306. Api Obor Pendidikan Belanda

Penulis : Alvin Dwi Nanda
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

SEMANGAT PAGI!!!

Ucapan itu saya dapatkan dari guru saya sewaktu di SMA dulu. Makna semangat pagi berarti kita harus selalu semangat seperti di pagi hari. OK, mari kita bersemangat pagi untuk mengetahui tentang judul tulisan kita. Apa maksudnya “Api Obor Pendidikan Belanda” ? Lho, temanya kan tentang Inovasi Belanda pada Empat Elemen Kehidupan yaitu Api, Air, Udara dan Tanah… kok malah bahas pendidikan??? NAH, perlu kita ketahui bahwa elemen kehidupan di tahun 2015 sudah berkembang lebih luas. Jadi, judul tersebut juga termasuk dalam tema tulisan.

image001

Apa itu Api?
api n 1 panas dan cahaya yg berasal dr sesuatu yg terbakar; nyala: di dekat — itu tampak beberapa orang berdiang; 2 kebakaran: bahaya — sering terjadi di kota-kota besar; 3 ki perasaan yg menggelora (tt cinta, perjuangan); semangat.

Apa itu Obor?
obor n 1 suluh terbuat dr daun kelapa kering atau seruas bambu yg diisi minyak tanah (minyak kelapa), ujungnya disumpal dng secarik kain (atau sabut); 2 ki pemberi penerangan, petunjuk, penuntun, dsb;

Apa itu Pendidikan Belanda?
Fitur sistem pendidikan Belanda kebanyakan berbeda pada berbagai jenis sekolah, masing-masing menawarkan kurikulum yang diarahkan untuk kebutuhan murid. Pendidikan menengah membuka jalan bagi pendidikan kejuruan atau lebih tinggi. Semakin tinggi sistem pendidikan bertujuan untuk memberikan pengajaran berkualitas dan pelatihan di tingkat profesional atau akademis. Pendidikan khusus diberikan kepada siswa dengan kesulitan belajar dan perilaku.

“Api Obor Pendidikan Belanda”
Semangat dari pemerintah Belanda untuk terus menuntun perkembangan pendidikan Belanda. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai inovasi Belanda untuk terus menghidupkan “Api Obor Pendidikan Belanda” , diataranya :
1. 5 Juta Euro (€ ) Untuk Program Beasiswa Internasional
Program ini diluncurkan oleh Jet Bussemaker, Menteri Pendidikan Belanda. Tujuannya untuk menarik pelajar-pelajar terbaik dari luar negeri untuk belajar di Belanda. Pelajar dalam negeri juga didorong untuk belajar di luar negeri. Menteri pendidikan Jet Bussemaker mengemukakan bahwa pendidikan Internasional membantu pelajar untuk menjadi pemikir kritis dan independen yang dapat mendorong perubahan melalui kombinasi kreativitas, berani dan ambisi. Program beasiswa yang akan diberikan yaitu dana pendidikan sejumlah 1.000 hibah per tahun, setiap hibah akan senilai € 5.000.
2. Pemerintah Belanda Memberikan Lampu Hijau bagi Sekolah Dasar untuk Mengajar Bahasa Asing
Kabinet memutuskan bahwa, dari 1 Agustus 2015, sekolah dasar akan diizinkan untuk menyisihkan 15% dari waktu kelas mereka untuk menggunakan salah satu bahasa asing yaitu Inggris, Jerman atau Perancis tersebut sebagai bahasa pengantar. Keputusan Kabinet ini untuk menanggapi aspirasi sekolah dan orang tua untuk memberikan anak-anak pendidikan internasional yang lebih bersaing. Untuk tujuan ini, sebuah RUU akan diserahkan musim panas ini oleh Sander Dekker (Sekretaris Negara untuk Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan) untuk pendapat kepada Dewan Negara.
3. Pemerintah Ingin Bertindak Lebih Cepat terhadap Kegagalan Sekolah
Pemerintah ingin bertindak cepat dalam kasus kegagalan sekolah dan telah mengusulkan RUU yang akan memaksa sekolah untuk meningkatkan kinerja mereka. Begitu kinerja sekolah kurang memuaskan, mereka akan diberi peringatan dan dibantu untuk melakukan perbaikan. Apabila dalam satu tahun masih dinilai sebagai “Sekolah Gagal” dan jika mereka tidak memperbaikinya, sanksi utama dapat dikenakan – pendanaan dapat dihentikan atau sekolah bisa ditutup. RUU ini akan menekankan pencegahan.

