325. Cara Belanda Untuk Dunia: Membasmi Ledakan Populasi Alga Berbahaya

Penulis : Hendy Dwi Warmiko
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Perhatikan foto dibawah ini! sekilas mungkin terlihat bercak kehijauan di permukaan air yang membentuk pola yang indah.. Eitsss tunggu duluu… apa yang menyebabkan itu semua yaa?
Ledakan Populasi Alga Berbahaya di Danau Erie, 26 September 2013.

image002
Sumber: http://earthobservatory.nasa.gov/NaturalHazards/view.php?id=82165

Yapp.. betul sekali… warna bercak kehijauan di Danau Erie, sebuah danau yang terletak di perbatasan antara Ontario di Kanada dengan Ohio, Pennsylvania dan New York di Amerika Serikat tersebut terjadi karena adanya ledakan populasi alga berbahaya. Kasus di Danau Erie tersebut adalah salah satu contoh kasus ledakan alga di lingkungan perairan dari sekian banyak kasus ledakan alga lain di belahan dunia ini.

Ledakan populasi alga berbahaya (Harmful Algal Blooms) adalah salah satu masalah lingkungan perairan yang melanda di berbagai belahan dunia. Hal ini dapat terjadi karena adanya kelebihan nutrien yang masuk ke dalam ekosistem perairan atau dapat disebut eutrofikasi. Sumber nutrien tersebut terdapat dari pencemaran dari kegiatan fertilizer (pemupukan) dan pestisida (pemberantas hama). Pada satu sisi, nutrien yang banyak dapat menguntungkan dan menandakan suatu perairan itu baik karena dapat meningkatkan laju pertumbuhan fitoplankton/alga itu sendiri, ikan akan melimpah seiring pertumbuhan fitoplankton yang melimpah. Pada sisi negatifnya, pertumbuhan fitoplankton/alga yang sangat besar dapat menyebabkan kerugian berantai, seperti tumbuhan berakar mengambang berkembang dengan pesat dan menutup permukaan air, sehingga penetrasi cahaya matahari ke perairan terhambat. Hal tersebut menyebabkan metabolisme perairan terganggu karena terjadi penurunan kadar oksigen di wilayah perairan. Akhirnya ikan di perairan tersebut akan mati.

Cara yang dilakukan selama ini untuk menangani Harmful Algal Blooms adalah dengan cara konvensional yaitu mengurangi sumber pencemaran yang ada. Tak hanya mengandalkan cara konvensional tersebut, Belanda punya cara tersendiri dengan menggunakan teknologi. Teknologi apakah itu? jadi penasaran….

LG Sonic adalah nama perusahaan di Zoetermeer, Belanda yang memproduksi alat bertenaga surya bernama MPC-Buoy® yang dapat memonitor kualitas air dan mengirimkan gelombang suara ultrasonik untuk membasmi blue-green algae (Cyanobacteria) yang sangat dominan pada fenomena algal blooms. Selain itu, LG sonic memiliki LG Sonic® e-line, alat bawah air canggih yang memancarkan parameter ultrasonik untuk mengontrol alga. Perusahaan yang dulunya bernama LG Sound ini telah memasang lebih dari 10.000 produk di berbagai jenis perairan. Sampai sekarang, sebanyak 52 negara telah menggunakan produk buatan LG Sonic ini.

image003
LG Sonic® e-line (kiri) dan MPC-Buoy® (kanan) produksi LG Sonic untuk menanggulangi ledakan alga
Sumber: http://www.lgsonic.com/algae-control-products/

Alat ini dapat diaplikasikan pada berbagai jenis perairan, diantaranya adalah danau, kolam, reservoir air minum, embung irigasi, tempat pengolahan air, tower pendingin dan kolam lapangan golf. Pada danau, salah satu contoh sukses pengaplikasian alat ini adalah di Danau Taman Aman, Malaysia yang terkontaminasi alga dan masuknya limbah cair dari sekitar bangunan sehingga menimbulkan bau. Sebelumnya telah dilakukan pengerukan danau, namun masalah masih belum terpecahkan. Pada September 2012, 4 LG Sonic® dipasang. Setelah tiga bulan, akhirnya Danau Taman Aman bersih dan tak berbau.

image005
Danau Taman Aman, Malaysia sebelum dipasang alat dari LG Sonic (kiri) dan setelah dipasang alat dari LG Sonic (kanan)
Sumber: http://cdn.lgsonic.com/wp-content/uploads/Case-study-Lake-Malaysia.pdf

Contoh proyek lainnya yang telah dikerjakan oleh LG Sonic adalah pembersihan alga pada kolam rekreasi di skotlandia seluas 3845 m2. Satu alat dari LG Sonic cukup untuk mencakup area seluas itu.

image006
Kolam rekreasi di Skotlandia, sebelum(kiri) dan sesudah diaplikasikan teknologi dari LG Sonic (kanan)
Sumber: http://cdn.lgsonic.com/wp-content/uploads/Case-study-Pond-Scotland.pdf

