352. Groasis Waterboxx: Menanam tanpa Menyiram

Penulis : Shofi Ayudiana
Tema : Water
=========================================================================================================================================================

image001
(sumber gambar: http://www.blog.lightpiaonline.com)

Bosan harus menyiram tanaman setiap hari, tetapi ingin tanaman tetap tumbuh dengan baik? Apakah mungkin tanaman bisa tumbuh di tempat yang jarang terjadi hujan? Jawabannya, tentu bisa. Baterai air dari Belanda adalah solusinya.

Dirancang oleh eksportir bunga dari Belanda, Pieter Hoff, pernah berpikir bahwa menanam pohon menggunakan teknik pengairan tradisional itu tidak masuk akal dan tidak efisien karena sebagian besar air akan menguap. Maka ia merancang sebuah media tanam dengan sistem pengairan alami dari alam. Untuk membuktikannya, Hoff memutuskan untuk menjual bisnis tulipnya pada tahun 2003, kemudian mendirikan perusahaan AquaPro untuk mengembangkan media tanam yang bisa menampung air guna perkembangan tumbuhan terutama tumbuhan di tempat kering.

image002
(sumber gambar: http://www.groasis.com)

Maka terciptalah Groasis Waterboxx, sebuah kotak “baterai air” berukuran 50 x 25 cm yang dapat menampung air cukup yang bisa digunakan selama 1 tahun untuk memberikan air kepada tanaman. Kotak ini berfungsi sebagai inkubator tanaman, melindungi pohon yang baru ditanam, melindungi tanah dari panas matahari, sekaligus memberikan air untuk tanaman. Dengan desain yang sangat sederhana, alat ini dapat membuat sistem perairannya sendiri, yaitu dengan membuat sistem kondensasi buatan. Tutup waterboxxlah yang akan mengumpulkan air hujan dan kondensasi, yang kemudian akan tersimpan dalam ember sehingga mencegah air dari penguapan. Maka kita tidak akan dipusingkan lagi untuk menambah air ke dalam kotak karena air akan terus diproduksi. Setelah tanaman mulai tumbuh dengan cukup kuat, maka tanaman bisa dipindahkan. Lalu bagaimana dengan waterboxx? Tenang saja. Waterboxx tersebut bisa digunakan kembali.

Waterboxx ini telah diuji coba selama satu tahun di Gurun Sahara dan terbukti 88% tanaman tumbuh dengan baik dengan daun-daun yang hijau, sedangkan 90% tanaman yang disiram rutin (metode tradisional) mati dibawah teriknya sinar matahari. Alat ini sudah banyak digunakan di berbagai belahan dunia seperti California, Qatar, dan Marroco.

image003
(sumber gambar: http://www.greenprophet.com)

Groasis Waterboxx yang telah mendapatkan beberapa penghargaan seperti dari American journal Popular Science sebagai Best of What’s New Innovation of the Year 2010 ini, selain untuk bertanam tanpa menyiram, juga merupakan suatu alternatif untuk mendorong pertumbuhan tanaman dan membatasi penggunaan air untuk irigasi. Tentu saja alat ini juga merupakan sebuah inovasi yang membantu orang-orang terutama petani untuk menanam lebih banyak pohon dengan hasil yang sangat luar biasa. Hoff berharap alat ini bisa mengurangi keadaan kekurangan pangan sekaligus mengurangi gas rumah kaca. Sungguh inovasi yang luar biasa!

Referensi

http://green.blogs.nytimes.com/2010/04/09/developing-a-water-battery-for-trees/

http://www.dewharvest.com/insights-from-nature.html

http://www.gizmag.com/groasis-waterboxx-helps-trees-get-started/16991/