303. QUADCOPTER FOR FIRE

Penulis : HERMON TEGUH JAY MALEWA
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Siapa disini yang pernah dilanda kebakaran? Kebakaran merupakan salah satu bentu kecelakaan yang sangat menjengkelkan, baik yang dikarenakan kelalaian manusia, maupun yang dikarenakan bencana alam. Kebakaran pasti berhubungan dengan api. Api adalah proses oksidasi yang berlangsung dengan cepat dan simultan oleh proses kimiawi pembakaran material eksotermik, yang melepaskan cahaya, panas, dan berbagai reaksi pada produk. Api dapat membakar banyak sekali material hingga gosong, terutama barang yang terbuat dari kayu. Kebakaran, dapat disebabkan oleh hal-hal berikut :
• Peralatan elektronik rumah tangga dan perlengkapan memasak, kompor, oven, mesin cuci, pemanas ruangan, dan lain sebagainya.
• Penggunaan bahan api oleh anak-anak yang tidak dipantau, seperti seorang anak bermain kembang api didekat kendaraan berbensin.
• Penggunaan lilin yang berlebih dan tidak dipantau.
• Penggunaan bahan kimia dan gas LP (Liquid Proteleum) yang tidak sesuai prosedur.
• Kerusakan atau hubungan arus pendek pada rangkaian listrik di gedung.
• Musim panas yang berkepanjangan.
• Petir yang menyambar, terutama saat menyambar pohon-pohon di hutan.
• Merokok di tempat yang dekat dengan bahan mudah terbakar

Oleh karena itu, tidak jarang peristiwa kebakaran terjadi di hutan, perumahan, dan pabrik reproduksi.

Nowadays

image003

Beberapa bulan kebelakang, berita mancanegara dihebohkan dengan kasus kebakaran di Belanda. Pada 20 Februari 2015, terjadi kebakaran di gedung apartemen Belanda dan 40 orang terluka. Kebakaran melanda gedung apartemen besar di kota Nijmegen, Amsterdam. Pada 21 April 2015, terjadi kebakaran di gedung Kedutaan Besar Inggris di Den Haag, Belanda. Otoritas Belanda meyakini insiden ini disengaja dan seorang pria yang diyakini terlibat kebakaran telah ditangkap. Lalu masih banyak berita kebakaran mancanegara lainnya di luar Belanda. Dalam skala lokal, baru saja terjadi kebakaran pada 30 Maret 2015 di gedung Centennial Tower, Jakarta. Dalam kebakaran tersebut, asap tebal mengepung basement. Sehingga petugas pemadam kebakaran mengalami kesulitan dalam melakukan proses evakuasi dan proses pemadaman api. Semoga hal serupa tidak terjadi lagi di Indonesia, bahkan Belanda.

Innovation

image005

Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan inovasi yang menurut saya bisa memberikan opsi tambahan untuk membantu pemadam kebakaran dalam proses evakuasi korban dan penanggulangan kebakaran. Kita bisa memadukan kemampuan teknologi drone yaitu Quadcopter. Quadcopter ini diharapkan bisa membantu proses evakuasi korban kebakaran. Quadcopter dilengkapi dengan kamera dan dibuat dari bahan anti panas. Lalu Quadcopter ini dapat memantau hampir seluruh medan tempat kebakaran terjadi, bahkan juga dapat memantau tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh manusia. Dengan menggunakan hasil pantauan Quadcopter ini, diharapkan pihak pemadam kebakaran mendapatkan informasi yang jauh lebih cepat daripada menggunakan kemampuan fisik manusia untuk menerjang api. Dengan Quadcopter ini juga, kita dapat menekan tingkat kecelakaan karena melakukan usaha penyelamatan yang sia-sia. Berikut adalah diagram alur kerja sistem Quadcopter.

image008

Dengan memaksimalkan fungsi kerja Quadcopter ini, kita juga bisa menggunakannya di medan lain, seperti tempat terjadinya gempa bumi, tanah longsor, dan lain sebagainya. Lalu kita dapat menekan jumlah korban sia-sia yang dilakukan saat evakuasi.

Sumber
“Glossary of Wildland Fire Terminology” (PDF). National Wildfire Coordinating Group. November 2009.
National Fire Protection Assosiaction. http://www.nfpa.org. Diakses pada 26 April 2015.
Kedubes Inggris di Belanda DIlanda Kebakaranm 1 Orang Ditangkap. http://news.detik.com/read/2015/04/21/154048/2893874/1148/kedubes-inggris-di-belanda-dilanda-kebakaran-1-orang-ditangkap. Diakses pada 26 April 2015.
Gedung Apartemen di Belanda Terbakar, Lebih dari 40 Orang Terluka. http://news.detik.com/read/2015/02/20/153351/2838381/1148/gedung-apartemen-di-belanda-terbakar-lebih-dari-40-orang-terluka. Diakses pada 26 April 2015.
Dikepung Asap Tebal, Petugas Kesulitan Evakuasi Pekerja di Centennial Tower. http://news.detik.com/read/2015/03/30/035520/2872973/10/dikepung-asap-tebal-petugas-kesulitan-evakuasi-pekerja-di-centennial-tower. Diakses pada 26 April 2015