326. Maju Bersama Belanda, Melaju Bersama Matahari

Penulis : Muhammad Ainul Yaqin
Tema : Fire
=========================================================================================================================================================

Australia, Asia, Amerika dan Eropa. Perjalanan jauh berhasil ditempuh. Tanpa menggunakan satu tetes pun minyak bumi, mobil ini berhasil kembali ke kota asalnya, Eindhoven.

image002

Bagi kebanyakan orang, mobil yang dijalankan sepenuhnya tanpa bahan bakar minyak masih berupa utopia belaka. Tapi coba tengok ke Belanda, mahasiswa dari Eindhoven University of Technology tengah mengembangkan sebuah mobil masa depan. Mereka memanggilnya Stella.

Mobil surya yang ada saat ini umumnya masih berupa prototype dengan kapasitas satu orang saja. Dengan begitu, penggunaannya masih sangat terbatas. Menjawab tantangan tersebut, para mahasiswa yang tergabung dalam Solar Team Eindhoven menciptakan mobil keluarga pertama di dunia yang dijalankan oleh sinar matahari.

image004
Halo Stella :)

Komponan Penyusun Stella
Solar Team Eindhoven berhasil mendesain kerangka luar mobil atau chassis dengan bentuk yang aerodinamis, tujuannya agar Stella melaju dengan efisien. Untuk itu, serat karbon menjadi komponen utama penyusun bodi mobil, selain kuat material ini juga ringan. Hasilnya ? Terciptalah mobil dengan dimensi panjang 4,5 m dan lebar 1,65 m. Dengan berat hanya 380 kg, Stella sangat irit dalah hal konsumsi energi.

Untuk membuat tubuh kita bergerak, manusia memerlukan otot dan organ lainnya. Pada Stella, peran ini dimainkan oleh ‘organ’ berupa panel surya, baterai dan juga mesin. Pemilihan solar cells menjadi faktor krusial keberhasilan mobil ini. Sadar akan hal tersebut, Solar Team Eindhoven memilih panel surya berbasis silikon dengan tingkat efisiensi yang tinggi. Mereka memasang sel surya di atap mobil untuk mengkonversi sinar matahari menjadi energi kinetik.

image006

Mobil ini juga dilengkapi baterai. Baterai pada Stella memiliki dua fungsi. Pertama sebagai pemberi energi agar mobil bisa berjalan ketika panel surya tidak bekerja maksimal, terutama saat cuaca buruk. Fungsi lainnya yakni untuk menyimpan kelebihan energi ketika mobil mengkonsumsi energi dalam jumlah sedikit. Dalam hal ini, mereka memakai baterai litium-ion dengan kapasitas energi yang besar. ‘Organ’ berikutnya adalah mesin. Komponen ini memakan konsumsi energi paling besar. Sehingga amat penting bagi Solar Team Eindhoven untuk memilih mesin yang paling efisien.
Dengan menggabungkan desain yang pas dan pemilihan komponen yang tepat maka Stella berhasil menjadi mobil keluarga bertenaga matahari pertama di dunia. Mobil ini sangat nyaman dan ramah lingkungan. Jika biasanya mobil-mobil banyak menghabiskan energi, Stella justru mampu menghasilkan energy sehingga sering disebut “energy positive car”.

Cerita Dibalik Stella
Sebanyak 21 mahasiswa TU Eindhoven terlibat dalam Solar Team Eindhoven. Mereka berasal dari berbagai disiplin ilmu. Masing-masing memainkan peran sesuai bidang keahliannya. Visi mereka yakni menunjukkan pada dunia bahwa mobil keluarga yang efisien sangat memungkinkan untuk dibuat. Bagi mereka, Stella hadir sebagai mobil masa depan.

image008

image010
Mahasiswa dalam Solar Team Eindhoven

Selama kurang lebih 1,5 tahun mereka berkontribusi menciptakan Stella. Berbagai riset dan uji coba pada mobil ini berhasil membuahkan prestasi. Hal yang mengejutkan terjadi, Stella memenangkan the Crunchies Award (piala ‘oscar’ untuk teknologi) pada kategori Best Technology Achievement tahun 2014.

“penghargaan ini membuktikan bahwa Stella diakui sebagai konsep mobil masa depan” ujar Lex Hoefsloot, Team manager dari Solar Team Eindhoven.

Sebelumnya di tahun 2013 Stella mengikuti kompetisi World Solar Challenge di Australia. Mobil ini berhasil menjelajah sejauh 3000 km hanya bermodalkan sinar matahari. Berangkat dari kota Darwin, mobil berpenumpang 4 orang ini melaju dengan top speed mencapai 120 km/jam menuju kota Adelaide. Diakhir perlombaan, juri memilih Solar Team Eindhoven sebagai pemenang the Cruiser Class pada World Solar Challenge. Hal ini dikarenakan Stella unggul dalam berbagai aspek seperti kenyamanan, desain, fitur dan efisiensi energi.

image013
Stella memenangi World Solar Challange

Standar Baru Mobil Masa Depan
Kita tentu menginginkan sebuah dunia dimana mobil tidak lagi bergantung pada bahan bakar fosil. Keberhasilan Stella memenangi berbagai penghargaan dan menjelajah dunia menunjukan bahwa mobil yang ramah lingkungan sangat mungkin diwujudkan. Adanya Stella telah meletakkan standar baru mengenai mobil masa depan. Hal tersebut turut berkontribusi menciptakan dunia yang berkelanjutan dan tentunya ecofriendly. Duh jadi penasaran pengin naik si Stella, safe drive ya Stella…..*wuuuush*
-
Referensi Tulisan dan Gambar
www.solarteameindhoven.nl
www.engadget.com/2013/07/05/solar-team-eindhoven-crafts-solar-powered-family-car-doesnt-pr/
www.cnet.com/au/news/worlds-first-solar-powered-family-car-to-drive-across-australia/
www.theverge.com/2013/7/4/4493664/world-solar-challange-race-four-seat-family-car-stella

http://inhabitat.com/stella-is-the-worlds-first-solar-powered-family-car/

https://www.tue.nl/en/university/news-and-press/news/13-10-2013-eindhoven-wins-cruiser-class-of-world-solar-challange/