314. IKON MASA DEPAN KOTA ROTTERDAM

Penulis : Ari Khusuma
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Kincir angin merupakan salah suatu ‘Iconic Item’ yang sudah sangat melekat sebagai warisan dan identitas negeri Belanda. Bahkan masyarakat Indonesia tentunya sudah cukup akrab dengan kincir angin ini, ketika sebuah toko roti mengadopsi nama dan ciri khas negeri Belanda dengan kincir angin di atas bangunan tokonya.

Melihat sedikit sejarahnya, ternyata kincir angin bukan asli berasal dari Belanda. Namun kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa kincir angin berasal dari Belanda dan tidak tahu kapan ditemukannya benda ini.

Kincir angin pertama kali digunakan oleh bangsa Persia pada abad ke tujuh masehi dengan menggunakan teknologi yang masih sangat sederhana. Kemudian kincir angin menyebar ke daratan Asia dan Timur Tengah, hingga wilayah Cina dan India. Dan pada saat perang salib terjadi, kincir angin banyak diadopsi di negara-negara Eropa, termasuk Belanda pada abad ke 13.

Fungsi utama dari kincir angin di Belanda adalah untuk mendorong air kelautan agar terbentuk daratan yang lebih luas. Hal ini mengingat negera ini sebagian wilayahnya terletak di bawah permukaan laut. Selain itu, kincir angin juga digunakan untuk kepentingan perairan, pertanian, dan industri. Setelah terjadinya revolusi industri, banyak kincir angin yang hancur karena peperangan. Pemerintah Belanda berupaya keras untuk melakukan restorasi untuk memperbaiki kincir angin, dengan mengucurkan biaya senilai 60 juta Euro untuk memperbaiki 120 unit kincir angin dari sekitar 1040 unit kincir angin yang tersisa setelah peperangan. Hal ini dilakukan untuk melestarikan kincir angin sebagai ciri khas dan warisan dari negara ini.

Perkembangan kincir angin di era modern ini telah mengalami banyak perubahan. Tidak hanya berfungsi untuk pemenuhan kebutuhan energy, perairan dan industri di Belanda, tetapi juga sebagai objek wisata. Setiap orang yang pernah berkunjung ke Belanda sudah bisa dipastikan akan mencari kincir angin. Ada dua tempat favorit dan sudah menjadi obyek wisata yang terpopuler di Belanda. Tempat ini adalah kawasan wisata yang dilestarikan atau dilindungi yaitu Zaanse Schans di Provinsi Belanda Utara (Province North Holland) dan Kinderdijk di Provinsi Belanda Selatan (Province South Holland).

image004
Gambar 1. Kawasan wisata ZaanseShancs

Anda akan dibuat terpukau dengan pemandangan kincir angin yang berjajar di pinggiran sungai yang besar dan di tengah hamparan pertanian yang hijau serta rumah-rumah tradisional Belanda. Mengunjungi dua kawasan wisata ini selain menikmati keindahan daerah juga mempresentasikan kehidupan warga Belanda dengan segudang inovasi yang mereka terapkan sejak abad 17-18.

TIDAK SEKEDAR KINCIR ANGIN
Jika anda ingin mengunjungi Belanda, mungkin anda harus mempersiapkan diri untuk menambah daftar kunjungan anda. Terlebih apabila anda adalah seorang penggemar kincir angin, inovasi yang satu ini tidak boleh terlewatkan.

The Dutch Windwheel saat ini tengah hangat diperbincangkan di seluruh belahan dunia. Dirancang khusus untuk kota pelabuhan terbesar di Eropa, Rotterdam, Belanda. The Dutch Windwheel adalah contoh bangunan dengan arsitektur kontempoer dengan sebuah turbin angin raksasa sekaligus gedung apartemen dalam baja dan bingkai kaca yang melingkar dengan tinggi 570 kaki. Bangunan ini sangatlah menakjubkan.

image006
Gambar 2. The Dutch Windwheel ikon terbaru Rotterdam

The Dutch Windwheel akan menjadi ikon baru bagi Rotterdam dan Belanda. Turbin angin yang paling inovatif di dunia ini akan menjadi landmark arsitektur dan merupakan daya tarik terbaru dengan jangkauan mendunia

