331. BELANDA SANG PIONIR DUNIA

Penulis : Adyvictura Tinambunan
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Secara geografis Belanda merupakan sebuah negara yang berdaratan rendah. Hal ini secara dekat dapat dibuktikan melalui etimologis dari nama negara, “Nederland (bahasa Belanda)” yang berarti “negeri-negeri berdaratan rendah”. Berada disebuah negara dengan wilayah berdaratan rendah tidak menjadi hambatan bagi masyarakat Belanda untuk menciptakan inovasi maupun ide kreatif untuk mengelola sistem pertanahan negara mereka. Pemerintah Belanda gencar mengajak dan mendukung untuk mengembangkan setiap inovasi yang muncul dari buah pikir setiap warganya terutama menyangkut pertanahan. Hal ini dapat dibuktikan dari Global Innovation Index pada tahun 2014 yang menempatkan Belanda diurutan ke-5 sebagai negara terinovatif di dunia.

Sejak zaman nenek moyang mereka, Belanda sudah banyak melakukan terobosan untuk pemanfaatan pertanahan mulai dari menjaga tanah yang berada di bawah permukaan laut supaya tidak tergenang sampai menambah wilayah pertanahan baru. Proyek pemanfaatan pertanahan dilakukan dengan kerja keras dan secara bertahap. Pembuatan Duinen (Pematang Raksasa) merupakan proyek pertama pemanfaatan sistem pertanahan yang dilakukan Belanda, serta digagas mulai zaman nenek moyang dan disempurnakan pembangunannya dengan berbagai inovasi pada era modern sekarang. Pembuatan proyek ini bertujuan untuk menimbun tanah yang tergenang air dan tanah yang letaknya lebih rendah dari permukaan laut, sehingga dapat dihuni manusia. Tanah-tanah rendah dibentengi dan ditimbun dengan bukit-bukit pasir buatan yang membentang dari arah selatan negara Belgia sampai ke wilayah Provinsi Groningen dan Friesland Belanda bagian utara, untuk memperluas wilayah daratan Belanda. Pematang raksasa yang terbentuk dari bukit-bukit pasir buatan, ditanami berbagai pohon kayu, rumput, dan belukar. Pertumbuhan berbagai tumbuhan pohon kayu, rumput, dan belukar akan menguatkan bukit-bukit pasir dengan akar yang menyerap zat organik daun kayu yang telah membusuk serta unsur hara yang ada didalam tanah, sehingga menguatkan bukit-bukit pasir dari tanah longsor dan tidak terkikis ombak maupun air ketika pasang-surut. Transformasi dedaunan yang telah membusuk menjadi tanah, juga mempunyai andil dalam menambah volume tanah.

image002
Gambar: Cara kerja sistem polder.

Seiring berjalannya waktu, bukit-bukit pasir buatan akan memunculkan daratan-daratan baru yang dinamakan Polder dari hasil pembuatan Pematang Raksasa (Duinen), dengan prinsip kerja pemutusan daratan yang rendah dengan permukaan laut maupun daerah yang tergenang air laut. Polder merupakan tanah rendah yang dikelilingi oleh timbunan membentuk kesatuan hidrologis buatan, tanpa ada kontak dengan air dari daerah luar selain dialirkan melalui perangkat manual. Sisa-sisa air yang menggenang di beberapa titik daratan baru, cenderung akan memunculkan danau-danau kecil, yang selanjutnya dikeringkan dengan menggunakan alat pompa air yaitu kincir angin. Tanah yang telah kering kemudian dibuat pelindung raksasa berupa tanggul untuk melindungi dari pasang-surut air laut.

image004
Gambar: Polder Provinsi Brabant Selatan

Pembuatan Duinen memberikan dampak yang menguntungkan bagi sistem pertanahan Belanda. Selain bertambah luasnya tanah Belanda dan tanah yang rawan akan bencana banjir serta pasang-surut air laut dapat diminimalkan, sistem Duinen Belanda memberikan sumbangsih pengetahuan baru bagi dunia khususnya pengelolaan tanah yang berada di bawah permukaan laut.

Produk Inovasi
Keterbatasan tanah yang dimiliki oleh Belanda, menjadikan negara tersebut lebih berhati-hati dalam hal pemanfaatan tanah. Persoalan menyangkut tanah diatur secara disiplin dan ketat. Hal ini bertujuan untuk menjaga eksistensi pertanahan dari negara penghasilan Bunga Tulip terbesar dunia tersebut, supaya termanfaat dengan semaksimal mungkin.

Pengaturan secara disiplin dan ketat dalam sistem pertanahan, menjadikan Belanda sebagai salah satu negara yang unggul dan patut dicontoh dalam hal pemanfaatan tanah di dunia. Memiliki tanah yang terbatas tetapai unggul dalam hal pertanian (agrikultur), merupakan bukti bahwa Belanda serius melakukan inovasi menyangkut masalah pertanahan.

