337. “DUTCH”, JAWABAN BELANDA UNTUK DUNIA

Penulis : ROSALINA DEWI NOVITASARI
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

Apa yang menarik atau terlintas di benak Anda ketika mendengar kata Belanda? Tulip? Kincir Angin? Atau Air?
Bagi saya, hal menarik dari Belanda terletak pada penduduknya atau yang biasa dikenal dengan the Dutch. Hm… Memang apa yang menarik dari orang Belanda?

image001
Sumber: http://i.ytimg.com/vi/YmwwrGV_aiE/maxresdefault.jpg

Tahukah kalian bahwa Dutch bukan sekadar sebutan untuk orang Belanda? Lebih dari itu, Dutch bisa dikatakan sebagai prinsip dan rumus dari negaranya Robin van Persie ini. Setiap huruf dari Dutch terselip makna yang besar. Coba lihat!

“To play Holland, you have to play the Dutch”

Prinsip pertama orang Belanda diawali dengan huruf D yang merupakan kependekan dari Domain. Berdasarkan kamus, domain adalah tanah milik negara. Dengan domain, rakyat Belanda menunjukkan kecintaan terhadap negaranya dengan tetap setia tinggal di Belanda walaupun mereka tahu bahwa Belanda bukanlah negara yang aman untuk ditinggali. Bagaimana tidak, secara geografis Belanda merupakan negara berpemukaan rendah dengan kira-kira 20% wilayahnya, dan 21% populasinya berada di bawah permukaan air laut. Namun, dengan kondisi seperti itu, Belanda berhasil menjadi Fourth Happiest Nation on Earth oleh World Happiness Report 2013. Tak hanya bahagia, mereka juga puas dengan hidup mereka di tanah rendah ini.

Bagaimana bisa?

Menurut Ellen de Bruin, seorang psikolog Belanda, mengatakan bahwa pilihan personal adalah kuncinya. Rakyat Belanda bebas memilih teman hidup, agama, gender, dan bebas bicara apa yang mereka mau. Kondisi geografis Belanda tak membuat rakyatnya kabur, mereka memanfaatkan kehidupan sosial untuk membentuk kondisi Belanda yang lebih nyaman. Juga yang tak kalah penting, Pemerintah Belanda selalu memberi kenyamanan rakyatnya dengan cara penciptaan inovasi sehingga mereka merasa aman dan mencintai negaranya

. “Wearing an orange suit to the supermarket? Why not! Dancing and singing in the middle of the street? Go for it! We don’t judge quickly and we’ve really seen it all”

U yang berarti Unique. Unique mempunyai arti “Hanya ada di Belanda”. Belanda adalah negara yang mampu menciptakan inovasi-inovasi sehingga membuat negara lain berkata “Holland is cool”. Selama ini, Belanda identik dengan kincir angin. Tak heran memang, di mana-mana kita bisa melihat kincir angin. Fungsi dari kincir angin di Belanda adalah untuk mengeringkan daerah tanggul. Apa yang spesial dari kincir angin di Belanda? Jumlahnya, Teman. Sekitar 1000 kincir angin tersebar di berbagai kota di Belanda. Saking banyaknya, kincir angin di Belanda berhasil masuk dalam UNESCO

World Heritage.

image002
Most People See Windmills, You See Energy
Sumber: http://citypictures.org/

Di mana lagi bisa melihat deretan kincir angin selain di Belanda?

T untuk Technology. Kunci kemajuan bangsa Belanda salah satunya terletak pada penggunaan teknologi. Mereka menggunakan teknologi sebagai cara untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang sebelumnya sulit dipecahkan. Seperti ketika mereka menemukan permasalahan tentang air. Adalah Deltaworks, sistem pertahanan banjir sepanjang Laut Utara. Deltaworks terdiri dari 13 bendungan raksasa dan menghabiskan waktu 30 tahun. Bendungan dengan konstruksi paling rumit ini masuk ke dalam 7 Wonders of the Modern World dan banyak dijadikan referensi untuk keperluan studi teknologi manajemen air.

image003
Indahnya Deltaworks

http://www.andrewsinclair.org/delta_project/

Tak hanya berhenti di situ, ketika dihadapkan oleh kondisi cuaca yang ekstrem di masa depan dan meningkatnya debit air, Pemerintah Belanda membuat proyek berteknologi tinggi lainnya yang disebut Room for the River (Ruangan untuk sungai).