Dirancang dengan menggunakan konsep daur ulang dengan bahan-bahan dari kota Rotterdam, pelabuhan, dan industri baja disekitarnya, The Dutch Windwheel menerapkan fungsi utamanya seperti penghasil energi dari angin, yang dilengkapi dengan fasilitas penampung air hujan, daur ulang air keran dan memproduksi biogas dari sampah organik warga. Wonderful !

image008
Gambar 3. The Dutch Windwheel plans’ inside view

Bangunan ini terdiri dari konstruksi cincin ganda yang dibangun di bawah tanah dan dikelilingi oleh lahan basah sehingga memberikan struktur tampilan mengambang. Melalui program inovasi yang digalakkan oleh pemerintah Belanda, Turbin angin menggunakan teknologi terbaru The electrostatic wind energy converter (EWICON) dan dilengkapi solar PVT dan climatic Facade yang dikembangkan oleh TU Delft dan Universitas Wagening untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan sangat optimal. Turbin angin akan mengubah energi angin yang diperoleh menjadi tenaga listrik tanpa harus mengubahnya terlebih dahulu menjadi energi mekanik. Hal inilah yang menyebabkan turbin ini nantinya tidak menimbulkan suara dan bayangan yang mengganggu dan pemeliharaannya tentunya akan lebih mudah. Hal ini membuat The Dutch Windwhell menjadi kincir angin paling inovatif di dunia

image010
Gambar 3. Desain kerja The Dutch Windwhell

Cincin bagian dalam akan digunakan sebagai apartmen, perkantoran, restoran dan berbagai fasilitas hiburan Cincin bagian luar bangunan ini memiliki 40 kabin yang dapat berputar sehingga dapat menghasilkan pemandangan yang mengesankan. Pengunjung dari seluruh dunia dapat menikmati pemandangan belum pernah terjadi sebelumnya dari kota Rotterdam dan daerah sekitarnya dari coaster raksasa ini. Dari ketinggian, pengunjung disajikan pemandangan pelabuhan terbesar di Eropa, arsitektur indah kota Rotterdam dan kota-kota Delft, Den Haag dan Dordrecht dapat terlihat dari kejauhan. Dengan demikian kita tidak hanya mengunjungi ikon angin Belanda terbaru, tetapi juga pemandangan ikon dari masa lalu secara bersamaan.

image012
Gambar 4. Desain kerja The Dutch Windwheel

Integrasi semua jenis teknologi yang inovatif merupakan daya tarik tersendiri. The Dutch Windwheel memiliki peluang bisnis yang besar. Berdasarkan jumlah saat ini wisatawan ke Belanda dan Rotterdam diharapkan sekitar 1,5 juta orang akan mengunjungi Windwheel Belanda per tahun. Wisatawan akan memberikan peluang tambahan untuk kemajuan sektor ekonomi dan lapangan kerja. Belanda akan lebih menarik bagi wisatawan dan kota Rotterdam dan daerah sekitarnya.

Realisasi The Dutch Windwheel akan melibatkan berbagai kalangan seperti pengembang, investor, operator, pihak berwenang dan organisasi pemasaran. The Dutch Windwhell diharapkan tidak hanya
menjadi simbol keberhasilan pembangunan, tetapi juga kemajuan pengetahuan dan inovasi yang akan dipamerkan kepada dunia.
Well, rencananya The Dutch Windwheel akan resmi dibuka tahun 2020 . Tidak sabar rasanya menunggu kehadiran ikon baru kota Rotterdam ini ya !

REFERENSI
Sumber :

http://www.architecturaldigest.com/blogs/daily/2015/04/rotterdam-windwheel-design

http://www.bloc.nl/en/the-dutch-windwheel-

http://inhabitat.com/the-dutch-windwheel

http://en.wikipedia.org/wiki/Holland

http://www.citylab.com/design/2015/04/the-dutch-are-planning-a-giant-wind-turbine-tourist-attraction/389838/

sumber gambar :

http://inhabitat.com/the-dutch-windwheel-is-not-only-an-incredible-circular-apartment-building-its-also-a-silent-wind-turbine

Ari Khusuma – Neso Writing Competition 2015