334. Keajaiban Sepeda Kargo Vracht Fiets Sebagai Inovasi Belanda yang Tiada Henti

Penulis : Firsti Khalisatin Nisa
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Sejak kecil, saya sering ditinggal oleh Ayah saya yang bekerja di Belanda. Saya sering sekali mendengar cerita tentang keindahan alam, kemajuan teknologi, kualitas pendidikan dan keramahan warganya. Belanda, merupakan negeri dengan luas wilayah liliput yang luas areanya tidak lebih besar dari pulau jawa, yaitu hanya 0,008% permukaan bumi dengan luas 42.526 km dan 60% wilayahnya berada di bawah permukaan laut. Bisa dibayangkan bukan betapa kecilnya wilayah Belanda? Walaupun Negara Belanda kecil, namun Belanda memiliki banyak prestasi-prestasi dengan inovasi tiada hentinya dalam empat elemen. Yaitu: udara, air, tanah dan api. Belanda merupakan negara yang “tidak bisa diam”, maksudnya adalah negara mandiri yang terus melakukan inovasi secara berkelanjutan. Negara Belanda selalu belajar dari pengalaman masa lalu, mereka selalu belajar untuk menciptakan penemuan baru yang berbeda dan selalu melakukan pengembangan terhadap produknya. Kreativitas warga Negara Belanda tidak lepas dari asupan “suplemen” yang disebut pendidikan. Sistem pengajaran di Belanda mengedepankan kebebasan berpendapat dan kebebasan berkreasi sehingga mahasiswa-mahasiswanya dapat mengembangkan ide dan mengaplikasikannya. Di samping itu, program-programnya mendorong mahasiswa untuk lebih interaktif dan aktif dalam hal individu maupun dalam kerja sama tim. Kelebihan sebagian besar sistem pendidikan Belanda adalah bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Inggris, sehingga Belanda cocok bagi mahasiswa yang memiliki orientasi Internasional karena dapat mengembangkan cara berpikir terbuka tanpa adanya hambatan bahasa. Penduduk Belanda juga dikenal dengan sikap keterbukaan, toleran dan suka kebebasan. Sikap terbuka dan toleran warganya baik ke sesama ataupun terhadap warga asing yang datang ke negara mereka ini yang menyebabkan belanda menjadi salah satu negara yang nyaman untuk dikunjungi.

image001
Gambar Negara Belanda

http://besttopwallpapersus.blogspot.com/2015/03/the-netherland.html

Lalu, dari manasih datangnya inspirasi-inspirasi Belanda? Belanda, merupakan Negara yang selaku belajar dari kejadian masa lalu. Mereka selalu bangkit atas kejadian-kejadian yang kurang menyenangkan dimasa lalu. Belanda juga merupakan Negara yang sangat mencintai lingkungan. Semangat mencintai lingkungan tercermin dari kehidupan-kehidupan sehari-hari warga Belanda seperti penggunaan sepeda untuk sehari-hari dan menciptakan inovasi di bidang transportasi, seperti transportasi publik (bus) dan trasnportasi jalan (sepeda).

Dahulu, Belanda merupakan salah satu negeri di Eropa yang mengalami krisis energi yang melemahkan perekonomiannya. Krisis energi ini disebabkan oleh penggunaan transportasi dan adanya industri-industri yang menyebabkan tingkat polusi semakin parah karena Belanda merupakan negara dengan tingkat kemajuan industrinya yang cukup pesat. Dengan kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan, Mereka tidak tinggal diam, Mereka berlomba-lomba menghasilkan inovasi baru dalam menciptakan teknologi ramah lingkungan. Di tengah-tengah orang yang masih menyuarakan isu global warming, justru bangsa Belanda selangkah lebih maju dengan menghasilkan produk ramah lingkungan dan mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari. Dan di tengah hebohnya transportasi modern, masyarakat Belanda justru setia dengan sepedanya. Bagi warga Belanda, sepeda merupakan sahabat transportasi yang menemani mereka untuk bekerja, bersekolah dan hanya sekedar jalan-jalan santai. Tak heran mengapa Belanda mendapatkan predikat “negara seribu sepeda”. Di samping orang Belanda memang menyukai sepeda, hal ini juga secara tidak langsung mengurangi polusi dan membuat badan sehat. Selain itu, dijamin deh bebas polusi dan cukup menyenangkan. Kita akan sangat nyaman bersepeda di Belanda karena suasana alamnya yang bebas dan terbebas dari polusi. Oleh karena kebiasaan warga Belanda, Negara ini mendapat julukan “Best Country in the World to Live” . Bukan Belanda namanya jika sepeda hanya memiliki fungsi itu-itu saja layaknya sepeda biasa. Mereka melakukan inovasi terhadap sepeda dengan desain yang unik. Jadi, jangan heran jika teman-teman berkunjung ke Belanda kalian melihat sepeda beroda tiga dan memiliki keranjang yang lebih besar dari sepeda pada umumnya. Penemuan ini dilakukan oleh Onno Sminia dan Louise-Pierre Geerinckx (Mahasiswa Delft University of Technology) pada tahun 2010 dan dinamakan sepeda kargo, Vracht fiets, yang memiliki fungsi sebagai angkutan jasa antarbarang yang dimodifikasi sedemikian rupa. Penemuan ini dimaskudkan untuk mengurangi polusi udara. Dengan adanya produk ini, menjadi solusi terbaik bagi dunia untuk mengurangi global warming

image002
Gambar Sepeda Kargo, Vracht Fiets

https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/23/794-sepeda-belanda-dan-pemanasan-global/

sepeda kargo ini juga sebagai solusi pembangunan berkelanjutan yang memungkinkan orang dapat mengangkut barang-barang berat dengan menggunakan sepeda. Sepeda ini juga dirancang untuk dapat menghasilkan energi dari tenaga surya saat muatan yang diangkut terlalu berat.

Belanda, tidak tinggal diam dengan sepeda kargo ini. Mereka terus melakukan inovasi. Mereka terus melakukan inovasi dari segi bentuk dan fungsinya, seperti :
1. Sepeda kargo untuk bayi dan anak

image003
Gambar Sepeda Kargo Anak
Dongshengvehicle.en.alibaba.com

2. Sepeda kargo untuk barang

image004
Gambar Sepeda Kargo Barang
Dongshengvehicle.en.alibaba.com

Dengan adanya inovasi ini, menjadikan belanda mendapat peringkat ke 14 yang di ikuti oleh 38 negara dalam ajang Global CleanTech Innovation Index 2012. Tak heran jika Belanda di nobatkan sebagai pioner teknologi transportasi ramah lingkungan. Never ending being a pioneer, it’s Dutch!

Reference :

https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/23/794-sepeda-belanda-dan-pemanasan-global/

http://www.jalanliku.com/2012/05/belanda-mencuri-perhatian-dunia-dengan.html

http://travelernekat.blogspot.com/2012/05/kreativitas-negeri-kincir-angin-inovasi.html

http://edukasi.kompasiana.com/2012/05/16/resep-rahasia-dari-negeri-belanda-462616.html

http://besttopwallpapersus.blogspot.com/2015/03/the-netherland.html

http://lianitya.blogspot.com/2014/06/dutch-creativity-sepeda-cargo-belanda.html

http://margaretanindaarlita.blogspot.com/2013/05/transportasiyang-menginspirasi-dari.html