330. SUKSES MENGKESPLOITASI ANGIN

Penulis : Lussy Albayinnah
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Whoosh… angin menerbangkan apa saja yang dilaluinya. Material tidak kasat mata ini bisa menjatuhkan daun dari pohonnya dan meruntuhkan genteng genteng dari atap rumah atau bahkan menghancurkan satu kota dalam waktu beberapa menit saja. Tidak terbayangkan betapa besar tenaga yang dimiliki angin tornado untuk memutar rumah-rumah penduduk dan benda benda berat lainnya seperti halnya saat kita bermain komidi putar. Kerugian yang dihasilkan dari bencana alam yang diakibatkan oleh angin, tentu saja berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia di beberapa aspek. Terlepas dari semua itu, manusia dituntut untuk bebas dari berbagai permasalahan dengan memutarbalikkan hal negatif menjadi hal yang bermanfaat bahkan bernilai jual. Manusia yang menyadari tugas semacam itu banyak bermukim di negara penuh dengan warna warni bunga tulip, yaitu Belanda. Belanda punya segudang inovasi untuk menyulap angin jadi teman baik. Bahkan, sebetulnya Belanda telah mengeksploitasi angin secara besar besaran dan dalam skala yang sangat besar sekali.

image002
(Picture 1. Courtesy : http://www.free-desktop-backgrounds.net/Nature-landscapes-wallpapers/Tornado-hurricane-wind/Tornado-wind-touchdown.html)

Kalau saja desain gambar kincir angin di kotak pensil seorang anak kecil ada tulisan DUTCH di sebelahnya, mungkin anak kecil itu akan memberitahu orang tuanya sebuah pernyataan yang kira kira bernada seperti berikut “Ma, aku mau ke Belanda”.

Benda yang selalu menjadi simbol negara hebat ini, sudah lama difungsikan untuk memudahkan pekerjaan manusia di beberapa cakupan wilayah negara Belanda. Ketika inovasi pembaharuan energi sukar untuk ditemukan, Belanda mulai memikirkan energi yang mampu dihasilkan oleh angin. Abu Rola Holland menemukan kincir angin bermula dari ketidaknyamanannya mengetahui bahwa negeri Belanda memiliki daratan yang lebih rendah dari air. Pada saat itu, kincir digunakan untuk memompa jumlah air yang berlebih ke laut lepas. Penggunaan kincir angin tidak sebatas itu saja, berikutnya kincir digunakan untuk mengairi ladang dan menghasilkan tenaga listrik yang mampu memberi penerangan untuk beberapa desa di Belanda. Belanda dengan kincir anginnya yang mampu melakukan berbagai pekerjaan berat juga mengeksploitasi angin untuk memajukan sektor industri dan bidang pertanian.

Sekitar tahun 1973, pengembangan pengeskploitasian energi angin menemukan jalan lain dengan merancang turbin angin untuk menghasilkan enrgi listrik. Turbin angin memiliki perbedaan yang signifikan dari pendahulunya; kincir angin. Turbin angin ini di bentangkan di permukaan darat dan di permukaan laut sehingga penggunaan energi angin dapat optimal. Terdapat hampir dua ribu jumlah keseluruhan turbin angin yang telah beroperasi di Kota Tulip ini, dengan menghasilkan energi beragregat 2.479 MW dan energi 228 MW disumbangkan dari turbin angin yang ada di laut. Ternyata, penduduk Belanda yang lebih suka menikmati angin sambil bersepeda ini mendapati tiang tiang pembangkit tenaga listrik telah menghilangkan kesan konvensional negara mereka. Masyarakat Belanda di wilayah Urk berbendapat bahwa turbin angin telah menganggu penglihatan mereka beriringan dengan kebisingan yang dihasilkan benda ini.

image004
(Picture 2. Courtesy : http://powerbyproxi.com/wp-content/uploads/2012/04/windmill.jpg)

Masyarakat Belanda telah menyulap negaranya yang hampir tenggelam menjadi negara inovator yang memiliki pendapatan perkapita yang sangat jauh dari negara berkembang. Mudah saja untuk mereka mengubah turbin angin kuno jadi sesuatu yang jauh lebih modern. Lagi lagi, ini demi pengksploitasian energi angin yang mumpuni. Johan Smit dan Dhiradi Djairam dua orang ilmuan dari Universitas Teknologi Delf mengembangkan proyek bernama Ewicon (Electrostatic Wind Energy Converter). Benda ini tidak menghasilkan kebisingan yang membuat prosesi pengkesploitasian angin bisa berjalan lebih aman dan memiliki kebermanfaatan yang lebih banyak. Ewicon memfilter angin secara langsung tanpa perlu membuat turbin berputar sedimikian rupa dengan cara memindahkan elektron melalui gesekan sehingga dapat menarik partikel karena timbulnya sifat elektro statik.

image005
(Picture 3. Courtesy : http://cdn.wonderfulengineering.com/wp-content/uploads/2013/04/005_omslag2-610×401.jpg)

Whoosh… angin tidak bisa bebas menerbangkan apapun di negara Belanda karena setiap hembusannya di eksploitasi oleh teknologi teknologi yang tidak berhenti sampai tingkat kincir angin saja. Berbagai inovasi yang telah ditemukan berhasil menjadikan Belanda negara yang mampu dan sukses memanfaatkan energi dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui; angin. Ini membuktikan bahwa kegiatan eksploitasi membutuhkan teknik pendekatan dan pengoperasian yang handal untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Referensi

http://cahlolok.blogspot.com/2015/02/memanen-energi-angin-secara-langsung.html

http://www.alkmaar.nl/gemeente/webcms/site/files/Brochure%20energieregio%20DEF.pdf

http://explorerguidebook.blogspot.com/2014/06/kincir-angin-de-gooyer-windmill-di-amsterdam.html

http://www.alpensteel.com/article/116-103-energi-angin–wind-turbine–wind-mill/337-windmill-

http://www.streetdirectory.com/etoday/print_article.php?articleId=uuocow