Inovasi lain yang dilakukan oleh pemerintah Belanda yaitu :
Menyalakan “Api Obor Pendidikan Belanda” di Universitas Utrecht

Universiteit Utrecht memang sedari dulu termasyur dan memiliki tradisi panjang, sebagai salah satu pusat studi pilihan utama. Hingga saat ini Utrecht adalah universitas nomer 40 di dunia, nomor 6 se Eropa dan nomer 1 di Belanda. Banyak guru-guru besar nya memegang profesi penting di berbagai organisasi dunia.

image002
Utrecht Universiteit , (http://nvo.or.id/)

- Inovasi Pertama
Kelengkapan belajar sebuah universitas yaitu perpustakaan. Utrecht memiliki perpustakaan yang megah, nyaman, dan sangat lengkap fasilitasnya. Mulai dari monitor komputer ukuran besar yang nyaman, ruang studi privat, hingga tersedianya bantal-bantal raksasa, untuk meluruskan badan setelah penat belajar.
- Inovasi Kedua
Koleksi perpustakaan Utrecht, ada koleksi fisik literatur buku sebanyak empat kali lapangan sepak bola dan koleksi buku disini, lebih lengkap daripada London School of Economics, serta database buku milik Universitas Utrecht sejak dulu termasuk salah satu yang terlengkap di dunia. Untuk koleksi digital perpustakaan, mahasiswa Utrecht selama menjalani kuliah, akan memiliki akses unlimited ke berbagai jurnal ilmiah, sehingga tak akan susah mengakses berbagai perkembangan referensi keilmuan terbaru dari dunia internasional.
- Inovasi Ketiga
Masyarakat Belanda sudah terbiasa berganti bahasa, sehingga tidak menjadi suatu kendala bagi international student untuk beradaptasi dengan masyarakat lokal. Ini menjadi suatu keuntungan bagi perkembangan inovasi pendidikan Belanda. Satu hal lagi yang membuat “Api Obor Pendidikan Belanda” terus menyala yaitu fasilitas bagi para pelajar di kota Utrecht berupa fasilitas parkir sepeda. Utrecht diklaim sebagai kota teramah bagi pengguna sepeda di dunia. Pemerintah kota Utrecht membangun 12.500 fasilitas parkir sepeda yang ditasbihkan sebagai terbesar di dunia

image003
Parkir Sepeda di Sepanjang Utrecht Kampus , (http://nvo.or.id/)

“Api Obor Pendidikan Belanda” sebagai Inovasi Terbaik Belanda
Belanda dapat meraup segala kesuksesannya karena inovasi-inovasi yang diinvestasikan sebagai “Bahan Bakar” untuk terus menyalakan “Api Obor Pendidikan Belanda”. Semakin terang “Api” tersebut, maka semakin berkembanglah berbagai kemajuan Belanda. Dunia sudah mengakui kehebatan Belanda dengan berbagai inovasi ciptaan orang Belanda. Modal dasar dari Belanda untuk menciptakan kesuksesan negaranya yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidikan warga negaranya. Karena dengan demikian, kemajuan dan kesuksesan negara akan diraih. “Api” Belanda tidak pernah padam karena banyaknya inovasi untuk “Bahan Bakar” menyalakannya.

Apakah kita masih tidak percaya manfaat Pendidikan? Belanda sudah membuktikannya!!!

Referensi :

http://ardy.or.id/2011/11/16/pembukaan-sea-games-2011.xhtml

http://kbbi.web.id/api

http://kbbi.web.id/obor

http://www.government.nl/issues/education

http://www.government.nl/issues/education/news/2014/07/28/5-million-for-international-scholarship-programme.html

http://www.government.nl/issues/education/news/2014/06/27/government-gives-go-ahead-to-teaching-in-foreign-languages-in-primary-school.html

http://www.government.nl/issues/education/news/2013/03/15/government-wants-to-act-faster-on-failing-schools.html

http://nvo.or.id/utrecht-kota-pelajar-nya-belanda/