297. VON ORANJE : INOVASI ‘API’ DI NEGERI ‘TANAH’-NYA KINCIR ‘ANGIN’ DAN ‘AIR’

Penulis : Dwi Laksono Abdhillah
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

image001

Belanda. siapa yang tidak kenal dengan negara mungil dan cantik yang satu ini. Negara yang terletak di eropa bagian utara dan berbatasan dengan Negara Jerman di sebelah timur, Belgia di sebelah selatan, Laut utara di sebelah barat laut dan berbatasan laut dengan Negara Belgia, Inggris Raya dan Jerman. Negara Belanda mempunyai luas 41,543 km2 atau jika dibandingkan dengan Indoensia, Negara Belanda mempunyai luas 46 kali lebih kecil dibandingkan negara kita. Wah ! mungil sekali yang negara belanda ini. Meskipun mungil Negeri yang berbentuk kerajaan yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Menurut Lu & Chan (2014) dalam 30 Most Innovative Countries di www.bloomberg.com, Negara yang dipimpin oleh Raja Willem-Alexander ini menempati rangking 15. Wah, wah, wah hebat sekali yang Negara Belanda ini.

image002

Salah satu bentuk inovasi yang dilakukan Negara Belanda adalah inovasi dalam bidang energi dengan memanfaatkan semua air, udara, tanah dan api yang ada dengan bantuan teknologi. Salah satu bentuk dukungan pemerintah dalam bidang pemanfaatan energi ini dapat dilihat dari dibangunnya The Energy Innovation Park yang terletak di Provinsi Noord-Holland. Diharapkan dengan dibangunnya Taman Inovasi Energi dapat meningkatkan perkembangan energi baru di Negara Belanda ini. Hmmm… jadi makin kagum kan dengan negara yang satu ini.

Mungkin telah banyak dari kita tahu bahwa Negera Belanda terletak di dataran rendah yang berdekatan dengan laut. Karena letak geografis tersebut Negara Belanda kerap memanfaatkanya untuk memperoleh energi dari air dan udara (letaknya yang berbatasan dengan laut) serta pengembangan ‘tanah’ karena letaknya di hilir atau delta Sungai Rhine (salah satu sungai besar yang terdapat di Benua Eropa), Sungai Meuse dan Sungai, Schelde,. Tetapi bagaimana dengan api ?. Bagaimana Belanda memanfaatkan api. Apa inovasi energi Belanda dengan api. Faktanya, Belanda hanya mempunyai 3 gunung berapi (Gunung Scenery 887m, The Quill 601m dan Zuidwal) dan salah satunya sudah tidak aktif (Zuidwal). Bandingkan dengan Indonesia yang ditahun 2012 saja memiliki 127 gunung yang masih aktif. Bagaimana ya kira-kira Inovasi Belanda dalam memenuhi kebuthan negeranya akan api ?.

image003

Belanda memanfaatkan ketersedian air dengan membuat tanggul-tanggul yang dapat menggerakan turbin-turbin sehingga menghasilkan energi, selain itu Belanda juga memanfaatkan energi pasang surut air (tidal energy) laut, teknologi osmosis yang menggunakan perbedaan ‘freshwater’ dan ‘saltwater’ untuk menghasilkan energi seperti energi listik yang disebut sebagai blue energy. Tidak mengherankan jika di Negara Belanda terdapat banyak tanggul, dan salah satu yang terkenal adalah The Afsluitdijk. Selain untuk mengatasi masalah banjir karena letak dataran yang lebih rendah dibandingkan permukaan air, The Afsluitdijk juga dimanfaatkan untuk menggerakan turbin-turbin dibawah air untuk menghasilkan energi.

