305. Api Abadi van Holland

Penulis : Alvin Dwi Nanda
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Prestasi Belanda dalam kemajuan teknologi energi terbarukan di kancah internasional sangat memukau. Dari inovasi terhadap energi angin, energi air sampai energi sinar matahari. Berawal dari segala rasa ingin tahu dan semangat mencoba hal baru, maka Belanda dapat terus selalu berinovasi.

Tahukah Anda bahwa Belanda punya Api Abadi?

Sumber Energi Abadi yang disebut Api Abadi yaitu Sinar Matahari. Itu adalah salah satu energi alam yang senantiasa ada. Belanda mempunyai beragam inovasi untuk menggunakan kekuatan Api Abadi tersebut. Inovasi-inovasi terhadap Api Abadi van Holland antara lain :
1. Solar Island Almere
Pulau sel surya yang disebut dengan “Solar Island Almere” ,merupakan sebuah pulau dengan luas lahan sel surya sebesar 6,900 m2 yang mampu memenuhi 10% dari total kebutuhan energy 2700 rumah dan beberapa fasilitas lokal yang ada sekitar area pulau.

image001
Solar Island Almere , (https://iinparlina.wordpress.com)

2. Helianthos
Helianthos, panel surya tipis yang membuat pembangkit tenaga surya bisa dipasang di tempat-tempat yang tidak bisa dipasang panel surya konvensional.

image002
Helianthos , (https://iinparlina.wordpress.com)

3. Nuna
Kendaraan berbahan bakar tenaga matahari, Nuna yang dibangun oleh mahasiswa dari TU Delft dan dijalankan The Dutch Nuon Solar Team yang berhasil memenangkan lomba balap sebanyak 4 kali di Australia pada World Solar Challenge 2009.

image003
Nuna , (https://iinparlina.wordpress.com)

4. Inovasi Rumah Kaca
Belanda berhasil menjalankan program pembangkit listrik dari rumah-rumah kaca yang ada di sana. Rumah-rumah kaca ini tak hanya memperkuat sektor pertanian Belanda, tapi juga mendulang energi yang bisa digunakan untuk pertanian itu sendiri.

image004
Program Pemanfaatan Rumah Kaca untuk mendulang energi , (https://iinparlina.wordpress.com)

5. Solar Collector Untuk Multifungsi
S-Solar dan White mengembangkan sistem baru dengan bagian muka yang dirancang aktif dan untuk multifungsi seperti pemanasan, pendinginan, air keran panas, pelindung surya dan pembangkit listrik.

image005
Solar Collector , (http://en.ssolar.com)

6. ATC Solar Curve Electric Buss charging station
Studio Mango merancang SOLAR CURVE, agar sesuai dengan tampilan jalan kota Noord-Brabant saat ini dan cocok untuk pemberhentian bus berbahan bakar listrik. Kekuatan listrik yang dibutuhkan untuk mengisi bus kota sepenuhnya dikompensasi oleh 15,5 m “panel surya di atap, yang jelas terlihat dalam desain dari dalam & luar.

image006
Solar Curve , (http://www.studiomango.nl)

7. SolaRoad
SolaRoad merupakan pembangkit listrik yang dibuat dengan melekatkan kristal silikon sel surya pada beton dan dilapisi kaca tempered setebal 1 cm. dengan posisi sedikit miring kesetiap sisi (seperti aspal pada umumnya) akan membuat permukaan jalur sepeda tetap bersih jika terkena air hujan. SolaRoad dapat difungsikan untuk daya pada traffic lights, komponen pemanas salju, dan beberapa koridornya dapat digunakan untuk jalur fiber optic.

image007
SolaRoad , (http://pewartaekbis.com)

Inovasi Belanda dengan Api Abadi
Dengan Api Abadi, Belanda menghasilkan inovasi kreatif di berbagai bidang yang berkontribusi dalam kesuksesan Belanda di dunia internasional. Keterbatasan dari segi geografis membuat orang Belanda senantiasa berinovasi kreatif. Pemanfaatan energi Api Abadi menjadi solusi untuk teknologi energi terbarukan. Belanda sudah berhasil memanfaatkanya dengan beragam inovasi kreatif. Jadi, sudahkah kita berinovasi kreatif?

Referensi :

https://iinparlina.wordpress.com/2013/05/12/belanda-sang-pionir-energi-baru-dan-terbarukan-dunia/

http://en.ssolar.com/Press/ArticleArchive/Article/tabid/247/ItemID/69/View/Details/Default.aspx

http://www.studiomango.nl/portfolio-items/atc-solar-curve-electric-buss-charging-station/#prettyPhoto

http://bikestreak.com/belanda-membangun-jalur-sepeda-berteknologi-sel-surya/

http://pewartaekbis.com/wow-belanda-punya-jalan-penyerap-energi-matahari/10490/