347. Negeri Angin

Penulis : Ramiz Naufal Nurlian (Lian)
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Matahari mulai menampakkan kemilaunya. Suara cantik hewan berkaki dua berkuku tajam berjengger merah, berkumandang, membusungkan dada, memamerkan sayapnya. Memberi instruksi pada setiap makhluk yang bernyawa bahwa pagi telah tiba. Kicauan para hewan yang menari-nari di atas langit biru. Memberi komando untuk segera menyambut pagi ini dengan melesat cepat seperti angin menggoyangkan daun yang berpegangan pada ranting.

Tubuhnya masih tidak rela jika harus bangkit dari zona nyaman kehidupan. Otaknya tidak ikhlas jika pagi telah merenggut bunga tidurnya. Seakan bunga tidurnya terasa begitu nyata merasuki imajinasinya. Bunga tidur kali ini membuatnya berontak tidak percaya. Dicubit keras hidungnya dengan tangan kanannya. Hanya rasa sakit yang dirasa. Matanya terbuka lebar memperhatikan sekelilingnya. Berharap berada pada suatu tempat yang ada dalam mimpinya. Namun, kumpulan poster-poster yang menempel di dinding kamarnya, bergambar kincir angin di tengah padang rumput dan bertuliskan “Netherland” menghancurkan khayalannya. dan ternyatamasih berada di kamar tercinta. Seketika Selat bangkit berdiri menuju ke poster-poster tersebut. Jari-jarinya menyentuh poster tersebut sembari membayangkan betapa indahnya negeri kincir angin.

Kekagumannya pada Belanda. Membuatnya tidak mengetahui bahwa ibunya masuk ke kamarnya tanpa mengetuk pintu terlebih dahulu. Sang ibu langsung menyambangi Selat yang sedang melamun dihadapan poster berukuran A4 kecintaannya tersebut. Sang ibu yang telah hafal dengan sikap anaknya jika melamun di depan poster seperti itu. Maka sang ibu hanya berdiri di samping kirinya sambil ikut menatap poster tersebut.

“ Belanda adalah negara kerajaan yang terdiri dari dua belas provinsi di Eropa Barat dan tiga pulau di Karibia. Oranye warna resmi Belanda. Karena House of Orange telah memimpin pemberontakan Belanda melawan Spanyol yang kemudian diangkat menjadi keluarga kerajaan Belanda. Amsterdam merupakan ibu kota Belanda, sedangkan Den Haag adalah pusat administrasi dan kediaman ratu Belanda. Holland atau Netherland adalah julukan terkenal Belanda yang artinya negeri-negeri berdaratan rendah. Negara dengan permukaan rendah 20% wilayahnya dan 21% populasinya berada di bawah permukaan air laut. Sedangkan 50% tanahnya kurang dari 1m di atas permukaan laut. Jadi, sebesar 2/3 wilayah negara Belanda juga merupakan negara yang rawan banjir karena posisinya yang lebih rendah dari laut.

Selat menjelaskan secara rinci tentang negara Belanda kepada ibunya. Ibunya hanya tertegun mendengar cerita buah hatinya yang sangat hafal betul dengan negara tersebut. Ada tanda tanya besar dalam benak ibunya. Darimana anaknya mengetahui tentang Belanda. Padahal Selat tidak mengenyam pendidikan. Kondisi ekonomi yang sangat rendah membuatnya putus sekolah ketika menjajaki kelas 3 Sekolah Dasar.

Seketika Selat tersenyum sumringah sambil menatap poster kesayangannya itu. “ ada yang lebih indah dari Belanda selain yang Selat jelaskan tadi.” Ucap Selat menatap ibunya. “ apa itu?. Beritahu ibu nak.” Jawab ibunya penasaran.

“ Kincir angin. Ya, Belanda adalah terkenal dengan negara kincir angin. Belanda memiliki kincir angin bersejarah dengan 1.000 pabrik dalam kondisi masih bisa bekerja. Kincir angin Belanda digunakan untuk memompa air. Kincir angin adalah sebuah alat yang mampu memanfaatkan kekuatan angin untuk dirubah menjadi kekuatan mekanik. Dari proses itu memberikan kemudahan berbagai kegiatan manusia yang memerlukan tenaga yang besar seperti memompa air untuk mengairi sawah atau menggiling biji-bijian. Kincir angin modern adalah mesin yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik, disebut juga dengan turbin angin.Seiring berjalannya waktu, Kincir angin mengalami pergeseran fungsi. Saat ini, Kincir angin dimanfaatkan untuk menghasilkan tenaga listrik.Sebelas dari sembilan belas kincir angin di Kinderdijk yang terkenal di seluruhduniaakandipugartahun-tahunmendatang.

