327. INOVASI AIR MINUM DARI POHON BAMBU

Penulis : Faisal Mansur
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Air merupakan sumber bagi kehidupan. Sering kita mendengar bumi disebut sebagai planet biru, karena air menutupi 3/4 permukaan bumi. Tetapi tidak jarang pula kita mengalami kesulitan mendapatkan air bersih, terutama saat musim kemarau disaat air sumur mulai mengalami kekeringan. Kekeringan adalah masalah yang menimpa setiap Negara , kekeringan juga menjadi masalah yang besar karna jika suatu Negara atau provinsi sudah tekena kekeringan, pasti sedikit banyaknya berpengaruh terhadap laju perekonomian suatu Negara atau provinsi tersebut.

Disini saya akan membagi sebuah Inovasi yaitu bagaimana mendapatkan air bersih, walau pada saat musim kemarau, Namun air yang dapat di minum ini, berasal dari bambu. Sesungguhnya cara ini adalah cara tradisional yang Kami gunakan di daerah tempat saya tinggal, di Sulawesi Tenggara. Dimana pada saat musim kemarau yang sangat ekstrim, tak ada air sedikitpun yang bias diminum, maka salah satu cara yang digunakan oleh orang-orang di tempat saya tinggal, yaitu menggunakan akar bambu, mungkin bagi kalian yang baru mendengar mungkin agak aneh, Namun orang-orang di tempat saya tinggal sering sekali menggunakan cara ini, untuk mencukupi kebutuhan air bersih mereka pada saat musim kemarau panjang. Cara adalah sebagai berikut:

Pertama-taman cari bambu yang usia nya sudah cukup tua, seperti yang ada pada gambar.
image002
Gambar 1

setelah itu bersihkan bambu yang berada paling bawah seperti yang terlihat pada gambar.
image003
Gambar 2

Kemudian sediakan rambut-rambut hitam yang berasal dari Pohon Enau sebagai alat penyerap air bambu tersebut, seperti pada gambar.
image005
Gambar 3

Sediakan potongan bamboo tua, yang sudah dibersihkan .sebagai alat tempat melucurnya air. Seperti pada gambar.
image006
Gambar 4

Kemdian sediakan jergen, sebagai wadah tempat menampung air tersebut. Nampak pada gambar.
image008
Gambar 5

Cara kerjanya:
kupas bambu sedkit, menggunakan parang, di ruas yang paling bawah, sebagai tempat disipkan rambut Pohon Enau tesebut, setelah itu, letakan jerken tepat dibawah bambu terebut, kemudian letakan potongan bambu dimulut jerken,dan bersandar dipohon bamboo. Seperti pada gambar dibawah ini.

image009
Gambar 6

Langkah kerjanya sangat sederhana, tidak memakan waktu yang lama, proses penetesan air akan berlangsung pada malam hari. Ketika pagi hari anda sudah bias mengambil air bamboo tersebut. Dan bagi anda yang berpikiran tentang bahaya, ataupun takut terkena penyakit karena meminum air dari bambu, jangan takut, karena, sejak dari zaman dulu orang-orang di daerah tempat saya tinggal banyak menggunakan cara ini, dan mereka tidak terkena sakit perut ataupun diare dan semacamnya, dan tersenyata air bambu ini juga di percaya oleh masyarakat sebagai obat dari beberapa penyakit.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan adalah : jantung, types, sesak nafas, kolesterol, kesemutan, asam urat, stroke, batuk asma, sakit pinggang, ambeyen, kencing manis, keputihan, darah tinggi, susah tidur, menambah stamina, menambah nafsu seksual dan yang lainnya.(sumber: https://airbambuhabiburrahman.wordpress.com/)