332. Water Per KM Innovation for Technology, Entertainment, and Design

Penulis : LINGGAN AJI PAMUNGKAS
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Air merupakan kebutuhan vital setiap mahkluk hidup di bumi, bahasa kerennya no water no life. Yup… menurut Professor Frank peneliti dari NASA 4 milyar tahun yang lalu air berasal dari bongkahan es asteroid yang jatuh ke bumi. Dari airlah sel pertama dan kehidupan pertama kali muncul. Air adalah awal mula kehidupan.

image002

Namun setelah 4 milyar tahun berlalu, sekarang pada abad ke 20 ini fungsi air tidak hanya sebagai wadah kemunculan kehidupan pertama tapi juga sebagai sarana untuk pengembangan teknologi, hiburan dan desain. tak terkecuali di Belanda Negeri 1001 inovasi.

image004

Negeri dengan luas wilayah hanya 41.528 km2, 26% wilayah dan 21% dari populasinya terletak di bawah garis pantai, dan hanya sekitar 50% dari total lahannya hanya berada 1 meter saja di atas permukaan laut. Hampir 17% dari luas daratannya direklamasi dari laut dan danau.

Bisa di bayangkan betapa “ngenesnya” nasib geografis negeri belanda hehe… eitss jangan suudzon dulu negeri yang terkenal dengan megaproject Deltaworks, kincir, dan tulip ini memang nggak ada matinya di bidang inovasi teknologi air, mau buktinya ? Nih…

Baru-baru ini (Marc Philippart/ Rijkswaterstaat) telah menciptakan aplikasi Water Per KM yang bisa menunjukkan informasi air pantai, laut, sungai, kanal. sederhananya memberikan informasi kecepatan, ketinggian dan pasang surut. dengan adanya aplikasi ini menimbulkan efek domino terhadap inovasi dan percepatan pembangunan pengelolan air di Belanda. Padahal cuma aplikasi doang. kok bisa sih? Check this out…

Teknologi : dengan adanya aplikasi ini pembangunan kanal dan dermaga 2x lebih cepat. kok bisa? dalam semua bangunan air menentukan titik pondasinya adalah hal yang sangat krusial dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui data pasang surut hanya dalam hitungan minggu bukan hitungan bulan lagi, jadi analogi sederhananya jika membangun dermaga butuh waktu 1 tahun selesai, bisa selesai hanya dalam waktu 6 bulan !

image006

Dengan adanya data temporal aplikasi ini dari tahun ke tahun kita bisa memprediksi daerah mana ketinggian air yang menyusut duluan atau yang meninggi duluan tentunya dengan mengacu pada MSL (Mean Sea Level) setempat. Oleh karena itu sekarang data dari aplikasi Water Per KM digunakan sebagai acuan keputusan nasional alokasi air musim kemarau oleh Pusat Pengelolaan Air Belanda (WMCN).

Hiburan : pada tahun 2011 Belanda dikunjungi tidak kurang 11,3 juta wisawatwan asing dari seluruh penjuru dunia. pada tahun 2012 industri pariwisata Belanda memberikan kontribusi 5,4 % total PDB dengan catatan impresive tersebut ditambah dengan adanya aplikasi ini dapat menginformasikan pantai dan dermaga yang sedang ditutup atau tidak dari data ketinggian dan pasang surut air. Sektor hiburan akan menjadi lebih bergairah, walaupun untuk sekarang pengembangan aplikasi ini untuk smartphone masih berlanjut, be patient ya..

image008

Desain : dengan mengetahui kecepatan air per cm3 secara akurat dan real time, maka para profesional dan pakar bangunan air tidak hanya dapat membangun bangunan air yang lebih kokoh secara lebih cepat tapi juga ber-arsitektur futuristic. semisal bendungan sekaligus wahana wisata yang indah.

image010

Karena efek dominonya yang menyebabkan rentetan inovasi dan percepatan pembangunan di berbagai bidang lain, aplikasi ini terpaksa diganjar penghargaan winnaars 2014 sebagai best inovasi teknologi air oleh pemerintah negeri Belanda.

Tidak heran dengan sekontainer Inovasi teknologi air Belanda di nobatkan sebagai Negara ke 5 terinovatif di dunia menurut Global Innovation Index 2014 dirilis Cornell University and World Intellectual Property Organization dan secara de yure pula menjadi role model sekaligus kiblat bagi negara lain didunia dalam bidang inovasi teknologi air.
Belum selesai dengan efek domino yang mencengangkan dengan aplikasi ini lanskap Belanda modern tahun 2100 dapat kita lihat lebih cepat di tahun 2050. karena pembangunan 2x lebih cepat dan efisien, semoga masih hidup tuh buat lihat Belanda yang lebih modern hehe…

image012

Benar kata professor Frank sel pertama kali muncul sekitar 4 milyar tahun lalu dari air, bukan dari udara ataupun darat. 2/3 permukaan bumipun juga air, sungguh air berperan penting bagi bumi. Abad 16 bangsa yang tenggelam di sebelah timur jerman yang dulu di pandang sebelah mata karena sebagian daratannya terendam air, kini mereka bangkit menjadi negeri 1001 inovasi di bidang teknologi air.

image014

Innovation = Knowledge + Creativity + Courage
Innovation is the keyword for the Brighter Future…

Masih mau bilang Belanda “ngenes” karena nasib geografisnya ? hehe…

Referensi :

http://www.iamexpat.nl/read-and-discuss/expat-page/news/netherlands-ranked-5th-2014-global-innovation-index

http://boemi-islam.net/Ilmu/al-quran-juga-ungkap-sumber-air-di-bumi-dari-meteor-jatuh/

http://nationaleappprijs.nl/winnaars-2014/#more-293

http://waterinfodag.nl/programma-2015/programma5/

http://waterinfodag.nl/programma-2015/overzicht-watertalks/

https://www.youtube.com/watch?v=oe4TeTowwUE

https://www.youtube.com/watch?v=4EMz1tlmNbo

http://bpws.go.id/index.php/pengendalian-mutu/item/214-pengukuran-pasut-pasang-surut-air-laut

http://www.waterforum.net/Artikel/PrintArtikel.aspx?ID=8076

http://id.wikipedia.org/wiki/Belanda#Geografi_dan_lingkungan

http://www.nesoindonesia.or.id/tinggal-di-belanda/geografi

http://en.wikipedia.org/wiki/Kingdom_of_the_Netherlands#Geography

Caption Gambar :

http://boemi-islam.net/wp-content/uploads/2014/11/rsz_asteroid_heating_earth_iphone_5_backgrounds-hd.jpg

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e6/Netherlands_Map_%28Without_Islands%29.svg/400px-Netherlands_Map_%28Without_Islands%29.svg.png

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/76/1MarmarisHafen_%2813%29.JPG/800px-1MarmarisHafen_%2813%29.JPG

http://1.bp.blogspot.com/-cf7t-Ja1jZI/VS0AY6ohCxI/AAAAAAAABH0/Wg7f7UGsJKY/s1600/Daftar%2BTempat%2BWisata%2BMenarik%2BDi%2BBelanda%2BYang%2BWajib%2BDikunjungi.jpg

http://www.recreatief.nl/wp-content/uploads/2009/07/deltawerken-638×330.jpg

http://nationaleappprijs.nl/wp-content/uploads/2014/06/P1060219_Fotor.jpg

http://www.jagatreview.com/wp-content/uploads/2013/08/indonesia-4.jpeg