311. Windwheel Solution

Penulis : Agus Wahyudi
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

image002

Belanda merupakan negara yang terletak di bagian eropa timur yang memiliki luas wilayah 41.528 km2. Hal pertama yang terlintas dalam benak saya mengenai Negara Belanda adalah tim sepak bolanya atau yang lebih dikenal dengan The Orange. Belanda, sering disebut juga sebagai negeri bunga tulip dikarenakan banyaknya bunga tulip yang tumbuh atau ditanam di Belanda. Selain terkenal dengan bunga tulipnya Belanda juga dikenal sebagai negeri kincir angin.

Pada abad ke-17, Belanda memanfaatkan angin sebagai sumber energi yang sangat penting. Kincir angin dimanfaatkan Negara Belanda untuk memompa air dari lahan yang kering serta kincir angin juga digunakan untuk menggiling gandum. Hingga saat ini kurang lebih dari 1.000 kincir angin masih tetap terjaga dan dirawat sebagai bagian dari warisan Negara Belanda. Berdasarkan fakta di atas bisa digambarkan bahwa Belanda sudah memanfaatkan elemen angin untuk membantu aktifitas kehidupannya yang sudah dimulai sejak beberapa abad yang lalu. Inovasi – inovasi terhadap pemanfaatan elemen angin pun terus meningkat dan bertambah. Sehingga saya memilih elemen angin yang menjadi elemen utama pada tulisan ini.

The Dutch Windwheel merupakan inovasi terbaru Belanda yang memanfaatkan elemen angin sebagai sumber energi utamanya. The Dutch Windwheel masih mengadopsi prinsip kerja dari kincir angin akan tetapi The Dutch Windwheel diharapkan menjadi ‘kincir angin’ paling inovatif di dunia. Sebuah maha karya untuk menghasilkan teknologi yang ramah lingkungan dan penggerak dalam energi terbarukan. The Dutch Windwheel diyakini akan menjadi ikon masa depan Negara Belanda dan sesuatu yang menjadi ciri khas di kota pelabuhan terbesar di Eropa yaitu Kota Rotterdam. Diharapkan dengan adanya The Dutch Windwheel ini akan menjadi ikon baru dan berkelanjutan bagi Negara Belanda serta dapat menjadi daya tarik wisatawan secara global untuk berkunjung ke Belanda.

Ide jenius untuk membangun The Dutch Windwheel ini dinahkodai oleh Dutch Windwheel Corporation, sebuah perusahaan yang bermarkas di Kota Rotterdam. The Dutch Windwheel menganut tekonologi EWICON (Electrostatic Wind Energy Converter) yang berarti prinsip kerjanya memanfaatkan turbin angin untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik tanpa menggunakan mesin, tanpa suara, serta dibangun dengan memanfaatkan limbah – limbah industri baja yang berada di Kota Rotterdam. The Dutch Windwheel dapat dibangun baik di darat dan lepas pantai atau laut. Teknologi ini sebelumnya telah dikembangkan di Universitas Teknologi Delft. Para peneliti di UTD melakukan percobaan dengan mengamati partikel angin yang bergerak untuk menghasilkan medan listrik. Dua metode dimanfaatkan dalam percobaan ini yaitu electrohydrodynamic atomisation dan high pressure monodisperse spraying. Melalui dua metode ini energi angin dirubah menjadi energi listrik yang kemudian dikirim menuju sistem listrik dengan efisiensi yang positif. Integrasi semua jenis teknologi yang berkelanjutan dan inivatif merupakan daya tarik tersendiri bagi The Dutch Windwheel.

The Dutch Windwheel ini juga akan menjadi wahana bagi para wisatawan untuk dapat menikmati Kota Rotterdam, melihat pelabuhan – pelabuhan terbesar yang ada di eropa, serta pemandangan kota – kota seperti Delft, Den Haag dan Dordrecht. The Dutch Windwheel adalah contoh arsitektur kontemporer. Desain bangunan The Dutch Windwheel ini tersusun atas bagian – bagian yang terdiri dari bagian yang menyerupai cincin tiga dimensi yang disinari cahaya, kontruksi baja dan kaca, serta dengan sedikit sentuhan teknologi sehingga The Dutch Windwheel tampak seolah – olah melayang atau mengambang.

image004

image006

Dari sisi ekonomi, diharapkan dengan keberadaan The Dutch Windwheel akan menjadi mesin ekonomi bagi Negara Belanda secara umum dan Kota Rotterdam khususnya. Hal ini dikarenakan 1,5 juta wisatawan diperkirakan akan mengunjungi The Dutch Windwheel per tahun dan selama 10 tahun kedepan diharapkan dengan keberadaan The Dutch Windwheel ini akan membawa dampak ekonomi yang besar dan membuka lapangan kerja baru di bagi Negara Belanda.

image008

Referensi Tulisan dan Gambar:

http://dutchwindwheel.com

http://www.earthlymission.com/the-dutch-windwheel/

http://profilerehab.com/theme/facebook/Netherlands_windmill_cover_1

http://techxplore.com/news/2015-02-dutch-windwheel-energy.html