kuliah di kota Utrecht?

Setelah membaca beberapa artikel tentang Utrecht, saya langsung tertarik membahas lebih jauh tentang polusi udara di kota utrecht. Bagaimana kota Utrecht berusaha untuk mengurangi polusi udara dan mendapatkan kualitas udara yang baik. Apabila tujuan utama kita pergi ke Utrech untuk melanjutkan kuliah, bagaimanapun juga, kenyamaan belajar dan tinggal saat kita kuliah di kota Utercht akan menjadi prioritas utama selain universitasnya. Transportasipun pasti akan menjadi penunjang utama bagi kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Jadi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saya sebutkan di awal, hal-hal yang berkaitan dengan kuliah, polusi udara dan transportasi di kota Utrecht akan menjadi pembahasan yang saya sajikan untuk penulisan ini.

Pertama, hal yang tidak kalah pentingnya dengan pembahasan polusi udara dan transportasi adalah univeristas tempat kita akan melanjutkan kuliah. Perlu kita ketahui bahwa pertimbangan terbesar kita untuk melanjutkan kuliah di Belanda adalah universitasnya, dan Utrecht merupakan kota yang mempunyai universitas terbesar di Belanda, yaitu Utrecht University. Universitas ini merupakan universitas nomer 40 di dunia dan unversitas nomor 6 se Eropa. Dan hal yang palin penting adalah ternyata Utrecht University adalah universitas nomer 1 di Belanda. Alangkah baiknya apabila kita memilih dan melanjutkan kuliah di universitas kebanggaan Belanda, Utrecht University.

Utrecht University, yang mempunyai lambang universitas seperti matahari, juga merupakan salah satu universitas tertua di Belanda. Universitas yang berdiri sejak tanggal 26 Maret 1636 sampai saat ini masih akan selalu memancarkan ilmunya untuk kita semua, para generasi muda.

Utrecht University
image002
www.uhsk.nl

Selain itu, di Belanda, kita bisa menemukan perpustakaan yang terlengkap di dunia. Jadi kita bisa mencari berbagai buku, makalah dan jurnal internasional dengan mudah. Semua fasilitas – fasilitas yang kita dapatkan dari perpustakan tidak dikenai biaya. Koleksi digital perpustakaannya pun akan sangat membantu Mahasiswa Utrecht selama menjalani kuliah disana. Para mahasiswa akan memiliki akses tak terbatas ke berbagai jurnal ilmiah, sehingga kita tidak akan merasa kesulitan untuk mengakses berbagai perkembangan referensi keilmuan terbaru dari dunia internasional.

Bibliotheek di Belanda
image004
commons.wikimedia.org

Kembali ke pembahasan awal tentang polusi udara dan transportasi di kota Utrecht, keduanya mempunyai suatu hubungan yang tidak dapat dipisahkan, karena baik buruknya udara di suatu kota sangat berkaitan dengan baik buruknya tranpostasi yang kota tersebut punyai. Transportasi yang akan saya bahas adalah transportasi darat. Transportasi darat adalah hal penting di suatu kota. Ini berkaitan dengan mobilitas orang – orang untuk melakukan berbagai kegiatan di kota tersebut. Utrecht telah melakukan berbagai inovasi – inovasi yang sangat luar biasa untuk memberikan kenyamaan bagi para penduduknya ataupun bagi kita untuk tinggal selama kita melanjutkan kuliah disana. Inovasi pertama yang akan saya bahas adalah inovasi tentang low emissions zone.

Low emissions zone adalah zona ramah lingkungan atau ramah bertrasportasi di kota Utrecht. Utrecht mulai memperkenalkan low emissions zone sejak awal tahun 2015. Jadi mobil-mobil bermesin diesel yg dproduksi sebelum tahun 2001 dilarang untuk melewati area ini. Low emissions zone ini dimaksudkan utuk mengurangi polusi udara di pusat kota Utrecht, agar kota Utrecht mendapatkan kualitas udara yang baik bagi penduduk yang tinggal dan berkendara di kota Utrecht. Kitapun, sebagai international students yang sedang melanjutkan kuliah di kota Utrecht akan merasa nyaman melakukan kegiatan di luar ruangan, berjalan kaki ataupun bersepeda. Adapun Low emissions zone meliputi Central Station, Jaarbeurs dan beberapa gabungan jalan seperti pada peta dibawah ini.

