300. KEHIDUPAN BELANDA YANG DEKAT DENGAN AIR

Penulis : Dini Hasdianti
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Permukaan bumi memiliki empat elemen. Yang pastinya setiap negara memiliki elemen-elemen tersebut untuk membuat negara itu tampak maju, indah dan sempurna. Ke empat elemen tersebut yaitu dari segi air, api, udara, dan tanah. Tepatnya di negara belanda sendiri, yang mana memiliki empat elemen kehidupan yang membuat negaranya tampak sempurna dengan elemen-elemen tersebut.

“World/Dunia” itulah yang di katakan oleh seluruh manusia di muka bumi ini. Dunia yang sangat luas dan besar untuk di telusuri. Dan di sana banyaknya belahan-belahan negara. Salah satunya yaitu negara belanda. Belanda yang terletak di baian barat Eropa, berbatasan dengan Belgia dan Jerman. Negara belanda jika disadari adalah negara yang ukurannya sangat kecil. Negara yang terletak tepat di pinggir laut ini. Namun dibalik itu semua, dengan permukaan daerah yang kecil pasti memiliki kelebihan. Untuk negara belanda sendiri yang merupakan negara terkecil ini sangat kaya akan kesuburan daerahnya. Dan tidak sedikit pariwisata atau pengunjung yang sengaja menginjak kakinya untuk melihat keindahan alam yang dimiliki oleh Belanda ini.

Belanda atau Netherlands ini terdiri dari negara Belanda sendiri dan enam kepulauan Aruba dan Netherlands Antilles di Laut Karibia. Nama resmi negara ini adalah Nederland yang berarti ‘negara yang berada di tanah rendah’, karena sebagian besar tanahnya berada atau di bawah ketinggian permukaan air. Dan Amsterdam adalah ibu kota Belanda secara de jure.

Belanda merupakan salah satu negara yang terpadat di dunia. Ketika membicarakan air dan Belanda. Maka hal pertama kali yang terlintas dipikiran adalah bahwa sebagian besar wilayah Belanda berada di bawah permukaan air laut.

Itulah salah satu keunikan Negeri Belanda, yaitu permukaan tanahnya yang sangat rata. Hampir separuh negara Belanda berada kurang dari 1 meter di bawah permukaan laut. Walaupun demikian, provinsi Limburg yang berada di tenggara negeri Belanda sedikit berbukit. Dataran tertinggi Belanda hanya setinggi 323 meter dan hal tersebut sudah disebut “Gunung”. Permukaan tertinggi ialah Vaalserberg, yang berada di provinsi Limburg. Permukaan yang terindah ialah Nieuwerkerk aan den Ijssel yang berada 6,76 di bawah permukaan laut. Dengan permukaan Belanda yang sangat rendah ini, yang menyebabkan fakta bahwa kehidupan orang Belanda sangatlah dekat dengan air.

Permukaan Belanda yang seperti ini, Belanda membangun banyak kincir selama berabad-abad. Dengan kincir-kincir inilah pertama kalinya mereka membangun sebuah negeri. Kincir ini sangat berpengaruh dengan keadaan permukaan yang lebih besar airnya dari pada tanah.

image002

image001

Belanda yang memiliki iklim berangin menggunakan angin melalui kincir-kincir itu untuk melawan air. Yang dari awalnya telah diketahui bahwa sebagian besar permukaannya adalah air. Namun kincir-kincir ini pun juga banyak didirikan untuk berbagai keperluan lain yang berkaitan dengan industri. Dan ini merupakan salah satu alasan kenapa Belanda sering didengar sebagai Negeri Kincir Angin.
Selain dari kincir yang terkenal di Belanda, masih banyak tempat yang bisa dilihat di Belanda. Bisa dengan berjalan kaki menyusuri kota, melakukan perjalanan dengan perahu di kanal atau danau, bersantai di pantai atau berjalan melalui hutan atau bukit pasir. Dan hal lainnya yang terkenal akan indahnya pemandangan alam yaitu bunga tulip yang sering diminati para wisatawan untuk melihatnya.

