338. TANDA CINTA BELANDA UNTUK MAKANAN DUNIA

Penulis : ROSALINA DEWI NOVITASARI
Tema : Earth
=========================================================================================================================================================

Siapa yang tak suka makan daging?

Daging tidak hanya terkenal akan rasanya yang lezat, namun kandungan vitamin B kompleks, protein, zync serta kandungan lainnya memiliki manfaat untuk kesehatan manusia, misalnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempertajam daya ingat, dan memelihara sistem saraf pusat. Di sisi lain, jika tak diolah dengan benar dan dikonsumsi secara berlebihan, daging dapat menyebabkan kesehatan terganggu, misalnya stroke, penyakit jantung, osteoporosis, dan susah buang air besar.

Beberapa orang menghindari makan daging karena lemak yang terkandung di dalamnya. Lalu, apakah karena hal tersebut lantas meninggalkan daging? Atau beralih menjadi vegetarian saja? Tapi relakah kamu menjadi vegetarian yang katanya tidak makan daging sama sekali?

Tenang, Belanda punya solusinya. Tahukah kamu jika sekarang terdapat istilah flexitarian atau semi-vegetarian? Flexitarian makan lebih sedikit daging dibandingkan ketika belum menjadi flexitarian, yang berarti mereka masih bisa makan lebih banyak daging dari rata-rata orang. Hal ini berbeda dengan vegetarian yang tidak makan daging sama sekali. Belanda membantu para vegetarian agar tetap bisa merasakan bagaimana rasa lezat dari daging dengan cara memanfaatkan paduan air dan tepung untuk membuat daging buatan.

Perusahaan Belanda, bernama Ojah menerima penghargaan di Dutch SME Innovation Award atas ide kreatifnya dalam membuat daging buatan dari tepung dan air. Produk ini disebut Beeter yang terbuat dari protein nabati yang mengambil struktur mirip dengan daging ketika dipanaskan pada suhu tinggi dan campuran air juga tepung.

“We have mixed and compressed flour and water in a very clever way (Kami mencampur dan mengompres tepung dan air pada cara yang cerdas.” Kata Direktur Komersial, Jeroen Willemsen.
Walaupun hanya terbuat dari kombinasi tepung, air, dan sayuran, tapi bukan berarti rasanya hambar. Bahkan orang-orang yang telah memakan Beeter berkata, “It tastes like chicken.” Mereka mengkonsumsi Beeter seperti makan daging ayam. Rahasia kelezatan Beeter bisa ditulis seperti ini:

Flour + Water + Heat = Almost Chicken

image001
Beeter
Sumber: Made-in-Holland-AgriFood-HTK-2013.pdf

Beeter ini dikembangkan lagi menjadi Plenti ® dengan berbagai resep yang mampu menarik konsumen. Plenti ® membuat Beeter dengan konsep 100% terbuat dari sayuran, kaya protein, tidak ada kandungan gula, dan proses pembuatan yang mudah. Perhatikan gambar dibawah ini. Ini merupakan olahan tepung, air, dan sayuran yang membentuk daging buatan:

image002

image003
Berbagai Olahan Beeter
Sumber: Plenti_Leaflet_A4_LowRES1.pdf

Percayakah makanan di atas hanya terbuat dari tepung, air, dan sayuan?

Plenti ® tidak hanya berasa seperti daging ayam, namun juga tidak mengandung zat kimia sehingga sangat baik untuk tubuh. Plenti ® terdiri dari protein nabati, tepung, air, gluten free (tidak mengandung gula), dan tidak mengandung zat aditif seperti garam atau bahan pengawet. Benar-benar komposisi yang sehat untuk tubuh. Jangan khawatir jika kalian menganggap bahwa Plenti ® tidak bisa diolah menjadi makanan lain. Sama seperti daging atau ikan, Plenti® dapat digoreng, direbus, dibakar, dan lain-lain

Walaupun Belanda terkenal akan inovasi di bidang perairan, tapi sektor perkebunan Belanda adalah salah satu trendsetter di dunia. Belanda adalah pengekspor agri-food products terbesar kedua setelah Amerika. Dengan kondisi geografis Belanda yang sebagian wilayahnya berada di bawah permukaan air laut, sulit dipercaya bahwa sektor perkebunan bisa menjadi trendsetter. Belanda memanfaatkan hasil perkebunan ini untuk membuat produk inovatif, salah satunya Beeter.

Lagi-lagi, Belanda mampu membuat inovasi. Bukan inovasi besar-besaran yang membutuhkan banyak dana, tapi hanya dengan inovasi sederhana seperti Beeter ini, bisa memberi manfaat untuk banyak orang, khususnya para vegetarian. Beeter adalah salah tanda cinta bangsa Belanda untuk sektor makanan dunia. Yang patut ditiru oleh Indonesia, bukanlah produk yang dihasilkan oleh Belanda, tapi cara berpikir orang Belanda yang mampu mengubah depresi menjadi inovasi. So, buat para vegetarian, tak lengkap hidupnya jika belum merasakan daging buatan ini.

image004
Inovasi Lain dari Plenti ®
Sumber: www.plenti.eu

Referensi:
http://manfaat.co.id/manfaat-daging-sapi-bagi-tubuh/, diakses pada tanggal 18 April 2015
http://polahidupsehat.net/pola-makan-sehat-daging-antara-manfaat-dan-efek-negatif-bagi-kesehatan/, diakses pada tanggal 20 April 2015
www.plenti.eu, diakses pada tanggal 18 April 2015
Plenti_Leaflet_A4_LowRES1.pdf, diakses pada tanggal 18 April 2015
2014_05_agrifood_A4_lowres.pdf, diakses pada tanggal 18 April 2015