Low Emissions Zone
image006
www.visit-utrecht.com

Selain memperkenalakan low emissons zone. Kota- kota di Negara Belanda juga mempunyai inovasi lain dalam hal transportasi darat, yaitu mobil listrik (Electric Vehicle). Seperti kita ketahui bahwa Negara Belanda mempunyai populasi kepadatan penduduk yang sangat tinggi dengan total 16.6 M penduduk dan sekitar 400 orang per kilometer persegi. Dan di negara Belanda sendiri kita bisa menemukan 7.2 M mobil, yaitu sekitar 1 mobil per 2orang, termasuk mobil untuk transportasi, distribusi dan transportation umum.

Kebanyakan orang-orang mengendarai mobil mereka sendiri, yaitu sekitar 15 – 30 kilometer per hari. Oleh karena penggunaan mobil yang sangat tinggi tersebut, sehingga menjadi hal yang sangat penting bagi negara Belanda untuk memproduksi mobil listrik (Electric Vehicles). Mobil listrik ini dimaksudkan untuk mengganti pembakaran mesin mobil dan terutama untuk mengurangi pengeluaran CO2 dan polusi udara yang dikeluarkan oleh pembakaran mesin mobil tersebut.

Kota Utrecht juga mempunyai strategi yang sama dengan Amsterdam untuk menggunakan tempat – tempat pengisi daya bagi mobil listrik. Tujuannya sama yaitu untuk mendapatkan kualitas udara yang baik bagi pendudukanya yang berkendara di kota Utrecht, terutama pejalan kaki dan orang – orang yang menggunakan sepeda. Ditahun 2015 kota – kota di negara Belanda diharapkan akan memasang sekitar 200 tempat pengisis daya (Charging Points) dan memproduksi 10.000 mobil listrik.

Dari pembahasan saya di atas tentang low emission zone dan mobil listrik (Electric Vehicles) yang Utrecht kembangkan, dan juga pembahasan tentang kota Utrecht yang sangat menjaga kualias udaranya. Ada hal yang sangat menarik dan penting dari kota tersebut dalam hal menjaga kebersihan udara di kotanya, yaitu sepeda. Sepeda menjadi fasilitas penting kota di Belanda, Namun hanya Utrecht yang memanjakan pengguna sepeda di kotanya. Utrecht diklaim sebagai kota teramah bagi pengguna sepeda di dunia. Pemerintah kota Utrecht membangun 12.500 fasilitas parkir sepeda yang ditasbihkan sebagai terbesar di dunia.

Sepeda menjadi transportasi darat yang banyak digunakan penduduk kota Utrecht. Sepeda menjadi alat transportasi darat yang murah, mudah dan ramah lingkungan, sehingga kebersihan udara di kota

Utrecht tetap terjaga.
image008
www.pegipegi.com

Jadi ada banyak kenyamanan yang kita dapatkan apabila kita berencana untuk melanjutkan kuliah di Negara Belanda, khususnya di kota Utrecht. Selain universitas terbaik yang ada di kota Utrecht, Belanda mempunyai perpustakaan terbesar dan terlengkap yang akan membantu kegiatan kita belajar dan mengerjakan tugas – tugas kuliah. Kenyamaan bertransportasipun bisa kita lihat dari inovasi – inovasi yang kota Utrecht kembangkan, mulai dari low emissions zone yang mempunyai peran utama dalam memberikan kebersihan udara dan mobil listrik (Electric Vehicles) yang memberikan kemudahan berkendara bagi kita apabila akan melakukan kegiatan di luar ruangan. Sehingga kita akan merasa nyaman untuk berjalan kaki ataupun bertransportasi darat.
Dan hal yang terpenting dalam mengurangi polusi udara di kota Utrecht adalah kegiatan bersepeda. Karena kota Utrecht memanjakan para pengguna sepeda dengan fasilitas – fasilitas lengkap dalam hal bersepeda, sehingga bersepeda akan menjadi pilihan utama bagi penduduknya untuk bertrasnportasi darat.

Sumber:

http://nvo.or.id

http://www.dutchnews.nl

http://en.wikipedia.org

http://www.visit-utrecht.com

http://www.holland.com

http://www.d-incert.nl.