319. “dipaksa” Berinovasi, Belanda Lepas dari Genangan Air

Penulis : Yuanita Arizona
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image002
Gambar 1. Deltaworks di barat daya negara belanda

Dua per tiga wilayah Belanda adalah wilayah yang rentan terkena banjir air laut. Hal ini disebabkan posisi dataran di wilayah Belanda itu sendiri yang lebih rendah dari air laut. Banjir dahsyat yang terjadi pada tahun 1953 di utara Belanda dapat dijadikan salah satu bukti bahwa posisi wilayah Belanda sangatlah rentan . Sekitar 1.836 orang meninggal dunia, 72.000 orang kehilangan tempat tinggal dan 200 hektar lahan pertanian hancur total serta 67 tanggul jebol tanpa daya akibat dahsyatnya banjir saat itu. Namun kerasnya tempaan alam justru mampu memaksa Belanda berpikir kreatif dan terus berinovasi untuk tetap bertahan dengan keadaan yang telah digariskan. Lantas inovasi seperti apa yang diterapkan Negeri kincir angin ini untuk tetap bertahan dan bisa terus membangun bangsanya.

Air merupakan pokok kebutuhan manusia yang bisa menjadi teman tetapi disisi lain air bisa menjadi musuh yang mengerikan. Bagi negara – negara yang memiliki posisi wilayah dibawah permukaan laut seperti Belanda, jelas air adalah musuh yang senantiasa mengancam . Permukaan tertinggi di wilayah Negara Belanda hanya sekitar 321 meter di atas permukaan laut, yaitu Vaalsberg di Provinsi Limburg, sedangkan di bagian tenggara Negeri Belanda yang bernama Nieuwerkerk Aan Den Ijssel bahkan berada 6.67 meter dibawah permukaan laut. Oleh karena itu, mereka menfokuskan untuk berinovasi dalam teknologi yang mampu melepaskan mereka dari genangan air dengan keterbatasan kondisi permukaan yang mereka miliki.

Demi lepas dari ancaman banjir yang terus menerus terjadi selama berabad – abad dan luka banjir 1953 yang tidak ingin terulang lagi. Berbagai inovasi mulai dilakukan oleh Belanda, inovasi itu dinamakan Delta Works. Proyek Delta Works yang terletak di sebelah barat daya ini dimaksudkan untuk menghadapi arus laut, gelombang, dan karakter tanah yang bervariasi serta memperpendek garis pantai sehingga mengurangi jumlah bendung yang harus ditinggikan dan sekaligus berfungsi sebagai tanggul penahan gelombang.

Salah satu rangkain proyek besar belanda adalah proyek Zuiderzee ” Laut Selatan ” . Proyek ini meliput pembuatan bendungan untuk melindungi belanda dari ancaman banjir, reklamasi daratan, drainase air untuk meningkatkan petahanan banjir dan menambah lahan untuk petanian serta meningkatkan jalur pengairan. Bendungan yang dibuat adalah Bendungan Afsluitdjik yang kemudian menstranformasi Zuiderzee menjadi danau air tawar. Afsluitdijk adalah bendungan diatas laut yang mulanya dibangun dengan sistem menguras, mengeringkan laut,dan mengontrol ketinggian air agar daratan Belanda tetap terapung. Afsluitdijk memanjang dari Den Oever , Belanda utara hingga Wieringen Friesland dengan panjang 32 kilometer, lebar 90 meter dan tinggi 7,25 meter diatas permukaan laut.

Reklamasi dapat diartikan sebagai alih fungsi perairan menjadi daratan. Hampir sekitar 7000 kilometer persegi dari Negara Belanda merupakan hasil dari reklamasi laut,danau, ataupun rawa-rawa. Reklamasi Belanda dilaksanakan dengan sistem polder. Polder adalah dataran rendah yang membentuk daerah yang dikelilingi tanggul kemudian pada daerah ini buangan air seperti air kotor dan air hujan dikumpulkan di satu badan air lalu dipompakan ke badan air yang lebih tinggi posisinya sehingga air tersebut dapat dipompakan ke sungai atau kanal yang bermuara di laut. Sistem reklamasi polder kompleks yang diterapkan Belanda merupakan sistem tata air tertutup dengan elemen meliputi tanggul,pompa, saluran air kotor yang terpisah. Sistem ini terbukti mampu mempertahankan wilayah Belanda dari banjir dan air pasang.