Satu contoh lagi yaitu pembersihan alga pada kolam lapangan golf di Lethbridge Country Club di Alberta, Kanada yang dimulai pada Juli 2011, air tertutup oleh alga invasif bernama latin Dydimo sp. Setelah dua bulan dipasang perangkat LG Sonic, terbukti mereduksi 90% alga invasif dan memperbaiki transparansi air pada kolam golf yang sebelumnya tidak jernih menjadi jernih.

image008
Kolam di Lethbridge Country Club di Alberta, Kanada, sebelum (kiri) dan sesudah penggunaan alat dari LG Sonic (kanan)
Sumber: http://cdn.lgsonic.com/wp-content/uploads/Case-study-Golf-Course-Canada.pdf

Masih banyak contoh lain keberhasilan dari penerapan teknologi buatan LG Sonic asal Belanda ini yang telah diterapkan di belahan dunia. Lalu yang menjadi pertanyaan, produk dari LG Sonic ini mengontrol alga yang berada di perairan, apakah dapat membahayakan organisme lain seperti zooplankton, ikan, tumbuhan, ataupun serangga yang ada? Jawabannya tidak. Efek dari produk LG Sonic® telah diuji oleh berbagai perguruan tinggi dan terbukti aman bagi ikan, tanaman, zooplankton, dan serangga. The University of Portsmouth di Inggris; UNICET Catania di Italia; dan BOKU di Austria telah melakukan riset bahwa alat LG Sonic® aman untuk ikan. Perangkat LG Sonic® juga telah diuji pada efeknya pada zooplankton, dan tidak ada efek negatif yang ditimbulkan.

Terbukti alat ciptaan LG Sonic ini sangat ampuh untuk mengontrol alga di perairan. Atas inovasi dan prestasinya, LG Sonic yang dulu bernama LG Sound memenangkan WssTP Water Innovation SMEs Awards 2014 pada acara Water Innovation Europe 2014 Conference di Brussels, Belgia pada 25-26 Juni 2014 dan Shell LiveWIRE Award 2014 di Shell Technology Centre Amsterdam pada 02 Desember 2014 lalu.

image010
LG Sound menjadi salah satu dari empat pemenang WssTP Water Innovation SMEs Awards 2014
Sumber: http://www.dutchwatersector.com/news-events/news/10966-lg-sound-receives-wsstp-sme-water-innovation-award-for-its-mpc-buoy-to-fight-algae-bloom.html

image012
LG Sound memenangkan Shell LiveWIRE Award 2014
Sumber: http://www.shell.nl/nld/aboutshell/media-centre/news-and-media-releases/archive/2014/shell-livewire-award-2014-winnaars.html

LiveWIRE membantu pengusaha inovatif untuk mengembangkan bisnis mereka dengan memberikan bimbingan dan meningkatkan jaringan profesional. Yousef Yousef, sebagai pendiri LG Sound yang kini dikenal sebagai LG Sonic, sangat senang dan bangga, dia juga berharap inovasi yang dibuat ini dapat dikembangkan dan diakui lagi secara masif. “Innovation changes the world, creates jobs and turns ideas that change our lives for the better into reality” ujar Tim Rowe, CEO Cambridge Innnovation Center saat menyerahkan Shell LiveWIRE Award 2014 kepada LG Sonic.

Bukan tidak mungkin, jika dikembangkan lagi, inovasi dari LG Sonic tersebut mampu mengontrol alga di cakupan perairan yang sangat luas, di Danau Erie misalnya, yang saya contohkan di awal. Apalagi beberapa hari lalu (22 April 2015), telah terjadi kerja sama antara American Water dengan LG Sonic untuk mengontrol alga di pabrik pengolahan air.

Elemen air adalah salah satu elemen yang sangat penting untuk kehidupan, perlu inovasi untuk menjaga kualitasnya. Inovasi seperti inilah yang ditunggu dunia, tindakan nyata yang bisa langsung memecahkan masalah. Dari Belanda untuk Dunia!

Creativity is thinking up new things. Innovation is doing new things.” – Theodore Levitt (1925-2006)

Referensi:

http://www.lgsonic.com/

http://www.shell.nl/nld/aboutshell/media-centre/news-and-media-releases/archive/2014/shell-livewire-award-2014-winnaars.html

http://www.shell-livewire.com/home/newsevents/news/innovation_to_combat_harmful_algae_wins_top_shell_livewire_netherlands_award/

http://www.dutchwatersector.com/news-events/news/10966-lg-sound-receives-wsstp-sme-water-innovation-award-for-its-mpc-buoy-to-fight-algae-bloom.html

http://www.wateronline.com/doc/american-water-launches-innovative-partnership-with-lg-and-control-algae-blooms-0001

http://www.livewire.nl/

http://oceanservice.noaa.gov/hazards/hab/

http://www.glomedic.com.my/wp-content/uploads/2012/10/lgsound-newspaper.pdf

http://hab.ioc-unesco.org/

http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.411.8554&rep=rep1&type=pdf