318. Stay With Water, Belajar bersahabat dengan Air dari Belanda

Penulis : RAHMADI SETIAWAN
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

“The quation often asked is : How would they do it in the Netherland ?” Hans Huis in Veld(1)

Mungkin itulah yang menjadi pertanyaan banyak orang termasuk seorang Hans Huis in Veld seorang kepala manajemen air kebangsaan belanda dalam sebuah artikel berjudul Water is Netherland.
Air merupakan salah satu komponen terpenting di negeri Belanda. Air dan Belanda tidak pernah lepas hubungan, seperti halnya nama negara belanda yaitu Netherlanden yang berarti Tanah-Tanah Rendah. Secara geografis, tanah di belanda terletak di bawah permukaan laut. Pada Jaman dahulu mereka mengeringkan rawa-rawa dan membuat sebuah Dyke dan Dams. Mereka tinggal 6,57 meter di bawah permukaan laut.

Tanah yang dibawah permukaan laut ini membuat potensi produksi garam yang lebih dibandingkan dengan negara- negara yang memiliki tanah diatas permukaan laut. Lebih dari 125 ribu hektar lahan pertanian di belanda semakin asin sehingga kurang sesuai dengan pola pertanian tradisional tanpa teknologi yang mendukung pola produksi lahan dan air tawar yang mudah tersedia. Sehingga saat ini , belanda sedang mengembangkan pertanian terutama pengelolaan air untuk menghadapi potensi penggaraman yang semakin parah. Hal tersebut didorong karena belanda mempunyai air yang melimpah namun pengelolaan masih perlu pengembangan dan teknologi yang mendukung berbagai aspek kehidupan.

image001
Sumber : http://www.saltfarmtexel.com/application/files/3514/2592/0716/salt-farm-research-station-slide.jpg
Gambar Kebun Berbasis Tanah Bergaram di Texel , Belanda

Amsterdams, merupakan kota dengan populasi terbesar di belanda dan menjadi pusat perekonomian serta pemerintahan Belanda. Di amsterdams , 100 orang lebih tinggal di rumah-rumah terapung atau houseboats. Seorang arsitek bernama Koen Oithius salah seorang warga belanda yang menciptakan rumah-rumah tersebut, ialah salah satu arsitek yang telah menjadi orang terpengaruh di dunia no 122 pada majalah Times tahun 2007. Pada tahun 2011, ia terpilih menjadi salah satu Green Person pada majalah Terra Eco Perancis. Koen Oithius merupakan Arsitek dan Industrial Desain dari Delft University of Technology.

“A City with Floating Components that can be connected and disconnected can always move with society and climate” said Koen Oithius (2)
Pada tahun 2005, Koen Oithius yang sekarang disebut “The Foating Duchman” mengembangkan rumah – rumah terapung di kota Westland dekan kota Den Haag. Proyek ini menginspirasi banyak negara untuk tinggal dekat dengan air secara mengambang dalam sebuah desain rumah , apartemen , dan pulau. Misalnya pada tahun 2010, pemerintah Maladewa sepakat untuk mengembangkan kota terapung dan beberapa fasilitas terapung yang didesain oleh Koen Oithius pada perusaaannya waterstudio.nl dan beberapa proyek lain yang dikembangkan di beberapa kota belanda dan negara-negera yang ingin tinggal terapung di air.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Sumber : http://www.waterstudio.nl/projects/60
Gambar Floating quarter Utrecht, the Netherlands

Perkembangan teknologi pengelolaan air dan teknologi pembangunan di air (building in water) menjadi salah satu kompenen menjanjikan di belanda. Dalam sebuah artikel online Urban Water Management , disebutkan bahwa “9 juta orang ketakutan terhadap air di ibukota Indonesia , Jakarta karena manajemen dan pengelolaan air yang buruk. Di Belanda hal yang penting adalah pengendalian air , manajenen Sungai , dan pengelolaan air minum dan penyaluran air bersih“ sebuah artikel yang sangat ironis membedakan belanda dan indonesia dalam pengelolaaan air.
Air merupakan teman dan sahabat yang selalu ada di kehidupan warga Belanda , karena mereka hidup dikelelilingi oleh air.

Rahmadi Setiawan ( www.rahmadisetiawan.info )

Referensi :
Made in Holland : Water , www.hollandtrade.com

http://www.waterstudio.nl

www.duchwatersector.com

http://www.archdaily.com/tag/koen-olthuis/

http://inhabitat.com/interview-koen-olthius-of-waterstudionl/

http://www.tedxvilnius.com/2014/speakers/Koen-Olthuis