image004
Room for the River
Sumber: www.roomfortheriver.nl

Gambar di atas adalah macam-macam proyek pada Room for the River. Proyek ini terdiri dari sembilan macam, mulai dari lowering floodplains sampai reinforcement. Budget yang dianggarkan sangat besar yaitu 2,3 miliar dollar, dimulai pada tahun 2007 dan dijadwalkan selesai pada tahun 2015. Konsep dari Room for the River adalah working with nature yang terdiri dari beberapa fungsi, seperti perikanan, tempat rekreasi, dan pencegahan banjir. Proyek ini melibatkan beberapa sungai yaitu the Rhine, the Meuse, dan the Scheldt. Walaupun area proyek ini berada di Belanda, tapi negara yang dilalui oleh ketiga sungai tersebut juga akan terjaga dari banjir, yaitu Jerman, Perancis, dan Belgia.

Kota Nijmegen, salah satu kota yang terlibat dalam proyek Room for the River, telah menerima “Excellence on the Waterfront Honor Award 2011″ dari Washington, D.C., karena mampu menggabungkan konsep perlindungan banjir dengan pembangunan taman tepi sungai dengan melibatkan masyarakat setempat.

C untuk Creative. C = Creative. Cara pandang bangsa Belanda melihat suatu permasalahan menjadi sebuah keuntungan adalah hal yang patut ditiru atau new threats but also opportunities. Seperti hotel yang terbuat dari Derek atau crane hotel. Apa menariknya dari derek hotel ini? Jangan salah, hotel yang terletak di Kota Herlingen ini mampu membuat pengunjung berputar 360 derajat dari ketinggian 17 meter.

image005
Dimanjakan dengan Pemandangan Laut yang Indah
Sumber: http://www.odditycentral.com/

Derek bekas dijadikan hotel, kurang kreatif apa lagi?

H untuk Hardworking. Orang Belanda sangat pekerja keras karena mereka mempunyai tanggung jawab untuk menyelamatkan negaranya dari serangan air. Walaupun Delta Project mampu melindungi Belanda sampai 4000 tahun, bukan berarti mereka bisa tenang. Tidak. Penciptaan-penciptaan terus berlanjut. Hasilnya adalah Belanda berada di urutan ke-11 dalam Best Place in the World to Live, urutan ke-4 dalam Happiest Nation in the World, anak-anak Belanda berada di urutan pertama dalam Dutch Kids Happiest in The World, dan Belanda berada di urutan ke-3 dalam Best in the World at English.
Tahukah kalian bahwa dari DUTCH tersebut, huruf ketiga adalah hal yang paling berpengaruh dalam kemajuan Belanda? Ya, Technology. Tak bisa dipungkiri, teknologi sangat berperan terhadap kemajuan bangsa ini. Hampir semua penemuan inovatif Belanda diciptakan oleh teknologi canggih. Tak hanya itu, Belanda juga berhasil menggabungkan unsur budaya, sejarah, teknologi, dan karakter dalam membangun peradaban mereka. Tak cepat puas adalah prinsip yang selalu mereka jaga. Dengan adanya penemuan baru, tak lantas membuat mereka berpuas diri, malahan membuat mereka berlomba-lomba untuk menciptakan penemuan baru lainnya. Benar apa yang dikatakan oleh Rene Descartez bahwa “God created the Earth but the Dutch created Holland”.
Jadi, ketika kalian bertanya apa rahasia besar kemajuan bangsa Belanda? Dutch, yes that right!

“The Netherlands sets the best example, but don’t copy anything just because it is “Dutch”

Referensi:
http://www.odditycentral.com/pics/spin-your-room-around-at-hollands-unique-crane-hotel.html, diakses pada tanggal 24 April 2015
http://www.scientificamerican.com/article/how-the-dutch-make-room-for-the-river/, diakses pada tanggal 29 Maret 2015
http://www.dutchwatersector.com/solutions/projects/270-sustainable-freshwater-supply-in-urbanizing-maputo-mozambique.html, diakses pada tanggal 2 April 2015
http://www.iamexpat.nl/read-and-discuss/expat-page/news/netherlands-fourth-happiest-nation, diakses pada tanggal 24 April 2015
http://www.findingdutchland.com/happiest-kids-in-the-world/, diakses pada tanggal 24 April 2015
http://www.dutchdailynews.com/netherlands-best-country-to-live/, diakses pada tanggal 24 April 2015
http://www.holland.com/us/tourism/article/dutch-windmills.htm, diakses pada tanggal 24 April 2015
http://www.dutchwatersector.com/solutions/projects/, diakses pada tanggal 24 April 2015

Leave a Reply