Nah, setelah kita bahas sedikit tentang pemanfaat air untuk energi sekarang giliran udara. Bagaimana ya, pemanfaat udara untuk menghasilkan energi di Belanda ?. Mirip dengan air, udara di Belanda dimanfaatkan dengan bantuan turbin agar dapat menghaslkan energi. Sama halnya dengan turbin air (watermill), turbin udara awalnya di bangun untuk mengatasi masalah banjir dan pengairan ladang-ladang di Belanda. Seiring dengan berajalannya waktu, kini turbin-turbin itu digunakan juga untuk menghasilkan energi. Menurut situs windmillworld.com terdapat 1150 turbin udara di Belanda dan jumlah ini terus meningkat. Wah, wah, wah, banyak juga ya. Salah satu turbin udara yang terkenal di Belanda adalah The Kinderdijk, yang dibangun tahun 1740 dan terdiri dari 19 turbin udara.

image005

Dalam hal tanah Negara Belanda membuat Deltaworks dan The Zuiderzee Works. Apa itu Deltaworks dan The Zuiderzee Works ?. Deltaworks adalah bangunan yang terdiri dari tanggul-tanggul, pintu air dan penghalang air. Bangunan ini awalnya didirikan untuk mencegah banjir di daerah hilir Sungai Rhine, Meuse dan Scheldt. Selain mencegah banjir ternyata bangunan ini juga bermanfaat untuk pengaturan aliran ‘saltwater’ dari laut sehingga menghasilkan ‘portable water’ dan ‘fresh water’ untuk irigrasi ladang. Sama dengan Deltaworks, The Zuiderzee Works terbuat dari beberapa tanggul dan saluran air. The Zuiderzee Works juga berfungsi untuk mencegah banjir serta menambah tanah untuk pertanian. Luas Negara Belanda juga bertambah lho semenjak difungsikannya kedua bangunan ini. Hebat Ya !.

image004

Nah sekarang kita sampai kepada Api. Api telah menjadi kebutuhan dasar manusia sejak dahulu kala. Api dipergunakan umumnya untuk memasak makanan sehari-hari. Lalu, bagaimanan ya inovasi Negara Belanda dalam memenuhi kebutuhannya akan api?. Untuk memenuhi kebutuhan akan api ini, Negara Belanda melakukan inovasi diantaranya mengembangkan energi yang diperoleh dari energi matahari atau (solar energy) , energi panas bumi dan biomasa (biomass energy).

image006

Contoh kota yang menggunakan energi matahari adalah Alkmaar dan Langedijk, di daerah ini terdapat sekitar 3000 rumah. Di rumah-rumah tersebut rata-rata sudah menggunakan energi matahari dengan bantuan teknologi yang disebut photovoltaic (PV) solar yang terdapat di atap rumah-rumah atau bangunan unutuk menyerap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik atau energi panas sebagai pengganti api, dengan demikian dapat mengurangi kadar karbondioksida sebagai zat sisa pembakaran dari api. Selain energi matahari, ada juga nih energi yang ramah lingkungan, namanya energi biomasa yang diperoleh dari organisme hidup yang telah mati. Di Belanda terdapat beberapa stasiun energi yang menggunakan biomass sebagai bahan bakarnya. Salah satu yang terbesar terdapat di daerah Maasvlakte dengan kapasistas 1,070MW. Wah, hebat ya Negara Belanda ini !.

image008

Selain kedua energi diata terdapat juga geothermal energy yang sedang dikembangkan oleh Negara Belanda. Energi panas bumi adalah energi yang diperoleh dari kerak bumi, lapisan bumi dengan suhu yang tinggi. Dengan memanfaatkan energi panas ini dapat megnurangi 2-3% emisi gas karbondioksida, zat yang berbahaya bagi atmosfer bumi kita ini. Oleh karena itu Belanda berupaya dalam mengembangkan energi yang satu ini. Energi panas bumi ini dapat dimanfaatkan unutuk pemanas dan dikonversi menjadi listik.Salah satu pusat penghasil energi panas bumi di Belanda terdapat di daerah Bleiswijk.

image007

Demikianlah beberapa inovasi Negara Belanda dalam memanfaatkan air, udara, tanah dan api bagi kemajuan negaranya. Kita sebagai Warga Negeara Indonesia dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang besar memiliki potensi yang besar untuk bisa maju dan inovatif seperti Negara Belanda, oleh karena itu mari kita semangat dan terus belajar dalam menggali potensi yang dimiliki bangsa, seperti yang dilakukan Belanda. Salam.

