348. KINCIR ANGIN SEBAGAI TEKNOLOGI DAN KEINDAHAN YANG MELEGENDA

Penulis : ANWAR FUADI
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

Belanda merupakan negeri yang memiliki banyak julukan dan tidaklah heran bila demikian memang secara realitas Belanda merupakan negeri yang memiliki inovasi yang revoulsioner. tidak terkecuali Kincir Angin, julukan yang sangat melekat untuk negara Belanda. Sebagai ikon nan legendaris dan memiliki keindahan yang luar biasa,Belanda sangatlah elegan dalam menyeimbangkan antara teknologi dan lingkungan sehingga tidak hanya fungsionalitas kincir angin yang didapatkan namun juga secara pesona yang dimiliki seakan sejalan dan berbaur dengan baik. Belanda tidak hanya mengedepankan inovasi dan teknologi namun juga Belanda seakan tahu bagaimana cara mendapatkan kesempurnaan berinovasi dengan menadasari 2 hal penting yakni act and impact.

Tidak hanya itu, bangsa Belanda juga menunjukkan effort yang luar biasa dalam mengubah wajah Belanda dan memunculkan karya karya yang begitu luar biasa yang menjadi ujung tombak bagi negeri lainnya. Dampak kerja keras dan semangat itulah yang mengantarkan bangsa Belanda dalam tatanan kehidupan yang lebih baik. Belanda merupakan negara yang sangat serius dalam pengelolaan energi. Terutama pengelolaan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Belanda memang cerdas dalam menitikberatkan target yang dimilikinya.

Menyandang negera kincir angin bukanlah hal mudah untuk dilakukan, Belanda telah berorientasi pada hal tersebut dan menjadi momok bagi negara lain. Belanda yang dinilai masih konvensional dalam mengedepankan peran kincir angin sebagai prioritas utama dalam mendukung dan merintis inovasi, sehingga menyampingkan industrialisasi yang lain, hal inilah yang membuat Belanda dikategorikan negara yang lambat industrialisasi saat itu. Kini Belanda sanggup membuktikan bahwa dunia tidak akan lagi menyepelekan tradisi penggunaan kincir angin.

Belanda merupakan sebuah negara yang berada di benua Eropa bagian barat laut dan lebih dari 60% wilayah negara itu terletak di bawah permukaan laut dan karena hal tersebutlah negara Belanda dijuluki sebagai Netherland (dataran rendah).Kincir angin pada awal keberadaannya di Belanda sekitar abad 13 berfungsi untuk mendorong air ke lautan agar terbentuk daratan baru yang lebih luas (polder). Hal ini mengingat letak dataran Belanda yang sebagian besar wilayahnya berada di bawah permukaan laut.

Di Belanda, daerah yang tingginya berada di bawah permukaan air laut pasang, daerah ini dapat ditempati dengan adanya tanggul dan pompa dengan memanfaatkan kincir angin untuk mengeringkan lahan : air tanah itu di pompa keluar lahan. Adanya angin secara teratur menjamin pompa itu dapat berfungsi secara teratur menjamin pompa itu dapat berfungsi secara teratur pula. Sejak berabad-abad Belanda secara massive telah menggunakan kincir angin baik untuk menggiling gandum maupun untuk memompa air demi mengeringkan negerinya yang lebih rendah dari laut.

Walaupun semua kincir angin di Belanda hampir terlihat sama, sebenarnya terdapat berbagai jenis dari kincir angin tersebut. Menurut fungsinya, kincir angin dibagi menjadi dua jenis yaitu kincir angin untuk kepentingan industri dan kincir angin untuk penyaluran air. Kincir angin untuk kepentingan industri terdapat banyak jenisnya dan mereka diberi nama sesuai dengan penggunaan mereka, contohnya kincir angin untuk menggergaji (sawmill ) atau kincir angin untuk menggiling jagung (cornmill). Jenis kincir angin yang paling tua adalah kincir angin standar (standaardmolen atau postmill ). Kincir angin ini dapat menangkap dan mengalihkan banyak angin dan terlebih lagi dengan kincir air yang terpasang di dalamnya, dapat membantu proses pengalihan dan pengeringan air lebih cepat. Oleh karena itu, kincir angin tipe ini banyak ditemukan di pusat kota di Belanda, karena bermanfaat sekali untuk proses pengalihan angin dan air. Masih banyak jenis-jenis lain dari kincir angin, seperti contohnya kincir angin kecil (wipmolen) dan menara kincir angin (torenmolen).

Selain digunakan untuk membantu proses irigasi, menggiling hasil panen, dan kadang kincir angin juga digunakan sebagai sarana informasi: kalau anggota keluarga si pemilik kincir angin meninggal, maka posisi kincir menyimpang dari biasanya. Fungsi dari kincir angin pun sekarang bertambah, antara lain untuk mengalihkan air dan angin, mengasah kayu, memproduksi kertas, mengeluarkan minyak dari biji juga sebagai objek wisata. Kinderdijk, dari 1000 yang berada di Belanda 19 ada ditempat tersebut. Kincir angin tersebut tertata rapi sehingga menghasilkan pemandangan menarik untuk pengunjungnya. Banyak lukisan dan fotografi di buat di sini, karena lokasi ini sangatlah indah untuk dilihat terutama pada saat matahari terbenam. Selain di Kinderdijk, kamu juga bisa datang ke kincir angin yang dimiliki oleh perseorangan. Setiap hari Sabtu pertama dalam setiap bulan atau setiap tanggal 13 Mei, yang merupakan hari kincir angin, mereka akan membuka kincir angin mereka untuk umum. Namun, rata-rata pemilik kincir angin ini membukannya setiap hari, karena mereka bangga akan kincir angin mereka dan mereka biasanya memberikan keterangan tentang cara kerja dari kincir angin tersebut.

image002
Sumber:http://www.bayubuanatravel.com

Dari segi ekonomi, sumber energi angin mampu mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, menciptakan lapangan pekerjaan baru di bidang pembuatan dan pemeliharaan kincir angi maupun distribusinya,kincir angin juga berperan dalam bidang objek wisata. Dari sisi lingkungan hidup, energi angin tidak menghasilkan polusi, tak memerlukan bahan bakar, tak menimbulkan efek rumah kaca, tak menghasilkan zat berbahaya dan sampah radioaktif. Tidak salah kalau Belanda mendapat julukan Negara Kincir Angin.

Referensi

http://travel.kompas.com/read/2011/10/03/16484441/twitter.com

http://www.bayubuanatravel.com

https://cybermujahidah.wordpress.com/2010/04/26/belandanegara-bawah-permukaan-air-laut/

https://kompetiblog2013.wordpress.com/tag/kincir-angin/