Bunga tulip telah menjadi simbol Belanda yang banyak dicintai wisatawan apalagi oleh penduduk aslinya. Salah satu kota di Belanda yang terkenal dengan keindahan bunga tulip adalah Anna Paulowna. Terletak di bagian Belanda sebelah Utara, Anna Paulowna merupakan kota dengan taman-taman bunga yang indah.

image003

image004

Belanda merupakan taman bunga sepanjang tahunnya, bahkan ketika musim semi telah berakhir. Wisatawan yang datang ke taman-taman bunga di Anna Paulowna akan selalu dapat melihat indahnya bunga-bunga khas negeri kincir angin ini.

Pada abad ke 20, bunga telah menjadi komoditas dan industri di Belanda yang terus mengalami perkembangan. Seiring dengan perkembangan tersebut, banyak bermunculan pusat perdagangan bunga, koperasi petani, dan balai lelang di kota-kota penghasilan bunga Belanda. Saat ini Belanda merupakan produsen bunga dalam jumlah besar. Belanda merupakan pemasok bunga lebih dari seratus negara di seluruh dunia. Dan dengan ini, Belanda pun dikenal akan pertanian dan industinya yang sangat besar.

Selain itu, hanya dengan dasar air yang tidak bisa lepas dari kehidupan mereka, membuat mereka semakin berkreasi akan teknologi yang berkaitan dengan air. Sayangnya hal ini banyak orang-orang menyangka yang hanya terfokuskan oleh Belanda yaitu bendungan saja. Padahal itu hanyalah sebagian dari keseluruhan kreasi akan teknologi air yang mereka miliki. Salah satu yang sangat penting adalah teknologi remediasi air mereka yang telah menjadi wajah perekonomian dan perindustrian di Belanda.

Dikarenakan posisi mereka yang berada di sekitar delta Rhine sehingga polusi air akan dengan mudah menyebabkan sebagian besar negara ini terpolusi. Hal ini juga terkait akan banyaknya populasi manusia di Belanda dan sangat banyak pastinya industri di sana yang akan membuang limbah mereka ke sungai-sungai. Situasi ini diperburuk dengan fakta bahwa sebagian besar wilayah Belanda ada di bawah permukaan laut. Sehingga sangat besar pengaruh atau dampak bagi mereka jika terjadi hal terkecil apapun pada situasi ini. Bahkan mereka adalah negara pertama yang telah memberlakukan pajak untuk air limbah. Tindakan ini dilakukan untuk solusi limbah-limbah tersebut yang mana pemeran utamanya adalah masyarakat itu sendiri.

Dan yang tidak kalah hebatnya lagi oleh perusahaan Belanda lainnya yang mengembangkan inovasi teknologi dalam remediasi air yang sangat fenomenal yaitu Norit NV. Yang mana teknologi ini membuat inovasi baru, bukan hanya dapat membersihkan air agar tidak berbahaya bagi lingkungan, namun membuat air limbah yang sebelumnya berbahaya kembali menjadi air yang layak untuk diminum dengan teknologi yang sangat cemerlang ini. Hal ini telah terbukti, dimana setiap harinya perusahaan ini dapat menyediakan air bersih sebagaimana layak untuk diminum yaitu sebanyak 336.000 liter dengan menggunakan seven advanced Perfector-E compact water treatment system mereka. Mereka sudah sering menjadi penyedia air dalam kejadian-kejadian bencana alam, seperti kejadian bencana alam yaitu tsunami di Aceh dan bencana alam lainnya yaitu gempa di Haiti.

image005

Sudah sangat jelas, Belanda yang tidak jauh kehidupannya dengan air membuat mereka semakin banyak memiliki kreasi atau inovatif. Dengan kreasi-kreasi yang mereka ciptakan ini atau penemuan baru yang selalu bermunculan membuat mereka terkenal akan teknologi atau perusahaan yang hebat pastinya. Bukan hanya menyangkal bahwa Belanda yang memiliki pernukaan sangat rendah ini atau tepatnya di bawah permukaan laut hanya dapat membangun bendungan atau kincir angin saja, namun mereka yang selalu berfikir-berfikir bagaimana caranya mengolah negara mereka untuk semakin maju dan tidak akan kalah dengan negara-negara hebat lainnya.

Referensi :
• makinseru.com,
• https://iqbal920.wordpress.com/2010/04/30/tulisan-dari-blogger-pemula-bagaimana-orang-belanda-mengendalikan-air/,
• http://www.okwave.com/arigato/id/posts/21961
• pursuingmydreams.com
• https://ada2ja.wordpress.com/fakta-unik-negara-belandasambungan/