image009

Daftar Pustaka
Andrei, Mihai. 2015. Dutch Windmill Might Revolutionize Wind Energy Generation
Best traditional palces to visit in Holland. Diakses tanggal 25 april 2015 dari www.Meet Mr. holand blog
Deltaworks. Diakses tanggal 25 april 2015 dari www.deltawarken.com
Dutch Crown Prince quits IOC in preparation to become king. Diakses tanggal 25 april 2015 dari sports illustrated
Holland’s high tech flood protection. Diakses tanggal 25 april 2015 dari www.hollandtrade.com
Kimmelman, Michael (13 February 2013). Going With the Flow. Diakses tanggal 25 april 2015 dair The New York Times.
Lu & Chan. 2014. Most Innovative Countries. www.bloomberg.com http://deltas.usgs.gov/rivers.aspx?river=rhine
Netherlands boundaries in the North Sea. Diakses tanggal 25 april 2015 dari Ministry of Defence.
Popa, Bogdan. 2009. Afsluitdijk-Cruising over Water. Diakses tanggal 25 aprl 2015 dari www.autoevolution.com
Rijkwaterstaat., Dutch Ministry of Infrastructure and Environment. (2014). Water Innovations in the Netherland. The Hague: Ministry of Foreign Affairs and Netherlands Enterprise Agency (RVO.nl)
Seven Wonders. Asce.org (19 July 2010). Diakses tanggal 25 april 2015 dari www.Asce.org
The Netherlands a country for Innovation (NOI). Energy innovation agenda public version.
Towards a sustainable, reliable and affordable energy system in the netherlands. Diakses tanggal 25 april 2015 dari www.hollandtrade.com
Volacano In Netherlands. Diakses tanggal 25 april 2015 dari http://www.cn.dnb.nl/nl
2009. World’s first mine-water power station opens in Heerlen. Diakses tanggal 25 april 2015 dari European Commission : Eco-innovation action plan
2010. City of the sun : Illuminating sustainable cities. Diakses tanggal 25 april 2015 dari www.ec.europa.eu
2011. Holland’s first 130 kph road is the Afsluitdijk. Diakses tanggal 25 april 2015 dari www.DutchNews.nl
2014. MADE IN HOLLAND DIGITAL BROCHURE: Water Technology. The Netherlands : Ministry of Foreign Affairs and Netherlands Enterprise Agency (RVO.nl). Diakses tanggal 25 april 2015 dari www.hollandtrade.com
2014. MADE IN HOLLAND ENERGY DIGITAL BROCHURE: Empowring the new economy. Social solutions. flexible and clean energy. Smart grids. Artificial leaves. Solutions to global challenges. The Netherlands : Ministry of Foreign Affairs and Netherlands Enterprise Agency (RVO.nl). Diakses tanggal 25 april 20155 dari www.holandtrade.com
2014. MADE IN HOLLAND ENERGY INNOVATION DIGITAL BROCHURE: Dutch answer to a global chal power station opens tlenge. The Netherlands : Ministry of Foreign Affairs and Netherlands Enterprise Agency (RVO.nl). Diunduh tanggal 25 april 2015 dari www.hollandtrade.com

Informasi Gambar :
Diakses tanggal 25 april 2015 dari Diakses tanggal 25 april 2015 dari http://inhabitat.com/heerlen-minewater-project/
Diakses tanggal 25 april 2015 dari https://meetmrholland.wordpress.com/tag/kinderdijk/
Diakses tanggal 25 april 2015 dari http://en.wikipedia.org/wiki/Zuiderzee_Works
Diakses tanggal 25 april 2015 dari http://www.sevensound.nl/home
Diakses tanggal 26 april 2015 dari https://www.maps.com/ref_map.aspx?pid=12213
Diakses tanggal 26 april 2015 dari https://www.maps.com/ref_map.aspx?pid=12213
Diakses tanggal 26 april 2015 dari https://www.maps.com/ref_map.aspx?pid=12213
Diakses tanggal 26 april 2015 dari accounts.google.com/ServiceLoginAuth
Diakses tanggal 65 april 2015 dari http://bandungtechnopark.com/page/7/