349. Hidup Tanpa Air adalah Belanda Tanpa Inovasi

Penulis : Christine Islany S.M
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image002
(Sumber: Alaiwah)

Kita semua tahu bahwa Belanda merupakan salah satu negara maju di Eropa bahkan di dunia, dan tidak sedikit pula yang tahu bahwa sudah banyak inovasi-inovasi yang diciptakan oleh negara yang juga mendapat julukan “Negeri Tulip” tersebut. Bila dikaitkan dengan salah satu unsur elemen kehidupan, yaitu air, menurut saya Belanda menempati urutan pertama. Elemen air melambangkan pengetahuan, kebijaksanaan, komunikasi, serta perjalanan. Dan Belanda memenuhi unsur-unsur di atas yang pada intinya masyarakat Belanda memiliki pengetahuan hebat serta kemampuan besar untuk berkomunikasi dan melaksanakan ide-ide yang ada untuk diwujudkan. Dapat dibuktikan dengan banyaknya penemuan-penemuan yang dihasilkan dibidang transportasi, perhotelan, dan perjalanan (jalan tol).

Elemen air memiliki kemampuan besar dalam hal melaksanakan ide-ide yang luar biasa sehingga tidak heran jika mereka selalu berpikir kritis. Mereka juga memiliki bakat yang tinggi dalam menebak hal-hal yang akan berpotensi di masa depan. Bagi mereka kehidupan tidak mungkin tercipta tanpa air, sama halnya dengan masyarakat Belanda yang tidak dapat hidup tanpa inovasi. Karena menurut mereka, inovasi adalah suatu hal yang harus dikembangkan demi keberlangsungan hidup. Hal ini sudah terlihat jelas saat mereka berjuang mencari solusi agar wilayahnya tidak tenggelam akibat air laut.

Salah satu dari banyak inovasi Belanda terkait dengan elemen air terutama di bidang transportasi adalah sepeda. Bukan fakta yang mencengangkan karena sudah sejak lama Belanda terkenal akan budaya bersepedanya. Asal mula Belanda mengembangkan transportasi ramah lingkungan ini sejak terjadinya krisis bahan bakar minyak pada tahun 1972. Krisis tersebut membuat masyarakat Belanda berpikir kritis agar tidak semakin kekurangan bahan bakar minyak dengan menjadikan sepeda sebagai solusi alternatif.

image004
(Sumber: Dutch Cycling)

Karena sebagaian besar masyarakat Belanda bersepeda, pemerintah berusaha untuk memanjakan pengguna sepeda, misalnya dengan membuat jalur khusus untuk sepeda. Hampir disetiap sudut kota di Belanda dapat ditemui jalur khusus sepeda. Bahkan baru-baru ini ada sebuah jalur sepeda yang unik karena dapat memancarkan cahaya pada malam hari. Jalur sepeda yang terletak di kota Nuenen provinsi Noord Brabant ini diberi nama Van Gogh-Roosegaarde Bicycle, berdasarkan nama desainer yang membuat jalan unik tersebut yaitu Daan Roosegaarde. Cahaya yang didapat berasal dari ribuan batu tenaga surya. Selain itu, beberapa lampu LED juga dipasang untuk membuat jalur sepeda tetap menyala ketika cuaca pada siang hari sedang mendung atau berkabut. Lampu LED dihidupkan dengan bantuan teknologi solar cell. Jalur unik yang dibuat oleh Roosegaarde sebenarnya terinspirasi dari lukisan “Starry Night” (Malam Berbintang) karya Van Gogh. Teknologi inovatif ini sangat membantu pengguna sepeda terutama pada malam hari.

image006
Lukisan “Strarry Night” karya Van Gogh
(Sumber: Van Gogh Gallery)

image008
Van Gogh-Roosegaard Bicycle
(Sumber: Smart High Way)

Itulah sedikit dari banyak inovasi dari Belanda terutama di bidang transportasi yang terkait dengan elemen kehidupan yaitu air. Unsur air yang memiliki ide-ide kreatif dan melambangkan pengetahuan sangat menggambarkan masyarakat Belanda yang terkenal akan inovasi-inovasi hebatnya. Tidak hanya sekedar menciptakan inovasi-inovasi yang canggih, tapi Belanda juga melihat prospek ke depannya. Dengan bersepeda berarti mengurangi polusi udara karena adanya polusi udara dapat memperparah efek pemanasan global. Berkurangnya polusi udara berarti dapat menjaga keberlangsungan hidup sekarang dan di masa depan. Indonesia dapat belajar dari Belanda terutama di bidang transportasi yakni bersepeda untuk hidup yang lebih baik. Siap untuk bersepeda?

Referensi:

http://www.cyclinginholland.com/index.php/dutch-cycling-culture.html

http://www.studioroosegaarde.net/project/smart-highway/photo/#van-gogh-path

http://www.holland-cycling.com/index.php/dutch-cycling-culture.htm