Belandabanggaakanbangunan-bangunan era praindustri, yang duluturutmembantumengeringkannegaraitu. Kendatimemilikitradisi yang kuatini, Belandadinilailambanmengembangkanturbin-turbinanginbaru.Chris Westraadalahpakarenergiangin di PusatEnergiBelanda, ECN. Sejak 1972 diaterlibatperkembanganenergiangin di Belanda. Menurut Chris Westra, turbin-turbin angin lepas pantai punya masa depan.Di DesaKemperduin, kuranglebihduapuluhtahunlalumembangunsendiri system energi yang menggunakan tenaga angin. Dua turbin angin menghasilkan energi bagi 27 ribu rumah tangga.

image002

Saat 2016 nanti, ECN ingin menjadi pemimpin global dalam solusi inovativ yang bertujuan untuk secara siginifikan menurunkan biaya energi angin lepas pantai. Dengan memperluas penelitiannya pada komponen peternakan angin dengan penelitian dan penerapan pengetahuan tentang sistem peternakan angin terpisahkan. Validasi eksperimental pengetahuan baru akan memainkan peran penting di samping pemodelan integral dari biaya dan manfaat bagi klien. Untuk penelitian nasional dan Eropa. ECN memberikan kontribusi untuk transisi ke sistem energi yang berkelanjutan. Kerjasama antara mitra nasional dan internasional, dengan fokus pada bidang-bidang prioritas sebagai berikut :
- Angin desain pertanian dan komponen
- Konstruksi dukungan
- Pemantauan kondisi dan manajemen operasional
- Infrastruktur listrik untuk peternakan angin
- Meterorologi dalam kaitannya dengan peramalan dan mengukur iklim angin
- Pengukuran inovatif dan infrastruktur pengukuran.

image005

image004

Pada tahun 2020 nanti. Skenarionya adalah peternakan angin lepas pantai akan mulai beroperasi sebagai pembangkit listrik. Dengan berbagi riset, analisa, dan uji coba fasilitas turbin angin di daerah Wieringermeer dan jaringan tiang pengukuran angin di laut. Pada periode sampai dengan 2016, ECN akan terus memperluas pengukuran dan pengujian fasilitas.”

Mendengar penjelasan anaknya yang begitu faham dengan perkembangan inovasi Belanda. Ibunya hanya terperanga. Sang ibu tidak menyangka bahwa anaknya yang berusia 15 tahun mampu menjelaskan secara detail.

Selat tersenyum melihat ibunya terperanga dan mengatakan. “ Itulah mengapa aku mengagumi negeri kincir angin tersebut. Mereka mampu menyatukan 4 elemen kehidupan dengan sempurna. Didalam putaran kincir angin terdapat 4 elemen kehidupan yang menyatu. Agin yang membantunya bergerak memompa air sehingga menjadi listrik, membantu para petani mengairi sawah sehingga tanah menjadi subur. Dan ketika terjadi sesuatu hal yang dilakukan oleh api. Maka air yang akan memadamkan api. Meskipun daratannya lebih rendah tetapi mereka mampu melakukan berbagai banyak inovasi pada 4 elemen kehidupan. Belanda mampu membuktikan pada seluruh jajaran negara dunia, bahwa mereka hidup dari alam yang telah Tuhan berikan, tanpa merusak alam tersebut. Kincir angin Belanda mengajarkan kita untuk hidup secara simbiosis mutualisme. Dan aku mengetahui tentang Belanda dari majalah yang aku temukan di tempat sampah dekat komplek. Tempat biasa aku memungut barang-barang bekas. Termasuk poster yang ada dihadapan kita saat ini bu. Semoga Tuhan menyampaikanku untuk pergi ke Belanda, Amin.” Ucap Selat memeluk ibunya yang terharu.

Smber Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kincir_angin

http://www.alpensteel.com/article/47-103-energi-angin–wind-turbine–wind-mill/558-perkembangan-energi-angin-belanda-kalah-bersaing-di-darat-.html

Pudjanarso, Astu & Nursuhud, Djati. 2006. Mesin Konversi Energi. Yogyakarta: Andi offset.
Ahira, Anne. Penemu Kincir Angin. http://www.anneahira.com/penemu-kincir-angin.htm

http://www.alpensteel.com/article/116-103-energi-angin–wind-turbine–wind-mill/766–pembangkit-listrik-tenaga-bayu-angin-pltb

https://www.ecn.nl/nl/nieuwsbrief/engels/2013/march/new-strategic-direction-for-ecn-wind-energy/

http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:KinderdijkMolens02.jpg#/media/File:KinderdijkMolens02.jpg