“Miracle of the netherland” begituah The Economist menjuluki Bendungan Oosterschelde . Bendungan dengan rancang bangun begitu kompleks, canggih dan sangat menakjubkan ini adalah hasil inovasi belanda lainnya yang dibangun sekitar 29 tahun lalu. Panjangnya hampir mencapai 9 kilometer, membendung seluruh lengan laut utara dan sekaligus berfungsi menghubungkan Provinsi Zeeland dengan Pelabuhan Rotterdam. Salah satu bangunan dengan konstruksi terbesar di dunia ini memiliki 64 dermaga dan 62 pintu air yang menggantung kolosal di setiap dermaga. Pintu air ini bekerja secara hidrolik dan memiliki kemampuan semacam pintu yang bisa membuka ataupun menutup berdasarkan kebutuhan. Ketika air pasang dan banjir datang pintu air ini akan secara otomatis menutup.

Konstruksi terakhir dari rangkian proyek delta works adalah bendungan maeslantkering yang diresmika pada tahu 1997 oleh Ratu Betrix. Bendungan Maeslantkering dilengkapi dengan bola peluru besar yang bekerja seperti sendi peluru yang menhubungkan lengan atas dan tulang bahu. Bola peluru ini menghubungkan lengan-lengan Maeslantkering, memudahkan satu lengan mengirim tekanan air yang begitu besar ke lengan satunya dan kemudian dikeluarkan melalui setiap pintu air yang ada. Bola peluru ini berukuran sangat besar, diameternya sekitar 10 meter. Membuka dan menutupnya bola peluru dijalankan oleh sebuah sistem komputer bernama BOS (beslis en ondersteuned system). Selain itu, Negara pemasok bunga tulip terbesar di dunia ini juga menerapkan sistem resapan sehingga mencegah air hujan memenuhi volume permukaan.

Kerasnya tempaan alam yang pernah menimpa Negara belanda tidak membuat Negara ini berpangku tangan tetapi memaksa mereka untuk terus berinovasi. Delta works adalah sebuah jawaban pencapaian tertinggi dalam konstruksi besar di lautan hasl inovasi Negara kincir angin ini. Rangkaian bendungan dibangun melawan arus laut, gelombang, dan karakter tanah yang bervariasi. Design dan tekhik yang digunakan pada deretan konstruksi ini menggambarkan inovasi yang sangat luar biasa yang dapat diciptakan Belanda. Afsluitdijk, Oosterschelde, dan Maeslantkering adalah sederetan nama bendungan besar yang menjadi bukti betapa luar biasanya inovasi yang mampu diterapkan Belanda untuk tetap bertahan dan bisa terus membangun bangsanya.

Daftar pustaka
Fahmiasari, hafida. 2013. Belanda, si Negara Air. Wharf of life edisi 27 februari.
Marsellia, mirra. 2010. Belanda Di Mata Dunia : Inovasi Dari Masa Ke Masa.
Administrator. 2015 jan 28. Reklamasi : Membuka Lahan, Menebar Peluang. Property in the city.
Datin DSA. 2013 aug 20. Reklamsi pantai dengan building with nature.
http://www.deltawerken.com/Deltaworks/23.html [diunduh 24 april 2015]
http://www.cityguiderotterdam.com/daytours/delta-works-holland/ [diunduh 24 april]
http://www.nytimes.com/2013/02/17/art/design/flood-control-in-the-netherland-now-allows-sea-water-in.html?_r=0 [diunduh 24 april 2015]
http://www.bimbimgan.org/belanda-negara-bawah-air.html [ diunduh 24 April 2015]
http://m.okezone.come/read/2013/01/25/471/751638/bendungan-pertama-di-belanda-dibangun-1-000-tahun-lalu [diakses 24 april 2015]
gambar di ambil di deltapark neeltje jans pada tanggal 17 april dan di upload di instagram oleh nosig