Sektor pertanian memberikan andil yang sangat besar dalam mengangkat perekonomian Belanda. Dari data terbaru yang diperoleh dari Global Agricultur Index pada tahun 2014, Belanda berada pada peringkat ke-2 sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan pertanian terbesar di dunia. Hampir setengah dari wilayah Belanda digunakan sebagai lahan pertanian untuk sektor pangan dan non-pangan.
Tanah hasil pembuatan pematang raksasa (Duinen) yang dimanfaatkan untuk lahan pertanian ternyata cenderung rentan terhadap proses pengasinan dari air laut. Seperempat dari wilayah pertanian mengalami proses pengasinan. Permasalahn ini tidak menjadikan Belanda mengurungkan niat meraih kesuksesan dalam sektor pertanian. Menjadikan keterbatasan sebagai kelebihan untuk meraih kesuksesan, itulah yang dilakukan oleh Belanda. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Belanda melakukan banyak riset untuk tumbuhan yang cocok terhadap kandungan tanah dengan tingkat keasinan yang tinggi dan juga riset mengenai kandungan tanah.

Disektor pangan; kentang, buah-buahan, sayur, dan olahan kakao merupakan andalan pertanian Belanda. Kentang Belanda yang terkenal dengan rasanya yang enak di dunia, ternyata sudah melewati banyak riset kentang dan kandungan tanah untuk mendapatkan citarasa yang enak. Belanda menjadikan diri sebagai negara pertama yang dapat membiakan tumbuhan di tanah dengan tingkat keasinan yang tinggi. Keberhasilan Belanda membuat terebosan tersebut, memberikan sumbangsih pengetahuan sektor pangan bagi dunia dan mendapatkan perhatian serta dukungan internasional.

Selain kentang, cokelat Van Houten yang banyak dijumpai di supermarket Indonesia, juga merupakan produk olahan kakao Belanda yang sudah mendunia melalui inovasi dan teknologi modern yang dikembangkan oleh Belanda.

image005
Gambar: Cokelat Van Houten

Disektor pertanian non-pangan, bunga Tulip merupakan produk andalan Belanda yang mempunyai peranan besar dalam menyumbang devisa untuk negara. Para ahli dan peneliti mampu membiakan berbagai bunga tulip dengan inovatif. Kehadiran bunga Tulip juga dimanfaatkan oleh pemerintah Belanda sebagai objek wisata yang mampu menarik minat para wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang berkunjung ke Belanda.

image008
Gambar: Pesona Bunga Tulip

Pertanian di Belanda sangat terintegrasi dengan baik dan penuh dengan teknologi modern. Keberhasilan pertanian Belanda tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh pemerintah Belanda melalui ketersediaan riset yang sangat lengkap dan pemanfaatan potensi alam untuk sektor pertanian. Kehadiran Universitas Wageningen sebagai pusat studi dan juga pusat riset sektor pertanian Belanda, mempunyai andil dalam kemajuan pertanian Belanda. Pemerintah Belanda menjadikan hasil riset Universitas Wageningen untuk mengembangkan sistem pertanian Belanda dengan berbagai inovasi yang dihasilkan. Walaupun tidak memiliki tanah yang cukup luas, Belanda mampu menjadi negara swasembada pangan di dunia melalui sektor pertanian.
“ The patch to success is to take massive, determined action “. Anthony Robbins.

Daftar Pustaka
1. Referensi Artikel
Clarke, Beatrice. “Netherlands Ranked 5th in 2014 Global Innovation Index”. 26 Juli 2014. http://www.iamexpat.nl/read-and-discuss/expat-page/news/netherlands-ranked-5th-2014-global-innovation-index
Gowling, Alexandra. “Dutch Agricultur Sector World’s 2nd Largest and Growing”. 25 Januari 2014. http://www.iamexpat.nl/read-and-discuss/expat-page/news/dutch-agricultural-sector-worlds-second-largest
Patnistik, Egidius. “Kentang Belanda Tumbuh di Lahan Asing !”. Kompas.com. http://internasional.kompas.com/read/2011/08/03/15233380/twitter.com
Sterling, Toby. “Dutch ‘Polder Model’ of Sharing Pain Helps Country Agree on Austerity in Economic Downturn”. 25 Januari 2013. http://www.timescolonist.com/business/dutch-polder-model-of-sharing-pain-helps-country-agree-on-austerity-in-economic-downturn-1.56156
Wikipedia. “Belanda”. http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda
Wikipedia. “Polder”. http://en.wikipedia.org/wiki/Polder

2. Referensi Gambar
The Polder System. http://www.iamexpat.nl/app/webroot/upload/files/Topics/Expat-page/Survival-kit/polder_2.png
Polder Provinsi Brabant Selatan. http://www.nytimes.com/2013/02/17/arts/design/flood-control-in-the-netherlands-now-allows-sea-water-in.html?_r=0
Cokelat Van Houten. http://www.chocablog.com/reviews/van-houten-milk-chocolate/
Pesona Bunga Tulip. http://secondglobe.com/wp-content/uploads/2013/08/Tulips-field-Holland.jpg