350. Inovasi itu Bernama Belanda

Penulis : Christine Islany S.M
Tema : Air
=========================================================================================================================================================

There are no dreams too large, no innovation unimaginable and no frontiers beyond our reach.
-John S. Herrington

Seorang tokoh politikus berkebangsaan Amerika Serikat, John S. Herrinton, mengatakan bahwa tidak ada mimpi yang terlalu besar, tidak ada inovasi yang tidak dapat terbayangkan, dan tidak ada batas di luar jangkauan kita. Pada intinnya Herrington menegaskan bahwa semua mimpi dari skala terendah sampai tertinggi sekali pun dapat kita capai asal bekerja keras. Pernyataan di atas layak disandang oleh masyarakat Belanda yang terkenal akan inovasi-inovasi luar biasanya. Inovasi-inovasi yang diciptakan Belanda mewakili banyak elemen kehidupan, salah satunya elemen udara. Elemen udara adalah elemen kehidupan dengan semangat membara karena adanya angin di udara dapat menghancur leburkan gedung-gedung pencakar langit. Semangat ini tertuang dalam masyarakat Belanda yang terus mengembangkan ide-ide inovatifnya. Layaknya udara yang selalu membawa angin, begitu juga Belanda yang selalu menemukan inovasi-inovasi luar biasa.

Berkaitan dengan elemen udara, pernahkah kamu berkuliner dengan balon udara sambil menikmati pemandangan yang indah? Memang kedengarannya tidak biasa. Namun, hal ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat Belanda. Biasanya kita makan di darat, namun tidak untuk CuliAir Luchtballon Restaurant. Restoran unik yang berdiri sejak tahun 2003 ini berbeda dengan restoran lainnya, karena selain berada di atas balon udara, menu makanan yang disajikan adalah menu makanan kontinental khas Belanda. Untuk desainnya, restoran ini memiliki desain yang elegan di dalamnya dan tampilan dengan warna klasik. Tidak heran jika banyak pengunjung yang takjub melihatnya. Betapa bahagianya bukan memiliki pengalaman menyantap makanan di udara sambil berkeliling dengan balon udara bertema klasik?

image002
CuliAir Luchtballon Restaurant
(Sumber: 24 kitchen)

Adalah Angelique Schmeinck seorang pelopor berdirinya restoran unik nan mewah tersebut. Dia adalah seorang master chef perempuan yang terkenal di Belanda. Angelique merupakan satu-satunya orang yang memasak di balon udara. Ya, selain memiliki inovasi luar biasa atas idenya mendirikan restoran unik tersebut, Angelique juga menjadi juru masak bagi yang memesan makanan. Untuk bersantap di CuliAir, kita dapat memilih paket menarik yang tersedia yaitu dari sarapan eksklusif, makan malam sambil menikmati matahari terbenam, hingga menikmati perjalanan di atas pegunungan Alpen yang selalu diselimuti salju sepanjang tahun.

image004
Angelique Schmeinck pelopor berdirinya CuliAir Luchtballon Restaurant
(Sumber: Dutch Specials)

image006
CuliAir di atas Pegunungan Alpen
(Sumber: European Food Journal)

CuliAir ini dapat menampung sekitar 14 orang. Tempat keberangkatannya sendiri berubah-ubah sesuai dengan arah angin. Soal harga, tarif yang ditawarkan berbeda-berbeda tergantung paket yang kita pilih. Untuk sarapan eksklusif misalnya, harga yang berlaku 445 Euro per orang atau bila dirupiahkan sekitar 5,7 juta. Meskipun cukup mahal, namun akan terbayarkan dengan pengalaman seumur hidup yang tidak biasa. Selain harga yang harus dibayar, syarat lainnya kita juga harus berani dengan ketinggian. Bagaimana? Kamu tertantang untuk merasakan wisata kuliner di balon udara?

image008
(Sumber: Basballonvaart)

Inovasi yang diciptakan oleh Angelique tersebut membuktikan bahwa orang-orang Belanda memang kaya akan ide-ide luar biasanya. Mungkin sebagian dari kita yang membaca artikel ini tidak pernah terpikirkan bahwa ada restoran unik yang bisa terbang. Bahkan mustahil rasanya membuat restoran bisa melayang di udara. Namun, dengan memegang prinsip bahwa tidak ada mimpi yang terlalu besar, masyarakat Belanda mampu menembus ketidakmungkinan menjadi mungkin. Benar-benar sebuah langkah yang tidak salah!

Things are only impossible until they’re not…

Referensi:

http://www.basballonvaart.nl/culiair-sky-dining

http://www.culiair.nl/#!en/p/hot-air-balloon/

http://www.dailymail.co.uk/travel/article-2750510/Sky-high-dining-Hot-air-balloon-restaurant-cooks-three-course-meals-BURNER-trip-set-360.html

http://www.lxry.nl/tag/culiair-sky-dining/